Home » » Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah

Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah

Menginterpretasi makna teks cerita sejarah artinya memberikan penafsiran terhadap teks tersebut agar data sejarah yang terkandung di dalamnya dapat berbicara. Sebagai siswa harus bisa menggali nilai dan kearifan yang terkandung dalam peristiwa sejarah yang tidak semata-mata hanya menjadi cerita yang dikisahkan secara turun-temurun. Nilai dan kearifan yang berhasil digali diharapkan dapat membantu secara bijak berbagai persoalan yang dihadapi. Dengan mengingat masa lalu, memahami masa kini, dan mempersiapkan masa depan agar dapat meraih apa yang telah dicita-citakan.

Hadiah Nobel diberikan setiap tahun untuk orang-orang yang mempunyai prestasi luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, sastra dan untuk pelopor perdamaian dunia dan kepada mereka yang telah memberikan konstribusi besar terhadap kemajuan umat manusia seluruh dunia. Nobel prize pertama kali diberikan berdasarkan wasiat seorang Ilmuwan, kimiawan, insinyur, penemu dan industrialis yang berasal dari swedia yang bernama Alfred Bernhard Nobel. Ia lahir di Stockholm pada tanggal 21 Oktober 1833 dan meninggal pada tanggal 10 Desember 1896. Ayahnya juga seorang ilmuwan. Meskipun ia adalah seorang warga negara Swedia, ia dididik di Rusia.
Struktur TeksKalimat
OrientasiPenghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian luar biasa. Penghargaan diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Saat ini Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah menemukan dinamit. Ilmuwan ini terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan yang merusak. Oleh sebab itulah dia membuat wasiat.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2Pria kelahiran Swedia, 21 Oktober 1833 ini menandatangani wasiatnya di Swedish-Norwegian Club, Paris, pada 27 November 1895. Di dalam wasiat tersebut, Alfred menegaskan bahwa seluruh hartanya harus diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai untuk mendirikan sebuah yayasan, yang labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan bagi orang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3Banyak pihak yang terkejut mengetahui isi wasiat tersebut, termasuk keluarganya. Kontroversi terus bergulir. Pro dan kontra terhadap isi wasiat terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang sastra, fisika, kimia, kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada 1901. Sejak 1902, penghargaan ini secara formal dianugerahkan oleh Raja Swedia. Awalnya, Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing. Namun, dia mengubah sikapnya setelah menyadari publisitas penghargaan tersebut terhadap negara Swedia.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada 10 Desember, yaitu tanggal wafatnya Alfred Nobel. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 6Kategori penghargaan yang diberikan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam fisika ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, kimia ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, fisiologi atau kedokteran ditentukan oleh The Karolinska Institute, sastra ditentukan oleh
The Swedish Academy, dan perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting atau Parlemen Norwegia. Pada 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia, menambah penghargaan dalam ilmu ekonomi. Ketegori ekonomi ini ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences.

(Sumber: Nina Karina S.A. dan Retno Sasongkowati, History of The World: Sejarah Dunia Kuno dan Modern, Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi, 2013, halaman 91)

