Home » » Prosedur Mengurus Kartu Pelajar SKCK Mendirikan Tenda

Prosedur Mengurus Kartu Pelajar SKCK Mendirikan Tenda

Dalam melakukan berbagai kegiatan membutuhkan prosedur pelaksanaan kegiatan. Prosedur pelaksanaan kegiatan berupa langkah-langkah yang harus ditempuh agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan dari kegiatan tersebut. Prosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang sama agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama contohnya prosedur kesehatan dan keselamatan kerja. Prosedur kegiatan biasanya disajikan dalam bentuk teks prosedur. 

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi tahap-tahap dan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan dan terdapat keterangan yang menjadikan teks prosedur tersebut kompleks. Teks prosedur kompleks berbeda dengan teks prosedur biasa. jika teks prosedur biasa ada satu langkah yang tidak dikerjakan, tetap bisa mencapai tujuan, lain halnya dengan prosedur kompleks, langkah-langkah dalam prosedur kompleks harus dikerjakan, jika ada salah satu langkah yang tidak dikerjakan maka tidak akan tercapai tujuannya, misalnya prosedur cara membuat Paspor, jika salah satu syarat tidak terpenuhi contohnya tidak ada KTP, maka paspor tidak akan jadi (tidak tercapai tujuannya). Berikut ini contoh teks prosedur mengurus kartu pelajar, KTP, dan mendirikan tenda.

Teks Prosedur Mengurus Kartu Pelajar
StrukturKalimat
TujuanKartu pelajar merupakan identitas siswa sebagai pelajar yang masih aktif mengikuti pendidikan di sekolah tersebut. Kartu pelajar berguna untuk mempermudah siswa mendapatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan pihak pemerintah maupun swasta untuk pelajar dengan menunjukkan Kartu Siswa miliknya.  Kartu pelajar juga dapat digunakan sebagai identitas diri sebagai siswa ketika berurusan dengan instansi lain, seperti kantor pos, bank atau instansi lainnya dimana pelajar mendapatkan fasilitas khusus. Berikut ini langkah-langkah mengurus kartu pelajar.
Langkah-langkahPertama, datanglah ke kantor tata usaha di sekolah Anda atau menghubungi wali kelas Anda.

Mintalah blanko untuk pembuatan kartu pelajar kepada petugas yang berjaga. Blangko kartu pelajar berupa formulir yang berisi data diri pelajar.

Isilah data yang tertera pada blanko sesuai dengan benar identitas Anda. Data yang ditulis pada formulir antara lain nama, jenis kelamin, agama, alamat, tempat dan tanggal lahir, golongan darah, dan Nomor Induk Siswa.

Setelah blanko selesai Anda isi, cek kembali data yang Anda isikan sesuai dengan identitas diri Anda kemudian serahkan kepada petugas yang berjaga.

Setelah itu, Anda akan memasuki ruang pengambilan foto. Sebelum melakukan pengambilan gambar pastikan Anda menggunakan kelengkapan pakaian seragam sekolah seperti dasi dan tanda pengenal yang lainnya.

Setelah selesai pemgambilan foto, kartu pelajar akan selesai kurang dalam waktu lebih dua minggu sesuai dengan kebijakan di sekolah Anda.

Teks Prosedur Mengurus SKCK
StrukturKalimat
TujuanSurat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Dahulu, sewaktu bernama SKKB, surat ini hanya dapat diberikan yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut. SKKB berlaku selama 6 (enam) bulan. Berikut ini langkah-langkah mengurus SKCK di Polres.
Langkah-langkahPertama, Anda harus mendapatkan surat pengantar dari RT, yang diketahui oleh ketua RW  untuk membuat surat pengantar pembuatan SKCK di kelurahan

Kedua, Anda harus meminta surat pengantar dari kelurahan. Berikut adalah syarat-syarat administrasi yang harus Anda penuhi untuk membuat surat pengantar dari kelurahan. (a) Surat pengantar dari RT atau RW. (b) Fotokopi KTP 1 lembar, (c) Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar

Ketiga, setelah surat pengantar dari kelurahan sudah jadi, Anda bisa langsung menggunakan surat itu untuk membuat SKCK di Polsek atau Polres. Berikut adalah syarat-syarat administrasi yang harus Anda penuhi untuk membuat SKCK di Polsek atau Polres. (a) Surat pengantar dari kelurahan, (b) Fotokopi KTP 1 lembar, (c) Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar, (d) Pasfoto berwarna latar merah 4 cm x 6 cm sebanyak 5 lembar, (e) Biaya administrasi sebesar Rp20.000,00.

