Home » » Menganalisis Isi Teks “Diana: Putri di Hati Rakyat”

Menganalisis Isi Teks “Diana: Putri di Hati Rakyat”

Teks cerita ulang menjelaskan dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat teks cerita ulang, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Teks cerita ulang biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal. Teks cerita ulang seringkali bercerita mengenai seorang tokoh dunia, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak cerita ulang ditulis secara kronologis dan berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu sang tokoh.

Tidak hanya pria yang bisa menjadi tokoh dunia, tetapi wanita pun memiliki kesempatan yang sama. Sebagai contoh, kita bisa menyebut nama Putri Diana. Meskipun putri nan cantik itu telah tiada, ia masih saja hidup di hati rakyat. Namun, sayang, perayaan pernikahannya yang bagaikan cerita dongeng itu telah menjadi sebuah ikon perkawinan yang getir bagaikan dua sisi mata uang dari kehidupannya. Peristiwa kecelakaan yang menewaskan Diana pada 1997 membuat seluruh dunia bersedih.

Diana: Putri di Hati Rakyat
Struktur teks cerita ulang biografi adalah orientasi^urutan peristiwa kehidupan tokoh^reorientasi seperti di bawah ini.
Struktur TeksKalimat
OrientasiPutri Diana lahir di sebuah rumah sewaan pada tanah kerajaan di Sandringham. Ayahnya, Edward Spencer, adalah seorang bangsawan Inggris dari Althrop dan ibunya adalah putri dari Baron Fermoy keempat. Ketika masih anak-anak, Diana adalah teman sepermainan Pangeran Edward dan Pangeran Andrew-keduanya anak Ratu Inggris Elizabeth II.
Urutan Peristiwa Kehidupan TokohDiana bersekolah di Riddlesworth Hall di Norfolk, kemudian West Heath School di Kent. Setelah menempuh pendidikan akhir di Swiss, dia tinggal bersama tiga orang teman wanita sembari bekerja sebagai guru taman kanak-kanak.

Hubungan Diana dengan keluarga Kerajaan Inggris ternyata tetap berlangsung, bahkan pada 24 Februari 1981 dia secara resmi bertunangan dengan Charles, Pangeran Wales. Beberapa bulan kemudian, pada 29 Juli 1981 Diana menikah dengan ahli waris takhta Kerajaan Inggris itu di Katedral St. Paul di London. Pernikahan yang sering dilukiskan sebagai “pernikahan dongeng”, karena demikian megah ini, disaksikan oleh jutaan orang, baik secara langsung maupun melalui tayangan pelbagai kanal televisi. Sekitar setahun setelah pernikahan itu, Diana pun melahirkan putra pertamanya, yaitu Pangeran William Arthur Philip Louis, pada 21 Juni 1982. Dua tahun kemudian, pada 15 September 1984, Pangeran Henry Charles Albert David, sang putra kedua, lahir pula.

Meskipun Putri Diana terkenal sebagai tokoh yang populer di mata publik dan media, baru pada akhir 1980-an keretakan dalam perkawinan pasangan kerajaan ini terungkap jelas dalam media. Pada Desember 1992 perpisahan kedua pasangan kerajaan ini diumumkan kepada publik. Sejak itu, Diana keluar dari Istana Buckingham dan tinggal di Istana Kensington. Pada Desember 1995 Diana membuat heboh dunia ketika tampil dalam wawancara dengan Martin Bashir dari BBC. Dalam wawancara untuk program “Panorama” itu, dia menyatakan bahwa Ratu mendesaknya untuk bercerai secara resmi dengan Pangeran Charles. Jalan ke arah perceraian mulai dirintis pada awal 1996, lalu keputusan resmi dikeluarkan pada Juli tahun itu juga. Pasangan ini scara resmi bercerai pada 28 Agustus 1996, tetapi Diana tetap berhak menyandang gelar Putri Wales.

Putri Diana terkenal dengan aktivitasnya dalam pelbagai kegiatan sosial. Aktivitasnya mendukung kegiatan amal bagi para tunawisma, anak telantar, dan penderita AIDS tetap berlanjut, bahkan ketika perkawinannya sedang berada dalam guncangan. Setelah perceraiannya terjadi, pada Januari 1997 dia berkunjung ke Angola untuk mendukung kampanye antiranjau darat oleh Palang Merah Internasional. Kunjungannya ini mengundang simpati dari pelbagai kalangan. Akan tetapi, hal ini juga mengundang kritik dari beberapa politisi.

