Home » » Memproduksi Teks Iklan

Memproduksi Teks Iklan

Untuk dapat memproduksi teks iklan diperlukan perancangan terlebih dahulu. Perancangan iklan yang dimaksud di sini  adalah iklan layanan masyarakat tentang pentingnya menghemat air bersih. karena sampai saat ini masih ada masyarakat yang berlebihan terhadap penggunaan air bersih. Iklan layanan masyarakat ini nantinya disebarkan ke seluruh warga masyarakat sehingga masyarakat akan terus diingatkan tentang pentingnya menghemat air bersih. Kampanye dengan metode seperti ini tentunya tidak akan memakan biaya dan waktu yang banyak jika dibanding dengan penyuluhan secara langsung. Penyuluhan secara langsung biasanya terlalu lama dan kurang efektif karena sasaran yang dituju kurang maksimal. Dengan cara seperti ini diirasa akan lebih efektif karena tepat sasaran.

Iklan mengenai ajakan berhemat dalam menggunakan air bersih dapat dilkampanyekan melalui media cetak seperti poster, brosur, leaflet dan selebaran dengan sasaran masyarakat. Agar masyarakat diingatkan secara terus menerus mengenai penggunaan air bersih. Setelah menginterpretasi teks iklan dari sisi struktur teks, isi, dan kebahasaan pada tugas sebelum ini, tugas berikutnya adalah membuat teks iklan tentang hemat air. Untuk memudahkan penulisan, bisa mencari sumber bahan tulisan di perpustakaan, media massa, internet, observasi di lapangan, dan/atau wawancara dengan narasumber. Catatlah semua data yang diperoleh, baik catatan kepustakaan, catatan lapangan, dan/ atau hasil wawancara, kemudian tulislah menjadi sebuah teks iklan yang utuh secara bersama.

Kebutuhan Air
  1. Kebutuhan air dalam satu keluarga diperkirakan kurang lebih 125 liter sehari.Terkadang dalam satu keluarga memiliki anggota keluarga lebih dari 7 orang yang mengakibatkan kebutuhan air bersih bisa lebih dari 125 liter.
  2. Pada saat mandi anak di bawah usia 12 tahun harus didampingi oleh orang tua. Kebanyakan orang tua merasa kalau anak mereka sudah bisa mandi sendiri dan tidak perlu untuk didampingi
  3. Semakin mudah dijangkau kran air, akan semakin membantu orang untuk melakukan sesuatu. Penggunaan slang air juga bisa membantu meminimalisir jumlah kran air
  4. Kebutuhan pokok yang semakin meningkat membuat orang tidak jeli memperhatikan kualitas barang yang akan dia beli. Pemerintah bisa mengeluarkan standar produk barang untuk segala barang kebutuhan.
  5. Penyuluhan bisa memberikan informasi kepada orang-orang mengenai air bersih.Informasi bisa diperoleh kapan saja pada era internet (sekarang) 
  6. Penyebab kebutuhan air bersih meningkat, dan kurang dalam pengontrolan.
  7. Karena air merupakan salah satu media bermain yang relatif menyenangkan bagi anak anak.
  8. Kebanyakan orang berfikir banyaknya kran air disetiap sudut rumah akan lebih mempermudah dalam menggunakan air.
  9. Rata rata orang memilih berdasarkan harga yang lebih terjangkau.
  10. Kebanyakan orang beranggapan bahwa kegiatan penyuluhan itu membuang buang waktu. konsep perancangan 

Tujuan
Untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat tentang penggunaan air bersih seperlunya, iklan layanan masyarakat akan menggunakan “kran air” sebagai media kampanye tersebut. kran air sangat dekat hubungannya dengan air bersih karena kran air adalah katub yang mengatur keluarnya air. Kran bisa menjadi simbol yang sangat mengena bagi masyarakat karena akan identik. Dengan mengajukan beberapa himbauan kepada masyarakat agar mau ikut menjaga ketersediaan air bersih.

Penggunaan gambar gambar ilustrasi dalam iklan yang mendeskripsikan sebab akibat penggunaan air yang berlebihan. Penggunaan air bersih seperlunya melalui kran, akan dijadikan modal pokok bahasan yang diangkat dalam Iklan Layanan Masyarakat kali ini. Menyajikan anjuran, ajakan, dan himbauan penggunaan kran sebagaimana mestinya. Dan disajikan dibeberapa media iklan yang sering atau gampang dijumpai masyarakat umum. Dengan harapan dapat memunculkan sikap saling mengingatkan satu sama lain dalam penggunaa kran seperlunya saja. Dukungan juga diperlukan dalam hal kampanye yang akan disajikan nantinya, dimulai dari mengontrol diri sendiri. Perancangan desain iklan layanan masyarakat ini diharapkan mampu memberi perubahan pada masyarakat umum.

