Home » » Mengevaluasi Teks Iklan

Mengevaluasi Teks Iklan

Iklan merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen. Tujuann iklan adalah untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat. Dengan beriklan diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat, selanjutnya diharapkan masyarakat mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan tersebut. Untuk dapat menarik pembeli tentunya iklan harus dipersiapkan baik dari segi bahasa maupun struktur iklan.

Iklan merupakan bentuk pemakaian bahasa yang digunakan sedemikian rupa sehingga pesan yang dikandungnya dapat diterima oleh masyarakat. Iklan dapat menjangkau hampir semua lapisan masyarakat, sehingga keberhasilan sebuah iklan sangat bergantung pada kemahiran seseorang dalam menggunakan bahasa. Dalam menyusun sebuah iklan, pembuat iklan harus memperhatikan unsur-unsur kebahasaan sebagai titik tolak penulisan sehingga pesan yang akan disampaikan dapat diterima pembacanya secara jelas dan utuh. Teks iklan mempunyai fungsi sosial untuk menjelaskan sebuah teori/ masalah secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melakukan/tidak melakukan sesuatu. Pada pelajaran ini, kalian mempelajari teks iklan yang membahas bagaimana menarik perhatian konsumen dengan menggunakan keindahan bahasa iklan.
teks iklan
Ketika membaca sebuah iklan, pasti akan memiliki sudut pandang yang bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Menurut saya pemakaian warna, warna dapat membantu daya ingat, sehingga sesuatu akan lebih mudah diingat bila ada warnanya. Pada iklan tersebut hanya menggunakan warna dasar hitam saja. Paduan warna dalam sebuah iklan akan mengubah penampilan dan daya tarik bagi orang yang melihatnya. Sebuah warna yang baik tentu saja akan menambah keunggulan tersendiri untuk iklan. Sebuah iklan  yang mengutamakan konten bagus tapi pemilihan warnanya sangat norak akan mengalihkan perhatian calon pelanggan. Selain itu, menurut saya iklan tersebut memiliki struktur yang kurang lengkap.

Iklan yang baik memiliki struktur orientasi^tubuh iklan^justifikasi. Pada iklan tersebut hanya menampilkan tubuh iklan saja, jika dituliskan maka struktur iklan tersebut adalah sebagai berikut.
Struktur TeksTeks
Orientasi-
Tubuh iklanMari Berhemat Listrik, cukup 10w/jam
Justifikasi-

Ciri kebahasaan teks iklan adalah adanya kaidah pernyataan berisi bujukan untuk menganjurkan hal yang tertera dalam iklan tersebut. Selain kalimat yang berupa bujukan, iklan bisa berupa kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seruan, kalimat persilaan, kalimat ajakan, dan kalimat larangan.

Berbicara tentang penggunanan bahasa, tidak akan terlepas dari bahasa, pemakai dan pemakaiannya. Bahasa apa yang akan dipilih tentu akan berkaitan dengan siapa yang berbicara, kepada siapa berbicara, apa yang dibicarakan, di mana berbicara. Dalam situasi formal tentulah ragam formal yang dipilih, sedangkan dalam situasi nonformal tentu pula ragam nonformal yang digunakan.

Sebagai alat untuk menyampaikan informasi, iklan diharapkan menggunakan bahasa Indonesia secara tepat sesuai kaidah yang berlaku. Pelanggaran kaidah gramatika dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan masih banyak terjadi. Selain penyimpangan kaidah gramatika yang berupa kelompok kata, dalam bahasa iklan pun sering dijumpai bentuk bahasa campuran, terutama dengan bahasa Inggris. Tugas kalian adalah menemukan contoh iklan yang memiliki bentuk bahasa campuran, baik campuran antara bahasa Indonesia dengan bahasa daerah maupun antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Seperti contoh di bawah ini.
Teks Iklan
No.Bahasa Indonesia sajaBahasa Indonesia dan bahasa daerahBahasa Indonesia dan bahasa asing
1.Ngobrol Tanpa Batas Ke Semua Operator. Beli Sekarang.Tekan*999*55#“ Orang pinter kalah sama orang bejo” (iklan tolak angin )
bejo = beruntung
Forever Kartu AS Forever Aktifnya, Forver Murahnya dan Forever Pake-nya
2.Ngobrol Sepuasnya Seharian Tetap 0,5 /dtk. Gak Ada BatassimPATI Talkmania. Ngobrol Sababaraha Kali, Sapoe Jeput Hanya Rp.2000Untuk Semua Kebutuhan Internetku. My simPATI, my Style
3.Liburan Pasti Lebih Seru Dengan IM3 Seru Anti GalauSmartfren Anti Lelet. Internetan Pasti Ngebut !!!Nelpon Soulmate-mu Sepuasnya Setahun cuma 10 ribu
4.Gratis SMS Ke Semua Operator Sesukamu !. Tekan *123*300#Bersih, Jujur, Ojo Dumeh (arti ojo = jangan Dumeh = sombong,pamer,lupa diri)“ update rasa loe “ ( mie sedaap cup )
4.Jiwa Laki Bukan Pengecut. Laki Minum Extra JossKuku Bima Energi "Roso"(Jawa : bertenaga)"Extra Joss, The Real Joss, Terbukti"

Kosakata Bahasa Indonesia adalah identitas dari sebuah negara. Kehilangan bahasa berarti sebuah perencanaan untuk menghilangkan kebudayaan itu sendiri. Bagaimanapun bahasa adalah sistem kesadaran dan penandaan (selain waktu) yang paling penting bagi manusia untuk bertahan hidup dan memiliki identitas. Keterlibatan kita dalam penghilangan bahasa Indonesia berarti keterlibatan untuk menghilangkan kebudayaan Indonesia itu sendiri.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....