Meskipun telah bercerai, aktivitas Putri Diana tetap menjadi incaran media. Fotonya ketika berlibur bersama pengusaha Dodi al-Fayed, misalnya, membuat heboh kalangan kerajaan di Inggris. Pada pagi hari, 31 Agustus 1997, masih bersama Dodi al-Fayed, Putri Diana tewas pada suatu kecelakaan mobil dalam terowongan di kota Paris. Penghormatan segera datang dari para pimpinan dunia, termasuk Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, dan Presiden AS, Bill Clinton. Dalam suasanan duka yang tidak pernah terjadi sebelumnya, ribuan orang datang ke London untuk menyampaikan karangan bunga guna mengenang Putri Diana di Istana Kensington dan Istana Buckingham.

Setelah pemakaman yang telah disaksikan oleh jutaan orang melalui siaran televisi, jasadnya disemayamkan di Althrop, tanah kelahiran keluarga Spencer. Sebagai respons terhadap kedukaan publik yang membanjir, Diana Memorial Fund didirikan untuk menjamin pendanaan bagi kegiatan amal yang telah dikerjakan Diana, termasuk Centrepoint (kegiatan amal bagi para tunawisma), Leprosy Mission (untuk penderita lepra), National Aids Trust, English National Ballet, Great Ormond Street Hospital for Children, Royal Marsden Hospital, dan berbagai organisasi yang tergabung dalam usaha pembersihan ranjau-darat.
ReorientasiKematian Diana telah memunculkan debat publik mengenai peran monarki Inggris. Banyak orang merasa bahwa sentuhan “merakyat” Putri Diana berbeda jauh dengan pendekatan yang lebih formal dari keluarga Kerajaan Inggris yang lain. Kematian Diana pula yang memicu diskusi mengenai campur tangan pers dalam kehidupan orang-orang terkenal. Memang, ketika kecelakaan yang menewaskan Putri Diana terjadi, mobil yang dikendarainya sedang dikuntit oleh para paparazi (wartawan foto).Diadaptasi dari Ready Susanto, 2008, 100 Tokoh Abad Ke-20 Paling Berpengaruh, Cetakan II, Bandung: Penerbit Nuansa, hlm. 78-80.

Diana adalah istri Pangeran Charles ahli waris takhta Kerajaan Inggris, Diana disebut putri karena Ayahnya, Edward Spencer, adalah seorang bangsawan Inggris dari Althrop dan ibunya adalah putri dari Baron Fermoy keempat.

Pada 29 Juli 1981 Putri Diana menikah dengan Pangeran Charles. Pernikahan mereka disebut "Pernikahan Dongeng" karena sangat megah dan disaksikan oleh jutaan orang baik secara langsung maupun melalui tayangan. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai 2 anak, yang pertama pangeran Arthur Philip Louis, yang kedua Pangeran Henry Charles Albert David.

Perjalanan rumah tangga mereka tidak berjalan mulus yang diakhiri dengan perceraian pada Desember 1992. Putri Diana didesak oleh Ratu untuk bercerai secara resmi oleh Pangeran Charles.
putri diana
Aktivitas Putri Diana adalah mendukung kegiatan amal bagi para tunawisma, anak terlantar, dan penderita AIDS, dan Januari 1997 dia berkunjung ke Angola untuk mendukung kampanye antiranjau darat oleh Palang Merah Internasional. Putri Diana tewas pada suatu kecelakaan mobil dalam terowongan di kota Paris.

Dalam sebuah teks cerita ulang biografi, struktur teks terdiri dari orientasi^urutan peristiwa^reorientasi. Struktur teks Diana : Putri di Hati Rakyat adalah sebagai berikut.
  1. Orientasi berisi Diana lahir dirumah sewaan di Sandringham. Diana putri dari Edward Spencer dan istrinya yang merupakan putri dari Baron Fermoy IV. Edward dan Andrew adalah teman masa kecil Diana.
  2. Urutan Peristiwa kehidupan tokoh berisi : Riwayat pendidikan dan pekerjaan Putri Diana, pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles, perceraian Putri Diana, peristiwa meninggalnya Putri Diana, dan pemakaman Putri Diana.
  3. Reorientasi berisis tentang : kematian Diana yang telah memunculkan debat publik mengenai peran monarki Inggris dan memicu diskusi mengenai campur tangan pers dalam kehidupan orang-orang terkenal. 