Berdasarkan isi teks “Hadiah Nobel”, tentukanlah apakah pernyataan berikut ini benar (B), salah (S), atau tidak terbukti benar salahnya (TT) dengan membubuhkan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk menentukan jawaban, tidak perlu berpedoman pada pengetahuan umum atau pengetahuan yang telah kalian miliki, tetapi cukup berpedoman pada informasi yang disajikan dalam teks tersebut.
NoPernyataanBSTT
1. Hadiah Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. - -
2.Penghargaan ekonomi dinamai penghargaan ilmu sosial sejak Februari 1995 untuk membuka kesempatan bagi bidang ilmu politik,psikologi, dan sosiologi. --
3.Penghargaan Nobel pertama kali diberikan pada 1902. --
4.Raja Oscar II akhirnya menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing--
5. Penghargaan Nobel dianugerahkan pada 10 Desember setiap tahunnya. - -
6.Alexander Fleming dianugerahi Nobel pada tahun 1928 karena menemukan penisilin, antibiotik alamiah pertama. --
7.Alfred Nobel wafat pada 10 Desember 1896 - -
8.Penandatanganan surat wasiat Alfred Nobel dilakukan di Swedia. - -
9.Alfred Nobel adalah seorang ilmuwan yang menemukan dinamit. - -
10.Alice Munro, penulis asal Kanada yang dikenal sebagai master cerita pendek kontemporer adalah penerima Hadiah Nobel bidang sastra pada 2013. - -
11. Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia adalah institusi yang menentukan peraih penghargaan Nobel kategori fisika dan kimia. - -
12.Ilmu ekonomi merupakan kategori penghargaan yang diberikan sejak pertama kali Hadiah Nobel dianugerahi pada 1901. - -
13.Hadiah Nobel hanya diperuntukkan bagi mereka yang masih hidup. - -
14.Ahli biokimia Inggris, Frederick Sanger telah dua kali menerima hadiah Nobel atas keberhasilannya merinci struktur rantai insulin dan metode penentuan urutan linear basa DNA. - -
15.Surat wasiat Alfred Nobel yang menyatakan ia telah menghibahkan seluruh hartanya kepada sebuah lembaga, mengundang kontroversi di berbagai kalangan. - -

Sebagai sebuah teks cerita sejarah, teks yang diceritakan di atas harus mampu menjalani fungsi sosialnya, yaitu merekonstruksi dan memberikan informasi yang berkaitan dengan masa lampau.  Fungsi sosial teks cerita sejarah juga untuk membangkitkan atau menghidupkan pengalaman nyata di masa lampau agar tercipta hiburan bagi pembaca atau pendengar. Melalui teks ini, pencipta teks dapat berbagi pengalaman dengan pembaca atau pendengar.

Nobel Perdamaian
Penghargaan Nobel Perdamaian (Nobel Peace Prize) adalah satu dari lima kategori yang diselenggarakan atas permintaan Alfred Nobel. Penghargaan ini diberikan pada orang yang paling giat melaksanakan hubungan yang bersifat internasional, pendiri pergerakan perdamaian, atau berusaha mengurangi atau melenyapkan peperangan. Tidak seperti penghargaan Nobel lainnya, kategori perdamaian ini dapat diberikan kepada orang atau organisasi yang masih dalam proses penyelesaian masalah. Artinya, penghargaan ini dapat diberikan kepada seseorang atau sebuah organisasi yang terlibat dalam proses perdamaian yang masih berlangsung. Berikut ini adalah sepuluh perolehan Hadiah Nobel Perdamaian (2004-2013). Beserta nama dan karya yang diberi penghargaan
NoTahunNamaKarya yang Diberi Penghargaan
1. 2009 Barrack Obama (Amerika Serikat) Usaha yang luar biasa untuk memperkuat diplomasi internasional dan kerja sama antarbangsa.
2.2010 Liu Xiaobo (Cina)Untuk perjuangan nonkekerasan bagi demokrasi dan hak asasi manusia di Cina.
3.2007IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Chage) dan Albert Arnold Gore (Amerika Serikat) Upaya untuk membangun dan menyebarkan pengetahuan tentang perubahan iklim dan meletakkan fondasi sebagai langkah yang diperlukan untuk melawan perubahan tersebut.
4.2006Grameen Bank (Bangladesh) dan Muhammad Yunus (Bangladesh)Untuk memajukan ekonomi dan peluang sosial bagi masyarakat miskin, terutama perempuan, melalui kredit mikro perintis pekerjaan.
5. 2005 Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) dan Mohamed El Baradei (Mesir) Untuk mencegah energi nuklir yang digunakan untuk tujuan militer dan memastikan bahwa energi nuklir digunakan untuk tujuan perdamaian dengan cara yang paling aman.
6.2011 Ellen Johnson Sirleaf (Liberia), Leymah Gbowee (Liberia), dan Tawakkul Karman (Yaman)Untuk perjuangan nonkekerasan demi keselamatan dan hak perempuan yang berpartisipasi
penuh dalam pembangunan perdamaian.
7.2013 Organisasi Anti Senj*ta Kimia (Belanda) Untuk menentang, mengurangi, dan menghapuskan pemakaian senjata kimia di seluruh dunia.
8.2008 Martti Oiva Kalevi Ahtisaari (Finlandia) Untuk menyelesaikan konflik internasional di beberapa benua selama lebih dari tiga dekade.
9.2012 Uni Eropa (Eropa) Selama lebih dari enam dekade berkontribusi bagi kemajuan perdamaian dan rekonsiliasi, demokrasi, serta hak asasi manusia di Eropa.
10.2004 Wangari Muta Maathai (Kenya) Untuk kontribusi bagi pembangunan berkelanjutan, demokrasi, dan perdamaian.

