Home » » Mengubah Teks Cerita Pendek Menjadi Teks Cerita Ulang

Mengubah Teks Cerita Pendek Menjadi Teks Cerita Ulang

Cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktf yang cenderung padat dan langsung pada tujuannya. Cerpen mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema bahasa, dan insight secara luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Cerita ulang adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya. Teks cerpen dapat diubah menjadi teks lain sesuai dengan kebutuhan. Proses untuk mengubah teks menjadi bentuk teks lain dinamakan dengan istilah mengonversi. Dalam mengonversi cerita ulang menjadi teks lain, yang berubah hanya model teks, sedangkan bagian isi tetaplah sama. Dengan kegiatan mengonversi teks diharapkan pengetahuan tentang berbagai jenis teks akan lebih meningkat.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mengonversi teks  cerpen ke dalam teks cerita ulang adalah sebagai berikut. Pertama, membaca teks cerpen secara keseluruhan. Kedua, mencermati pilihan kata (diksi) yang tepat dalam teks cerpen. Ketiga, merangkum isi teks cerpen secara menyeluruh. Keempat, menentukan jenis teks apa yang digunakan sebagai konversi (pada tulisan ini adalah teks cerita ulang). Kelima, menulis ulang teks cerpen ke bentuk teks cerita ulang. Setelah langkah-langkah tersebut dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah merevisi bentuk teks baru tersebut jika ada kesalahan, lakukan revisi secermat mungkin agar teks baru yang terbentuk sesuai dengan struktur dan isi teks cerita ulang.

No.Struktur TeksKalimat
1.Orientasi“Dik, Anda tahu, saya ini lulus SMA tahun 1954!” Beliau membuka pembicaraan dengan gayanya yang khas penuh semangat dan memanggil semua hadirin dengan kata “Dik”. Kemudian secara lancar beliau melanjutkan, “Presiden Soekarno, Bapak Proklamator RI, orator paling unggul itu sebenarnya memiliki visi yang luar biasa cemerlang. Ia adalah penyambung lidah rakyat. Ia tahu persis sebagai insinyur, Indonesia dengan kondisi geografis yang memiliki ribuan pulau, memerlukan penguasaan teknologi yang berwawasan nasional, yakni Teknologi Maritim dan Teknologi Dirgantara.

Kala itu, tak ada ITB dan tak ada UI. Para pelajar SMA unggulan berbondong bondong disekolahkan oleh Presiden Soekarno ke luar negeri untuk menimba ilmu teknologi maritim dan teknologi dirgantara. Saya adalah rombongan kedua di antara ratusan pelajar SMA yang secara khusus dikirim ke berbagai negara. Pendidikan kami di luar negeri itu bukan pendidikan kursus kilat, melainkan sekolah bertahun-tahun sambil bekerja praktik. Sejak awal saya hanya tertarik dengan ‘‘how to build commercial aircraft’’ bagi Indonesia.Jadi, sebenarnya Pak Soeharto, Presiden RI Kedua, hanya melanjutkan saja program itu, Beliau juga bukan pencetus ide penerapan “teknologi” berwawasan nasional di Indonesia. Lantas, kita bangun perusahaan-perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.”
2.KomplikasiSekarang Dik, Anda semua lihat sendiri, N250 itu bukan pesawat asal-asalan dibikin! Pesawat itu sudah terbang tanpa mengalami dutch roll (istilah penerbangan untuk pesawat yang oleng) berlebihan, teknologi pesawat itu sangat canggih dan dipersiapkan untuk 30 tahun ke depan, diperlukan waktu 5 tahun untuk melengkapi desain awal, satu-satunya pesawat turboprop di dunia yang mempergunakan teknologi fly by wire, bahkan sampai hari ini. Rakyat dan negara kita ini membutuhkan itu! Pesawat itu sudah terbang 900 jam (saya lupa persisnya 900 atau 1.900 jam) dan selangkah lagi masuk program sertifikasi FAA. IPTN membangun khusus pabrik pesawat N250 di Amerika dan Eropa untuk pasar negara-negara itu. Namun, orang Indonesia selalu saja gemar bersikap sinis dan mengejek diri sendiri, apa mungkin orang Indonesia bikin pesawat terbang? Tiba-tiba, Presiden memutuskan agar IPTN ditutup dan begitu pula dengan industri strategis lainnya.
3.ResolusiDik tahu, di dunia ini hanya tiga negara yang menutup industri strategisnya, satu Jerman karena trauma dengan Nazi, lalu Cina, dan Indonesia. Sekarang semua tenaga ahli teknologi Indonesia terpaksa diusir dari negeri sendiri dan mereka bertebaran di berbagai negara, khususnya pabrik pesawat di Bazil, Canada, Amerika, dan Eropa.