Keempat, setelah Anda sampai di Polres, Anda dapat langsung menuju ke loket pembuatan SKCK. Mintalah formulir pembuatan SKCK kepada petugas. Anda akan diberikan sebuah formulir berisi tentang data diri, riwayat pendidikan, riwayat catatan kasus, dan ciri-ciri fisik Anda. Isilah formulr tersebut sesuai dengan data diri Anda.

Kelima, setelah mengisi formulir Anda akan dipersilakan petugas untuk masuk ke ruang sidik jari. Di ruang ini, Anda harus membuat cap sidik jari sebagai data untuk perumusan sidik jari Anda. Selain itu, Anda juga harus menyerahkan pasfoto berwarna 1 lembar. Selesai dari pembuatan sidik jari, Anda akan diberikan kartu rumus sidik jari.

Keenam, serahkan kartu rumus sidik jari beserta sisa persyaratan administrasi (pasfoto berwarna 4 lembar dan persyaratan lain) kepada petugas di loket awal (loket pembuatan SKCK). Tunggulah kurang lebih 5-10 menit. Setelah itu, Anda akan dipanggil untuk mengambil SKCK.

Teks Prosedur Mendirikan Tenda
StrukturKalimat
TujuanTenda merupakan peralatan penting ketika melakukan kegiatan perkemahan. Terdapat berbagai jenis tenda, seperti tenda kubah, tenda piramida, dan tenda prisma. Kita perlu keterampilan untuk mendirikan tenda. Berikut ini langkah-langkah mendirikan tenda;
Langkah-langkahPertama, tentukan terlebih dahulu tenda jenis apa yang Anda gunakan. Pemilihan jenis tenda harus memperhatikan, jumlah peserta perkemahan, dan tempat berkemah. Pemilihan tenda erat hubungannya dengan bentuk perkemahan, apakah perkemahan regu, untuk persahabatan, perkemahan untuk ekshibisi, dan sebagainya. Jenis tenda apakah tenda dome, tenda regu, atau tenda peleton. Tenda peleton, atau tenda regu tidak mungkin dapat didirikan di tempat yang sangat sempit, misalnya di lereng gunung, di hutan yang pohon-pohonannya rapat.

Kedua, Pemilihan tempat mendirikan tenda. Pemilihan tempat mendirikan tenda harus memperhatikan keamanan seperti jauh dari gangguan binatang buas dan binatang berbahaya lainnya dan jauh dari bahaya banjir, tanah longsor. Tempat yang digunakan untuk mendirikan tenda bukan tempat yang bila hujan tergenang, ada pohon pelindung, ada saluran untuk pengeringan atau pembuangan air, dekat sumber air.

Ketiga, persiapkan peralatan yang digunakan untuk mendirikan tenda. Peralatan yang digunakan untuk mendirikan tenda antara lain pasak, tali, tiang dan sebagainya.

Keempat, Tenda yang biasa digunakan untuk kegiatan perkemahan adalah tenda jenis prisma. Untuk mendirikan tenda ini perlu kerja sama kelompok untuk memudahkan dalam mendirikan tenda. Siapkan tenda, tiang, tali, patok dan perlengkapan lainnya kemudian letakkan tenda di atas tanah.

Kelima, pasang penyangga tengah tenda (penglari) dengan cara memasukan bambu melalui lubang yang ada pada tenda. Ikat tenda dengan bambu tersebut dengan kuat agar tidak terlepas.

Keenam, pasanglah patok-patok tenda pada bagian pinggir tenda dengan cara mengikat dengan tali. Ikatan pada bagian awal dan akhir tiang tenda menggunakan simpul pangkal, sedangkan pada bagian tengah menggunakan simpul jangkar. Pemasangan patok dilakukan pada kedua sisi tenda, patok jangan ditancapkan ke dalam tanah terlebih dahulu.

Ketujuh, tegakkan tenda dengan cara mengangkat bagian tengah tenda (penglari) dari dari sisi depan dan belakan bersama-sama. Masukan tiang tenda pada bagian depan dan belakang tenda. Pegangi kedua tiang tenda agar tidak terlepas.

Kedelapan, tancapkan terlebih dahulu patok pada masing-masing pojok tenda ke dalam tanah diikuti dengan patok yang lain. Pastikan tiang tenda tepat berada di tengah sehingga tenda dapat berdiri dengan sempurna. Jika tiang tenda posisinya kurang tepat geser tiang tenda secara bersamaan ke posisi yang diinginkan. Lakukan pengaturan tali pengikat tenda pada masing-masing sisi tenda. Pastikan pula tenda dalam keadaan kencang, jika ikatan tidak kencang tenda akan melengkung bagian tengahnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....