Nobel Fisika 2004-2014
NoTahunNamaKarya yang Diberi Penghargaan
1. 2004 David J. Gross, H. David Politzer dan Frank Wilczek Untuk penemuan kebebasan asimtot dalam teori interaksi kuat
2.2005 Roy J. GlauberUntuk kontribusinya kepada teori kuantum untuk kejelasan optik
3.2005John L. Hall dan Theodor W. Hänsch Untuk sumbangan mereka kepada perkembangan spektroskopi tepat (precision spectroscopy) berbasiskan laser, termasuk teknik penyisiran frekuensi optik.
4.2006John C. Mather dan George F. SmootUntuk penemuan benda hitam dan anisotropi radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik.
5. 2007 Albert Fert dan Peter Grünberg Untuk penemuan Magnetoresistansi Raksasa
6.2008 Makoto Kobayashi, Toshihide Maskawa dan Yoichiro NambuUntuk penemuan mekanisme pemecahan simetri spontan dalam fisika subatom
7.2009 Charles K. Kao, Willard Boyle dan George E. Smith Untuk penemuan sensor CCD dalam bidang citra
8.2010 Andre K. Geim dan Kostya Novoselov Untuk penemuan material grafin 2 dimensi.
9.2011 Saul Perlmutter, Brian P. Schmidt dan Adam G. Riess Untuk penemuan ledakan bintang (supernova) untuk menetapkan sebuah standar pengukuran gerakan cahaya dalam satu skala kosmologis
10.2012 Serge Haroche dan David J. Wineland Untuk mengukur dan memanipulasi sistem kuantum individual
11.2013 Peter Higgs dan Francois Englert Penemuan teoritis mengenai mekanisme Boson Higgs yang membawa pemahaman mengenai asal muasal massa dan partikel subatomik.
12.2014 Akasaki, Amano dan Nakamura Untuk hasil penemuan mereka dalam membuat sinar LED (Light-Emitting Diodes) warna biru yang efisien sebagai dasar dan sumber dari sinar putih yang terang dan hemat energi.

Nobel Kimia 2004-2014
NoTahunNamaKarya yang Diberi Penghargaan
1. 2004 Aaron Ciechanover, Avram Hershko dan Irwin A. Rose -
2.2005 Robert Howard Grubbs, Richard Royce Schrock dan Yves Chauvin-
3.2006Roger David Kornberg -
4.2007Gerhard Ertl-
5. 2008 Osamu Shimomura, Martin Chalfie dan Roger Yonchien Tsien -
6.2009 Venki Ramakrishnan, Thomas A. Steitz dan Ada E. Yonath-
7.2010 Richard F. Heck, Ei-ichi Negishi, dan Akira Suzuki -
8.2011 Daniel Shechtman Untuk penemuan kuasi kristal
9.2012 Robert J. Lefkowitz dan Brian K. Kobilka Untuk studi G-protein-pasangan reseptor
10.2013 Michael Levitt, Martin Karplus dan Arieh Warshel Untuk hasil karya mereka dalam mengembangkan model multiskala untuk sistem kimiawi kompleks
12.2014 Eric Betzig, William E. Moerner dan Stefan W. Hell Untuk hasil karya mereka dalam mengembangkan mikroskopi floresen (super-resolved fluorescence microscopy).