Hati siapa yang tidak sakit menyaksikan itu semua?

Saya bilang ke Presiden, kasih saya uang 500 juta Dollar dan N250 akan menjadi pesawat terhebat yang mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer dan lain-lain dan kita tak perlu bergantung pada negara mana pun. Tapi, keputusan telah diambil dan para karyawan IPTN yang berjumlah 16 ribu harus mengais rezeki di negeri orang dan gilanya lagi kita yang membeli pesawat negara mereka!

Pak Habibie menghela nafas, beliau melanjutkan pembicaraannya.

Hal yang sama terjadi pada prototipe pesawat jet twin engines narrow body, itu saya tunjuk Ilham sebagai Kepala Proyek N2130. Ia bukan karena anak Habibie, tapi Ilham ini memang sekolah khusus mengenai manufacturing pesawat terbang, kalau saya sebenarnya hanya ahli dalam bidang metalurgi pesawat terbang. Kalau saja N2130 diteruskan, kita semua tak perlu bergantung pada Boeing dan Airbus untuk membangun jembatan udara di Indonesia.
4.KodaDik, dalam industri apa pun kuncinya itu hanya satu: QCD. Q itu Quality, Dik. Anda harus buat segala sesuatunya berkualitas tinggi dan konsisten. C itu Cost, Dik. Tekan harga serendah mungkin agar mampu bersaing dengan produsen sejenis. D itu Delivery. Biasakan semua produksi dan outcome berkualitas tinggi dengan biaya paling efisien dan disampaikan tepat waktu! Itu saja!

Pak Habibie melanjutkan penjelasan tentang QCD. Kalau saya upamakan, Q itu nilainya 1, C nilainya juga 1, lantas D nilainya 1 pula, jika dijumlah, maka menjadi 3. Tapi, cara kerja QCD tidak begitu Dik, organisasi itu bekerja saling sinergi sehingga yang namanya QCD itu bisa menjadi 300 atau 3.000 atau bahkan 30.000 sangat bergantung pada bagaimana Anda semua mengerjakannya, bekerjanya harus pakai hati, Dik.”

