Home » » Menyunting dan Mengabstraksi Teks Iklan

Menyunting dan Mengabstraksi Teks Iklan

Menyunting teks iklan merupakan kegiatan memperbaik teks sebelum dipublikasikan agar dapat menghasilkan sebuah teks iklan yang baik dan menarik. Penyuntingan sangat penting karena akan menentukan kualitas teks iklan tersebut. Ada dua hal yang bisa dilakukan dalam penyuntingan, yaitu redaksional (menyoal kebahasaan; ejaan, diksi, dan kalimat) dan substansial (menyoal isi dan data). Seorang penyunting yang baik tentunya tidak boleh mengubah substansi isi teks. Penyunting juga harus paham benar bagaimana ciri teks iklan yang baik. Tidak mungkin bisa memperbaiki teks orang lain jika tidak memahami seluk beluk teks tersebut. Dalam menyunting, lakukan perbaikan kesalahan yang terjadi pada teks serta membuat teks tersebut lebih menarik.

Abstraksi merupakan kegiatan membuat ringkasan, intisari, atau garis besar suatu teks iklan. Mengabstraksi teks iklan adalah kegiatan meringkas teks eksplanasi dengan menuliskan garis besar teks tersebut dalam beberapa kalimat. Dalam membuat abtsraksi teks tersebut harus memperhatikan bagian-bagian penting dari suatu teks untuk disusun menjadi sebuah garis besar yang lengkap. Kegiatan abstraksi harus tetap mempertahankan setiap bagian-bagian dari teks atau bentuk tulisan lainnya. Sebuah teks dipilah dan dipangkas dengan mengambil bagian-bagian pokok dan membuang hal-hal yang bersifat tambahan atau tidak penting atau dengan kata lain menemukan pokok permasalahan sebuah tulisan, menyusun kembali dalam tulisan yang ringkas.

Langkah-langkah membuat abstraksi teks iklan secara umum (bisa saja berbeda) antara lain sebagai berikut. Langkah pertama adalah membaca atau mengamati dengan cermat teks iklan yang akan diabstraksi, jika perlu lakukan secara berulang agar dapat benar-benar memahami teks tersebut. Kedua, catat pokok-pokok pikiran yang ada dalam teks eksplanasi tersebut. Ketiga, menyusun bagian-bagian penting (pokok pikiran) teks. Keempat, menuliskan kembali bagian-bagian penting tersebut menjadi paragraf abstraksi yang padu. Setelah abstraksi tersusun, lakukan perbaikan-perbaikan yang dianggap perlu sehingga abstraksi yang disusun sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelumnya telah melakukan proses penyuntingan teks iklan. Agar lebih memahami proses penyuntingan, perhatikan dengan teliti teks iklan berikut ini.
iklan tentang sampah

Pada iklan di atas struktur teks adalah sebagai berikut.
Struktur TeksTeks
Orientasi4 Langkah Menangani Sampah
Tubuh iklan1. Lihat, jika ada sampah, termasuk puntung rok*k sekaligus
2. Pungut sampah tersebut walaupun itu sampah dari orang lain
3. Bawa sampah tersebut kemanapun hingga menemukan tempat sampah
4. Buang sampah di tempat yang anda temui.
Justifikasi-

Kekurangan teks iklan tersebut adalah pada bagian justifikasi, sebaiknya pada bagian justifikasi disajikan manfaat membuang sampah yaitu menjadi bersih dan sehat.

Kaidah Teks Iklan
  1. Menggunakan slogan yang berisi opini yang bisa menarik masyarakat untuk menggunakan melaksanakan yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Pada contoh teks iklan sudah menggunakan slogan yaitu 4 Langkah Menangani Sampah
  2. Kalimat persuasif, kalimat ajakan yang dapat mengajak masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang ditawarkan. (Lihat, Pungut, Bawa, dan Buang).

Iklan yang baik dan menarik tentunya mendapat respon yang baik dari masyarakat, beberapa ciri iklan yang baik diantaranya adalah mempunyai sasaran yang jelas, mempunyai fokus atas hal yang ingin dikomunikasikan, mempunyai daya tarik tertentu, dan sajikan iklan dengan menarik. Setelah melihat iklan tersebut diharapkan masyarakat melaksanakan kegiatan membuang sampah dengan benar.

Abstraksi
4 Langkah menangani sampah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Pertama, lihat jika ada sampah di sekitar Anda. Kedua, bawa sampah tersebut walaupun itu bukan sampah Anda. Ketiga, bawa sampah tersebut hingga menemukan tempat sampah. Keempat, buang sampah pada tempatnya.

Carilah teks iklan tentang produk yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Kalian bisa memanfaatkan bahan teks dari internet, majalah, koran, buku, jurnal. Apabila teks yang kalian dapatkan itu belum ideal dalam hal penjelasan dan dalam hal ciri-ciri kebahasaannya, betulkanlah teks itu agar teks itu mudah dipahami oleh pembacanya!
GambarStruktur TeksKalimat
OrientasiMembayar Pajak
Tubuh iklanbukti cinta tanah air
Justifikasi(tidak ada) sebaiknya : Bangun Negeri dengan Pajak (Tujuan pajak tidaklah terlepas dari tujuan utama Negara yaitu  untuk mensejahterakan  seluruh masyarakat daerah disuatu negara)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....