Nobel Bahasa dan Sastra 2004-2014
NoTahunNamaKarya yang Diberi Penghargaan
1. 2004 Elfriede Jelinek (Austria) Dengan semangat linguistik luar biasa mengungkap kemustahilan kata klise masyarakat dan kekuasaan yang menaklukkan
2.2005 Harold Pinter (Inggris)Merupakan ‘tokoh terdepan yang mewakili dunia drama Inggris pascaperang’.
3.2006Ferit Orhan Pamuk (Turki) -
4.2007Doris Lessing (Inggris)-
5. 2008 Jean-Marie Gustave Le Clézio (Perancis) -
6.2009 Herta Müller (Jerman)Karangannya yang menggambarkan kehidupan berat di Romania pada masa pemerintahan Nicolae Ceauşescu
7.2010 Mario Vargas Llosa (Peru) Untuk karyanya mengenai kartografi dari struktur kekuasaan dalam melawan tekanan, perlawanan, pember*ntakan, serta kekalahan individu.
8.2011 Tomas Tranströmer (Swedia) Melalui kentalnya, gambar tembus cahaya, ia memberi kita akses segar dengan realitas
9.2012 Mo Yan (Cina) Dengan realisme halusinasinya menggabungkan cerita rakyat, sejarah dan kontemporer
10.2013 Alice Ann Munro (Kanada) Master dalam cerita pendek kontemporer.
12.2014 Patrick Modiano (Perancis) Hasil karyanya dalam membangkitkan seni memori yang berkaitan dengan nasib dan kehidupan manusia

Nobel Kedokteran 2004-2014
NoTahunNamaKarya yang Diberi Penghargaan
1. 2004 Linda B. Buck Richard Axel Penemuan reseptor odoran dan organisasi dari sistem penghidu (olfactory system)
2.2005 Barry J. Marshall dan Robin WarrenPenemuan bakteri Helicobacter pylori dan perannya di gastritis dan penyakit ulkus peptik
3.2006Andrew Fire dan Craig C. Mello Penemuan interferensi RNA, suatu mekanisme peredaman gen dengan RNA untai ganda
4.2007Mario Capecchi, Martin Evans dan Oliver SmithiesUntuk penemuan mereka dalam pengenalan modifikasi gen spesifik pada tikus dengan penggunaan sel punca
5. 2008 Harald zur Hausen Untuk penemuan virus HPV yang menyebabkan kanker serviks
6.2008 Françoise Barré-Sinoussi, Luc MontagnierPenemuan berkaitan virus HIV
7.2009 Carol W. Greider, Elizabeth Blackburn dan Jack W. Szostak Penemuan enzim telomerase, penjaga bagian ujung dari kromosom (telomer).
8.2010 Robert G. Edwards, dan Patrick Steptoe Bidang kesuburan in vitro.
9.2011 Bruce Beutler,  Ralph M. Steinman, dan  Jules A. Hoffmann Untuk penemuan sel dendretik dan peranannya dalam bidang imunitas adaptif.
10.2012 John Gurdon dan Shinya Yamanaka Untuk penemuan bahwa sel matang dapat diprogram untuk menjadi pluripotent
12.2013 James E. Rothman, Randy W. Schekman, dan Thomas C. Sudhof Mampu memecahkan misteri bagaimana sel mengatur sistem transportasinya dan mengirimkan muatan molekul ke tempat dan pada waktu yang tepat
13.2014 O'Keefe, Edvard Moser, dan May-Britt Moser Untuk hasil karya mereka dalam menemukan sel yang berfungsi sebagai sistem pengendali/pengenal posisi tempat (mirip dengan prinsip GPS) di dalam otak.