Setelah membaca teks itu, coba ceritakan ulang cerpen tersebut dengan menggunakan struktur teks cerita ulang, yakni orientasi^urutan peristiwa^reorientasi.
Struktur TeksKalimat
OrientasiB.J Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia dan juga Presiden ketiga Republik Indonesia. Setelah ia turun dari jabatannya sebagai presiden, ia lebih banyak tinggal di Jerman daripada di Indonesia. Habibie adalah orang pertama di Indonesia yang bisa membuat pesawat terbang. Beliau membuat pesawat terbang melalui perusahaan negara yaitu IPTN yang kemudian diganti dengan nama PT Dirgantara Indonesia. Belakangan ini PT DI (Dirgantara Indonesia) akhirnya ditutup dan karyawannya banyak yang di PHK dan banyak yang akhirnya memilih bekerja di luar negeri. BJ Habibie yang membangun IPTN sangatlah kecewa dengan hal ini.
Urutan Peristiwa 1Dalam Pidato BJ Habibie saat mengunjungi Garuda Indonesia Habibie memaparkan semua kesedihan dan kekecewaan yang dirasakannya. Beliau mengatakan bahwa Presiden Soekarno, Bapak Proklamator RI, tahu persis dengan geografis ribuan pulau, memerlukan penguasaan Teknologi yang berwawasan nasional yakni Teknologi Maritim dan Teknologi Dirgantara. Kala itu, para pelajar SMA unggulan berbondong-bondong disekolahkan oleh Presiden Soekarno ke luar negeri untuk menimba ilmu teknologi Maritim dan teknologi dirgantara. Habibie adalah rombongan kedua diantara ratusan pelajar SMA yang secara khusus dikirim ke berbagai negara. Sejak awal Habibie hanya tertarik dengan ‘how to build commercial aircraft’ bagi Indonesia. Pak Soeharto, Presiden RI kedua hanya melanjutkan saja program itu, beliau juga bukan pencetus ide penerapan ‘teknologi’ berwawasan nasional di Indonesia. Lantas kita bangun perusahaan-perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.
Urutan Peristiwa 2Sekarang, anda semua lihat sendiri, N250 itu bukan pesawat asal-asalan dibikin. Pesawat itu sudah terbang tanpa mengalami ‘Dutch Roll’ berlebihan, tenologi pesawat itu sangat canggih dan dipersiapkan untuk 30 tahun kedepan, diperlukan waktu 5 tahun untuk melengkapi desain awal, satu-satunya pesawat turboprop di dunia yang mempergunakan teknologi ‘Fly by Wire’ bahkan sampai hari ini. Rakyat dan negara kita ini membutuhkan itu! Pesawat itu sudah terbang 900 jam (saya lupa persisnya 900 atau 1900 jam) dan selangkah lagi masuk program sertifikasi FAA. IPTN membangun khusus pabrik pesawat N250 di Amerika dan Eropa untuk pasar negara-negara itu. Namun, orang Indonesia selalu saja gemar bersikap sinis dan mengejek diri sendiri ‘apa mungkin orang Indonesia bikin pesawat terbang?
Urutan Peristiwa 3Tiba-tiba, Presiden memutuskan agar IPTN ditutup dan begitu pula dengan industri strategis lainnya. Menurut habibie di dunia ini hanya 3 negara yang menutup industri strategisnya, satu Jerman karena trauma dengan Nazi, lalu Cina dan Indonesia. Sekarang, semua tenaga ahli teknologi Indonesia terpaksa diusir dari negeri sendiri dan mereka bertebaran di berbagai negara, khususnya pabrik pesawat di Bazil, Canada, Amerika dan Eropa.
Urutan Peristiwa 4Habibie mengatakan ke Presiden, kasih saya uang 500 juta Dollar dan N250 akan menjadi pesawat yang terhebat yang mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer dll dan kita tak perlu tergantung dengan negara manapun. Tapi keputusan telah diambil dan para karyawan IPTN yang berjumlah 16 ribu harus mengais rejeki di negeri orang dan gilanya lagi kita yang beli pesawat negara mereka.
Urutan Peristiwa 5Hal yang sama terjadi pada prototipe pesawat jet twin engines narrow body, itu Habibie menunjuk Ilham sebagai Kepala Proyek N2130. Bukan karena ia anaknya, tapi Ilham ini memang sekolah khusus mengenai manufakturing pesawat terbang, kalau Habibie sebenarnya hanya ahli dalam bidang metalurgi pesawat terbang. Kalau saja N2130 diteruskan, kita semua tak perlu tergantung dari Boeing dan Airbus untuk membangun jembatan udara di Indonesia.
Urutan Peristiwa 6Dalam industri apapun kuncinya itu hanya satu QCD, Q itu Quality, anda harus buat segala sesuatunya berkualitas tinggi dan konsisten. C itu Cost, tekan harga serendah mungkin agar mampu bersaing dengan produsen sejenis. D itu Delivery, biasakan semua produksi dan outcome berkualitas tinggi dengan biaya paling efisien dan disampaikan tepat waktu. Kalau saya upamakan, Q itu nilainya 1, C nilainya juga 1 lantas D nilainya 1 pula, jika dijumlah maka menjadi 3. Tapi cara kerja QCD tidak begitu Dik, organisasi itu bekerja saling sinergi sehingga yang namanya QCD itu bisa menjadi 300 atau 3000 atau bahkan 30.000 sangat tergantung bagaimana anda semua mengerjakannya, bekerjanya harus pakai hati.
ReorientasiB.J Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia dan juga Presiden ketiga Republik Indonesia. Habibie memulai segala sesuatunya dari bawah, sampai dia ditunjuk menjadi Wakil Dirut perusahaan terkemuka di Jerman dan akhirnya menjadi Presiden RI, itu semua bukan kejadian tiba-tiba. 
Teks cerita ulang memiliki struktur orientasi^urutan peristiwa^reorientasi, sementara teks cerita pendek memiliki strukturorientasi^komplikasi^resolusi^koda.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....