Struktur Teks
Untuk memproduksi teks iklan bisa memulainya dengan membuat struktur yang sesuai. Struktur tersebut harus berisi orientasi^tubuh iklan^justifikasi. Untuk memudahkan pekerjaan, berikut ini disajikan struktur teks iklan.
Struktur TeksTeks
OrientasiHemat Air
Tubuh iklanJangan Buang Air Sia-sia
JustifikasiSetetes air bersih berarti bagi kehidupan kini dan nanti

Apakah kran bisa menjadi representasi untuk mengajak masyarakat agar mau menghemat kebutuhan air bersih? Kebutuhan air bersih dan ketersediaan air bersih bisa dikatakan belum seimbang. Hal tersebut terjadi karena besarnya biaya pengadaan air bersih, seperti membuat sumur, sumur bor, atau ledeng. Untuk membuat sumur, masyarakat harus merogoh kocek minimal tujuh ratus ribu rupiah. Dengan mengurangi penggunaan yang tidak diperlukan, bisa sangat membantu untuk menjaga ketersediaan air. Himbauan agar masyarakat mempunyai kesadaran untuk menggunakan air seperlunya. Karena yang membutuhkan air bukan hanya generasi sekarang, namun anak cucu kita juga memiliki hak untuk menggunakannya.

Penggunaan air adalah salah satu dari beberapa kebutuhan pokok dalam hidup tidak memandang tempat, jadi secara geografis tidak ada batasan atas wilayah atau situasi tempat dimanapun dan kapanpun dalam iklan layanan masyarakat ini. Target ditujukan pada kalangan umum terutama masyarakat yang perekonomiannya menengah ke atas. Baik muda maupun tua semua bertujuan agar masyarakat tersebut sadar akan kebutuhan air bersih. Ditujukan pada masyarakat umum yang mempunyai minat baik serta berkeinginan untuk menjaga dan menyadarkan akan kebutuhan air bersih di lingkungan mereka, dengan menggunakan kran seperlunya saja.

Langkah Menyusun Iklan
  1. Menentukan judul (orientasi) misalnya Hemat Air.
  2. Berilah gambar pada teks iklan agar lebih menarik.
  3. Berilah kalimat slogan yang menarik, misalnya "Jangan Buang Air Sia-sia !"
  4. Berilah informasi mengenai manfaat yang dapat diperoleh (justifikasi) misalnya "Setetes Air bersih berarti bagi kehidupan kini dan nanti:

Setelah mengisi bagian yang rumpang di atas, selanjutnya bisa memasukkannya ke dalam kerangka teks berikut. Jika perlu tambahkan gambar yang mendukung teks iklan tersebut.
hemat air

Bijaklah dalam menggunakan air agar anak cucu kita nanti tetap bisa menikmati indahnya hidup didunia ini.

Berikutnya adalah membuat teks iklan tentang hemat bahan bakar minyak. Sama seperti cotoh sebelumnya produksi teks iklan bisa memulainya dengan membuat struktur yang sesuai. Struktur tersebut harus berisi orientasi^tubuh iklan^justifikasi. 
Struktur TeksTeks
OrientasiHemat bahan bakar minyak
Tubuh iklanSaatnya Makin Berhemat !
JustifikasiGunakan BBM Dengan Bijak

Ada banyak cara menghemat uang untuk membeli bahan bakar minyak. Namun, cara paling efektif sebenarnya adalah mengurangi jumlah bahan bakar yang kita pakai.

Setelah mengisi bagian yang rumpang di atas, selanjutnya bisa memasukkannya ke dalam kerangka teks berikut. Jika perlu tambahkan gambar yang mendukung teks iklan tersebut.
hemat bbm
Bijaklah dalam menggunakan BBM karena jumlahnya terbatas, tidak dapat diperbaharui, untuk mendapatkannya tidak murah, BBM di Indonesia terjangkau karena disubsidi pemerintah, jika kita dapat menghematkan pemerintah dapat menggunakan anggaran ini untuk hal lain yang lebih berguna, dampak penggunaan BBM terhadap lingkungan dan kesehatan kita tidak baik. Pemanasan global, polusi udara, adalah beberapa efek diantaranya. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:59 PM

2 komentar:

  1. Luar biasa...
    sangat maenolong....
    Termakasih banyak Pak/Bu...!

    ReplyDelete
  2. kebetulan saya ada tugas memproduksi teks iklan, sangat membantu sekali terima kasih :D

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....