Alice Munro
Pengarang kelahiran 10 Juli 1931 di Laidlaw ini dikenal dengan karya sastranya berupa cerita pendek yang mampu menggali kisah-kisah kemanusiaan dengan sangat menyentuh. Seorang penulis asal Kanada yang menerima Penghargaan Nobel Sastra pada tahun 2013. Ia juga menerima penghargaan Man Booker International Prize pada tahun 2009.

Munro dikenal sebagai penulis yang memberikan pengaruh dalam karya sastra, khususnya cerpen, bukan hanya di Kanada, tetapi juga di dunia internasional. Karya Alice banyak bercerita tentang kehidupan-kehidupan sulit di sudut kota Ontario, polemik sosial, dan juga banyak melibatkan tokoh-tokoh anak perempuan kecil yang dengan lihai dikelolanya dengan sentuhan pemikiran modern. Itu kurang lebih sama dengan karakter kehidupan nyata Alice yang tidak banyak menyentuh publisitas.

Berbekal latar pendidikan Sastra dari University of Western Ontario sampai akhirnya keluar karena menikah tahun 1951, Alice konsisten mencoba banyak bentuk sastra, termasuk novel. Hanya saja, itu tidak kunjung membuatnya menemukan jiwa kepenulisan yang dicari. Munro mulai menulis cerita remaja, dan menerbitkan karya buku pertamanya pada tahun 1968.

Karya Alice Munro yang pertama berjudul ‘’Dance of the Happy Shades’’, berupa buku kumpulan cerita pendek yang diterbitkan tahun 1968 dan langsung mendapat apresiasi dari publik Kanada saat itu. Bahkan, pemerintah Kanada mengapresiasi karya tersebut dengan penghargaan Governor General’s Award. Sejak saat itu Alice memilih berfokus membuat buku-buku kumpulan cerpen sampai sekarang, meski ia tak memungkiri terus mempelajari bentuk novel.

Beberapa buku karya Munro dalam bahasa Inggris antara lain Dance of the Happy Shades and Other Stories, 1968, Lives of Girls and Women, 1971, Something I've Been Meaning to Tell You, 1974, Who Do You Think You Are?: Stories, 1978, The Moons of Jupiter: Stories, 1982, The Progress of Love, 1986, Friend of My Youth: Stories, 1990, Open Secrets: Stories, 1994, The Love of a Good Woman: Stories, 1998, Queenie: a Story, 1999, Hateship, Friendship, Courtship, Loveship, Marriage, 2001, Runaway, 2004, The View from Castle Rock, 2006, Away from Her, 2007, Too Much, Happiness, 2009, dan Dear Life, 2012.

Selain buku Munro juga menghasilkan karya yang berupa cerpen antara lain sebagai berikut :  Selected Stories, 1996, No Love Lost, 2003, Vintage Munro, 2004, Carried Away: A Selection of Stories, 2006, Alice Munro's Best: Selected Stories, 2008, New Selected Stories, 2011

Pada tahun 2013, Munro memenangkan Penghargaan Nobel Sastra. Kemenangan Munro dinilai cukup unik karena untuk pertama kalinya seorang penulis cerpen memenangkan penghargaan ini. Alice Munro menjadi wanita Kanada pertama yang meraih Nobel bidang Sastra serta menjadi wanita ke-13 dari seluruh dunia. Peraih Nobel Sastra wanita sebelumnya adalah novelis Rumania Hertha Muller (2009). Dalam cerpen-cerpennya, penulis asal Kanada, Alice Munro bercerita tentang kelemahan-kelemahan manusia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:05 PM

6 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....