Home » » Mengabstraksi dan Teks “Pele”

Mengabstraksi dan Teks “Pele”

Penulisan cerita ulang biografi seorang tokoh sangat sederhana seperti ketika memperkenalkan diri di depan kelas atau pada saat mengisi formulir data diri untuk sebuah keperluan. Pada saat memperkenalkan diri tentu akan menyebutkan nama, tempat dan tanggal lahir, kebangsaan, agama, keluarga, hobi, riwayat pekerjaan atau aktivitas, cita-cita, harapan, dan sebagainya. Demikian pula halnya dalam mengumpulkan data atau informasi ketika akan menulis teks cerita ulang biografi seorang tokoh.

Begitu juga halnya dalam mengumpulkan bahan informasi tentang Pele. Bisa menggunakan koran, majalah, buku, atau internet sebagai rujukan atau sumber tulisan tersebut. Catatlah informasi sekecil apa pun yang berkaitan dengan tokoh sepak bola dunia itu. Dalam memproduksi sebuah teks cerita ulang biografi, harus menggali sebanyak-banyaknya informasi yang berkaitan dengan tokoh yang akan diperkenalkan dalam teks tersebut. Data atau informasi itu ada yang berkaitan langsung dengan sang tokoh atau berupa informasi tambahan yang relevan.

Berikut ini ilustrasi yang dapat meembantu dalam mengumpulkan informasi tentang seorang tokoh sepak bola kaliber dunia yang bernama Pele.

Ilustrasi 1
Sepak atau istilah lainnya adalah football atau soccer. Beberapa orang menyebutnya dengan the beautiful game atau the world game. Sepak bola pertama kali dimainkan pertengahan abad ke-19 di Inggris. Cabang olahraga ini menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim, masing-masing beranggotakan sebelas orang. Dalam memasuki abad ke-21 olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang akhirnya menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang di atas rumput atau rumput sintetis.

Kejuaraan sepak bola internasional terbesar ialah Piala Dunia, yang diselenggarakan oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA). Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali dan dimulai di Uruguay pada 1930. Pencetus ide tersebut adalah Jules Rimet, seorang pengacara dan pengusaha Prancis yang terinspirasi setelah menonton Olimpiade Paris pada 1924.

Salah satu pesepak bola yang mengguncang dunia adalah Pele. Pele dikenal sebagai seniman sepak bola indah. Selama dua dekade dia mendominasi dunia sepak bola. Dia berhasil membawa Brasil beberapa kali menjadi juara Piala Dunia. Pele adalah bintang, bahkan pahlawan bagi para pecandu sepak bola. Rekor yang diukirnya luar biasa, dan di atas segalanya dia telah menjadikan sepak bola bukan hanya permainan, melainkan juga keindahan.

Ilustrasi 2
pele
Ilustrasi 3
No.Biodata Pele
1.Nama LengkapEdson Arantes do Nascimento
2.Nama GelarPele (panggilan di keluarga: Dico)
3.Tempat dan Tanggal LahirTres Coracoes, Brasil, 23 Oktober 1940
4.Nama Orang TuaDodinho dan Dona Celeste Arantes
5.Riwayat Singkat Karir
  1. Pele memulai karier profesionalnya di Klub Santos.
  2. Dalam penampilan pertamanya di Piala Dunia, Pele membawa Brasil menjadi juara dunia (1958).
  3. Pele bermain dalam Piala Dunia dan klubnya (Brasil) meraih kemenangan (1970).
  4. Pele mengisyaratkan akan berhenti sebagai pesepak bola dengan meletakkan bola 20 menit sebelum pertandingan final dan berlutut di tengah lapangan (1974).
  5. Karena kesulitan keuangan, Pele menerima tawaran main untuk Klub Cosmos, New York (1975).
  6. Pele pensiun dari Cosmos (1977).
  7. Pele ditunjuk menjadi Menteri Olahraga Brasil (1994).

Abstraksi :
Salah satu pesepak bola yang mengguncang dunia adalah Pele. Pele dikenal sebagai seniman sepak bola indah. Selama dua dekade dia mendominasi dunia sepak bola. Dia berhasil membawa Brasil beberapa kali menjadi juara Piala Dunia. Pele adalah bintang, bahkan pahlawan bagi para pecandu sepak bola. Rekor yang diukirnya luar biasa, dan di atas segalanya dia telah menjadikan sepak bola bukan hanya permainan, melainkan juga keindahan.

Edison Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé lahir pada 23 Oktober 1940 di Tres Coracoes, Brazil. Pele adalah anak dari Dodinho dengan Dona Celeste Arantes. Awalnya dia dipanggil dengan nama Dico tapi kemudian ia dipanggil sebagai Pelé oleh teman-temannya merujuk pada kiper Vasco da Gama yang merupakan idolanya, Bilé.

Pele adalah legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil. Pele memulai karier profesionalnya di Klub Santos. Dalam penampilan pertamanya di Piala Dunia, Pele membawa Brasil menjadi juara dunia (1958). Pele bermain dalam Piala Dunia dan klubnya (Brasil) meraih kemenangan (1970). Pele mengisyaratkan akan berhenti sebagai pesepak bola dengan meletakkan bola 20 menit sebelum pertandingan final dan berlutut di tengah lapangan (1974). Karena kesulitan keuangan, Pele menerima tawaran main untuk Klub Cosmos, New York (1975). Pele pensiun dari Cosmos (1977). Pele ditunjuk menjadi Menteri Olahraga Brasil (1994). Pele menjadi Player of The Century.

Selama berkostum Seleção, Pelé tampil sebanyak 92 kali dengan mencetak 77 gol (rekor gol terbanyak untuk Brasil sampai saat ini). Pele adalah bintang, bahkan pahlawan bagi para pecandu sepak bola. Rekor yang diukirnya luar biasa, dan di atas segalanya dia telah menjadikan sepak bola bukan hanya permainan, melainkan juga keindahan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....