Urutan Peristiwa
Menulis Sosok, bahwa setelah berhasil mengumpulkan informasi dasar tentang tokoh yang akan dituangkan ke dalam teks cerita ulang biografi, tugas penulis teks selanjutnya adalah menggali pengalaman hidup sang tokoh, terutama momentum bersejarah yang dilaluinya hingga dia menjadi sosok yang terpandang. Tidak jarang pula, di balik kesuksesan tokoh tersebut, terdapat banyak masalah yang dihadapinya. Hal-hal unik dalam kehidupan tokoh sangat penting dimunculkan dalam teks cerita ulang biografi. Apabila dituangkan ke dalam teks, catatan pengalaman akan menjadi bagian urutan persitiwa.

No.WaktuPeristiwa
1.24 Februari 1981Diana resmi bertunangan dengan Charles, Pangeran Wales.
2.29 Juli 1981Diana menikah dengan Pangeran Charles
3.21 Juni 1982Putra pertama Diana Pangeran William Arthur Philip Louis lahir
4.15 September 1984Putra kedua Diana Henry Charles Albert David lahir
5.Desember 1992Putri Diana dan Pangeran Charles berpisah
6.Desember 1995 Diana membuat heboh dunia ketika tampil dalam wawancara dengan Martin Bashir dari BBC.
7.Awal 1996Jalan ke arah perceraian mulai dirintis
8.28 Agustus 1996Putri Diana resmi bercerai dengan Pangeran Charles
9.Januari 1997Berkunjung ke Anggola untuk kampanye anti ranjau darat
10.31 Agustus 1997Putri Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris

Dalam menulis teks cerita ulang biografi, hal-hal dasar seperti nama, tempat, dan tanggal lahir menjadi informasi dasar. Berikutnya adalah informasi mengenai riwayat keluarganya. Pada saat menggali informasi mengenai riwayat keluarga, dapat dilihat dari leluhur dan keturunannya. Hal ini tentu bergantung pada tokoh yang menjadi subjek dalam teks cerita ulang biografi yang dibangun. Tidak jarang penggalian informasi dilakukan melebar secara horizontal, yakni dengan bertanya kepada teman-teman sejawat atau sahabat karib sang tokoh semasa kecil. Informasi dasar tentang Putri Diana antara lain sebagai berikut.

No.PertanyaanIsi Informasi
1.NamaPutri Diana
2.Tempat LahirDi sebuah rumah sewaan pada tanah kerajaan di Sandringham
3.Tanggal Lahir-
4.Riwayat Keluarga (suami, orang tua, dan anak)Suaminya adalah Pangeran Charles, ayahnya bernama Edward Spencer, Ibunya adalah Putri dari Baron Fermoy. Anak : Pangeran William Arthur Philip Louis dan Pangeran Henry Charles Albert David

Pandangan Penulis
Pada bagian akhir teks cerita ulang biografi biasanya penulis memberikan pendapat pribadi tentang hal yang diceritakan dalam teks. Dalam hal ini, penulis memberikan pandangannya tentang tokoh yang diceritakannya. Bagian ini disebut reorientasi, yang merupakan tahap struktur yang bersifat pilihan. Namun, sebuah teks cerita ulang biografi boleh saja tidak memiliki bagian ini. Pandangan penulis tentang Putri Diana dalam teks “Diana: Putri di Hati Rakyat” adalah sebagai berikut.
Kematian Diana telah memunculkan debat publik mengenai peran monarki Inggris. Banyak orang merasa bahwa sentuhan “merakyat” Putri Diana berbeda jauh dengan pendekatan yang lebih formal dari keluarga Kerajaan Inggris yang lain. Kematian Diana pula yang memicu diskusi mengenai campur tangan pers dalam kehidupan orang-orang terkenal. Memang, ketika kecelakaan yang menewaskan Putri Diana terjadi, mobil yang dikendarainya sedang dikuntit oleh para paparazi (wartawan foto).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....