Home » » Memproduksi Teks Berita Piala Dunia

Memproduksi Teks Berita Piala Dunia

Berita adalah informasi mengenai sesuatu yang sedang atau sudah terjadi. Berita dapat disajikan di media cetak, internet, dan siaran radio. Orang yang pekerjaannya menulis berita disebut dengan wartawan. Wartawan memiliki tugas penting dalam mencari serta mengumpulkan laporan berita. saat berita dilaporkan oleh wartawan, laporan tersebut menjadi fakta/ide terkini. Biasanya stasium televisi atau radio memiliki acara berita yang ditayangkan sepanjang hari dari pagi sampai malam. Kebutuhan berita memang sangat penting bagi masyarakat sebagai mendia penambah wawasan dan pengetahuan.

Langkah-langkah Memproduksi Teks Berita
Untuk dapat memproduksi teks berita ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Langkah pertama adalah menemukan peristiwa atau kejadian. Peristiwa-peristiwa yang akan dijadikan berita merupakan peristiwa yang aktual. Jika tidak ada peristiwa seperti bencana alam, kebakaran, dan kejadian mendadak lainnya, pencari berita perlu mencari dan menangkap kegiatan-kegiatan unik yang sering muncul di masyarakat.

Langkah kedua adalah mencari sumber berita. Sumber berita diperlukan agar isi berita yang akan disampaikan lebih akurat, penulis berita harus dapat menemukan tokoh yang mampu memberikan informasi secara tepat peristiwa yang akan diberitakan. Sebagai contoh untuk mendapatkan informasi mengenai Piala Dunia, penulis dapat mewawancarai pengamat sepak bola maupun para penggemar sepak bola.

Langkah ketiga adalah melakukan wawancara. Wawancara dilakukan penulis berita untuk memperoleh fakta tentang suatu kejadian, data, atau proses kejadian. Catatlah hal-hal penting hasil wawancara. Selama proses pencarian informasi, penulis dapat dipandu dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana proses terjadinya peristiwa.

Langkah keempat adalah penyusunan berita Penyusunan berita pada hakikatnya harus menggunakan bahasa yang singkat dan jelas. Berikut ini contoh teks Berita tentang Piala Dunia 2014 di Brazil.

Piala Dunia 2014 Brazil
No.StrukturKalimat
1.OrientasiSetiap empat tahun sekali diselenggarakan ajang kompetisi Piala Dunia yang lokasinya selalu berpindah dari satu negara ke negara lainnya. Dalam setiap turnamen terdapat 32 tim yang berkompetisi.
2.Peristiwa"Piala dunia pertama kali dilaksanakan di Uruguay pada tahun 1930. Piala Dunia FIFA 2014 adalah Piala Dunia FIFA ke-20, turnamen sepak bola internasional yang diadakan pada tahun 2014 di Brasil"  kata wartawan senior Ian Situmorang.

"Inilah kedua kalinya Brasil menyelenggarakan turnamen Piala Dunia, sebelumnya Brazil pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 1950" lanjut dia, Brasil menjadi negara kelima yang pernah menyelenggarai Piala Dunia FIFA lebih dari satu kali, setelah Meksiko, Italia, Perancis, dan Jerman. Turnamen ini juga merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang diselenggarakan di Amerika Selatan sejak Argentina 1978. Sebelumnya tidak ada negara Amerika Selatan yang menyelenggarakan Piala Dunia FIFA lebih dari satu kali.

Pada Piala Dunia 2014 tim sepak bola nasional dari 31 negara telah lolos melalui persaingan kualifikasi yang dimulai pada bulan Juni 2011 untuk ikut berpartisipasi dengan negara tuan rumah Brasil di saat final turnamen.

Sementara di tempat yang berbeda dalam sebuah acara nonton bareng Drawing Piala Dunia beberapa wartawan bola tampak hadir. "Pembagian grup Piala Dunia 2014 sejumlah negara unggulan menempati 'grup neraka', seperti di Grup D yang dihuni Uruguay, Kosta Rika, Inggris, dan Italia" kata wartawan Warta Kota Hendry Ch Bangun,
pembagian grup
"Piala Dunia 2014 sebanyak 64 pertandingan akan dimainkan di dua belas kota di Brazil baik stadion baru atau yang dibangun ulang, dengan turnamen yang dimulai dengan babak penyisihan grup. Untuk pertama kalinya di putaran final Piala Dunia, pertandingan akan dilangsungkan menggunakan teknologi garis gawang" kata komentator bola M.Kusnaeni menimpali rekannya.

Teknologi garis gawang (Inggris: goal-line technology disingkat GLT) merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan bilamana bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat elektronik dan pada saat yang sama membantu wasit dalam menyatakan sebuah gol telah terjadi atau tidak.

Pengundian babak kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 berlangsung di Marina da Glória di Rio de Janeiro pada tanggal 30 Juli 2011. Selaku tuan rumah penyelenggara, Brasil melaju ke putaran final secara otomatis.

203 dari 208 Tim nasional FIFA ikut serta dalam tahap kualifikasi, yang dimulai pada 15 Juni 2011 dan berakhir pada 20 November 2013. 24 dari 32 kualifikasi, juga lolos di turnamen sebelumnya. Untuk Wilayah OFC tidak memiliki perwakilan di Final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 2002.

Pada Piala Dunia 2014 FIFA memutuskan untuk mendistribusikan tempat di putaran final sebagai berikut : Eropa (UEFA) - 13 tempat, Asia (AFC) - 4 atau 5 tempat, Africa (CAF) - 5 tempat, Amerika Utara dan Tengah, Karibia (CONCACAF) - 3 atau 4 tempat, Amerika Selatan (CONMEBOL) - 4 atau 5 tempat (+ Brasil yang terkualifikasi secara otomatis sebagai tuan rumah, total menjadi 6 tempat), dan Oseania (OFC) - 0 atau 1 tempat

Pada piala Dunia 2014, Spanyol yang merupakan juara bertahan, setelah mengalahkan Belanda 1–0 pada Final Piala Dunia 2010 juga harus mengikuti kualifikasi.  Piala Dunia FIFA 2014, dengan satu tempat dialokasikan untuk tuan rumah, Brasil. Enam konfederasi FIFA mendapat pembagian jatah untuk 31 tempat tersisa. Juara bertahan, Spanyol tidak lolos otomatis.

Di Indonesia, Piala Dunia FIFA 2014 Brazil disiarkan langsung oleh ANTV, tvOne, viva+, dan K-vision.
3.Sumber beritaWartawan senior Ian Situmorang
Komentator bola M Kusnaeni
Wartawan Warta Kota Hendry Ch Bangun.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....