Home » » Memanfaatkan Informasi dari Sumber Manual

Memanfaatkan Informasi dari Sumber Manual

Manual pengguna adalah suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan memberikan bantuan untuk penggunaan suatu alat, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta. Pada umumnya, manual pengguna mengandung panduan tertulis dan gambar terkait alat yang digunakan. Manual aplikasi komputer biasanya menyertakan cuplikan layar tampilan program, sedangkan manual perangkat keras umumnya menyertakan diagram yang jelas dan disederhanakan. Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan target pembacanya dan diterangkan dengan jelas. Sumber manual sesungguhnya manual itu merupakan teks prosedur kompleks yang memberikan arahan untuk melakukan sesuatu.

Salah satu manual yang dapat kita temukan adalah pemasangan katrid toner. Kita tentu menyadari bahwa tidak akan dapat mengoperasikan alat pencetak yang digambarkan itu apabila kalian tidak mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan. Teks tersebut tergolong ke dalam teks prosedur kompleks. Pada teks prosedur kompleks langkah-langkahnya tidak dapat diubah urutannya, langkah yang satu juga menjadi syarat bagi langkah berikutnya. Apabila langkah-langkah tersebut tidak dilaksankan secara urut maka akan mengalami masalah atau kegagalan. Ternyat dari manual yang ada pada katrid toner tersebut dapat diungkapkan kembali menjadi teks prosedur dengan menggunakan bahasa sendiri. Usahakan teks yang kalian buat itu lebih pendek seperti contoh di bawah ini.

Teks Prosedur Memasang Katrid Toner
katrid toner

Teks Prosedur Memasang Katrid Toner
StrukturKalimat
TujuanPada era modern saat ini Laser Toner Cartridge digunakan dalam mesin fotokopi warna dan printer Laser Warna. Toner adalah campuran serbuk karbon, besi dan gula. Kemudian, dilelehkan bercampur dengan polimer untuk meningkatkan kualitas hasil cetakan. Ketika toner pada printer atau mesin foto kopi berwarna habis harus dilakukan penggantian toner dengan yang baru.
Langkah-langkahBerikut ini adalah langkah-langkah mengganti toner.
Pertama, buka penutup bagian depan dan keluarkan toner yang lama dari katrid.

Kedua, keluarkan katrid toner baru dari kemasannya, lalu lepaskan pita kemasan katrid.

Ketiga, kocok katrid toner kurang lebih lima atau enam kali agar toner tersebar merata dalam katrid.

Keempat, gunakan bagian pegangan pada katrid toner untuk memasukan katrid secara perlahan ke dalam printer dan sesuaikan tab pada sisi katrid dengan alur yang ada dalam printer, sehingga katrid toner berada dalam posisi yang benar sampai terkunci ditempatnya semula.

Kelima, pasang penyangga tengah tenda (penglari) dengan cara memasukan bambu melalui lubang yang ada pada tenda. Ikat tenda dengan bambu tersebut dengan kuat agar tidak terlepas.

Keenam, tutuplah bagian depan printer dan pastikan tertutup secara sempurna. Dan printer pun siap digunakan kembali.

Carilah teks manual tentang cara menjalankan mesin cuci, cara mengoperasikan mesin potong rumput, cara menghidupkan generator listrik, atau cara mengoperasikan alat-alat tertentu yang sering kalian jumpai di sekitar kalian. Apabila kalian betul-betul paham dan dapat mengoperasikan mesin atau alat tersebut, kalian bisa menjadi operator yang bagus dan bisa mengajarkan keterampilan itu kepada orang lain seperti pada contoh berikut ini.

Prosedur Menjalankan Mesin Cuci
StrukturKalimat
TujuanMesin cuci meringankan beban pekerjaan rumah tangga. Cara mencuci dan menggunakan mesin cuci perlu dipelajari agar hasil cucian bersih. Petunjuk penggunaan mesin cuci juga perlu diketahui supaya memahami fungsi masing-masing tombol pada mesin cuci. Sedangkan tips merawat mesin cuci berguna untuk membantu mencegah kerusakan mesin cuci.
Langkah-langkahBerikut ini adalah langkah-langkah mengoperasikan mesin cuci.
Pertama, pastikan mesin cuci memiliki sumber air untuk mencuci. Sumber air ini bisa berupa selang yang menghubungkan mesin cuci dengan keran air. Jika instalasi ini tidak mungkin, entah karena air keran mengucur tidak terlalu deras atau karena alasan lain, maka sumber air bisa berupa pengisian secara manual menggunakan ember di awal siklus pencucian dan pengisian ulang untuk siklus pembilasan.

Kedua, hubungkan mesin cuci dengan sumber listrik yang memadai dan pastikan kabel listrik tidak melintang di tengah jalan demi keselamatan.

Ketiga, masukkan cucian ke dalam tabung mesin cuci sesuai kapasitas mesin cuci.

Keempat, tuangkan detergen sesuai takaran yang disarankan. Untuk mesin cuci bukaan atas, tuangkan ke dalam laci deterjen pada mesin cuci. Sedangkan untuk mesin cuci bukaan depan, deterjen bisa dituangkan ke dalam tutup botol dan dimasukkan langsung ke dalam tabung mesin cuci.

Kelima, tutup pintu mesin cuci. Pada beberapa model mesin cuci, tutup mesin cuci mengunci otomatis begitu mesin dinyalakan dan tidak bisa dibuka sampai proses pencucian selesai.

Keenam, pilih siklus pencucian. Sebagian mesin cuci memiliki pilihan pengaturan berdasarkan bahan pakaian dan suhu air yang diinginkan. Pilih juga kecepatan putar jika fitur ini tersedia.

Ketujuh, tekan tombol ‘Start’. Biarkan proses pencucian berjalan sampai dengan selesai. Untuk mesin cuci yang tidak otomatis, mesin akan berhenti berputar ketika proses pencucian selesai. Isi ulang air, pilih siklus pembilasan, lalu tekan tombol ‘Start’ kembali.

Prosedur Menghidupkan Generator Listrik
StrukturKalimat
TujuanGenerator adalah mesin yang dapat mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Generator arus bolak-balik (AC) dikenal dengan sebutan alternator. Generator dapat mensuplai tenaga listrik pada saat terjadi gangguan. misalnya saat listrik PLN padam
Langkah-langkahBerikut ini adalah langkah-langkah menghidupkan generator listrik.
generator listrik
Pertama, buka tangki generator dan isikan bahan bakar sesuai dengan jenis mesin nya.

Kedua, putar tombol power generator kearah ON.

Ketiga, tarik cuck kearah kanan dan tahan sampai mesin menyala.

Keempat, tarik pool secara perlahan untuk memancing bahan bakar, lalu setelah itu tarik dengan lebih kencang.

Kelima. setelah mesin menyala kembalikan cuck dan naikkan circuit protector AC kearah ON.

Keenam, pindah pengatur sambungan listrik kearah aliran listrik akan disalurkan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....