Home » » Mengeksplorasi Isi Teks “Untung Rugi Perdagangan Bebas”

Mengeksplorasi Isi Teks “Untung Rugi Perdagangan Bebas”

Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru. . Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, mendorong peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan laboratorium.

Kegiatan eksplorasi teks eksposisi "Untung Rugi Perdagangan Bebas" siswa akan belajar memberikan pendapat disertai dengan argumentasi yang meyakinkan. Pada kegiatan eksplorasi tersebut siswa menentukan eksposisi dari dua sisi yaitu sisi yang setuju dan sisi yang tidak setuju dengan perdagangan bebas. Argumentasi merupakan suatu pernyataan yang didukung oleh bukti-bukti yang dapat mengubah atau mempengaruhi pikiran orang lain. Argumen juga dapat diartikan sebagai proses untuk memperkuat suatu klaim melalui analisis berpikir kritis berdasarkan dukungan dengan bukti-bukti dan alasan yang logis.

Untuk mengeksplorasi lebih jauh teks “Untung Rugi Perdagangan Bebas” tersebut, dapat dilakukan dengan kelompok yang setuju dengan perdagangan bebas dan kelompok yang yang tidak setuju dengan perdagangan bebas. Identifikasilah kecenderungan yang mendukung sisi ekonom, politisi, dan buruh/pekerja.

A. Ekonom :
  1. Kelompok yang setuju: Perdagangan bebas menimbulkan dampak positif, karena dapat meningkatkan standar hidup melalui teori keuntungan komparatif dan ekonomi skala besar. Perdagangan bebas dianggap mendorong negara-negara untuk bergantung satu sama lain, yang berarti memperkecil kemungkinan perang. Dan dari sisi konsumen, dapat dengan mudah mendapat barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
  2. Kelompok yang tidak setuju: Perdagangan bebas sangat merugikan karena dapat mengancam petumbuhan industri dalam negeri dikarenakan banyak orang lebih memilih mengimpor barang dari luar negeri dibandingkan membeli barang dalam negeri. Dan ini dapat menyebabkan para pedagang lokal tidak mampu bersaing dan gulung tikar. Serta, dapat membuat negara tidak mandiri karena terus bergantung kepada negara maju.

B. Politisi :
  1. Kelompok yang setuju: Perdagangan bebas mampu menjalin persahabatan antar negara dan kita dapat bertukar informasi, baik teknologi serta budaya. Kerjasama pada bidang ekspor dan impor membuat kerjasama meningkat menjadi kerja sama politisi untuk peningkatan kesejahteraan negara perdagangan bebas dapat memunculkan kreatifitas bagi para politisi negara agar tetap dapat bersaing di pasar internasional.
  2. Kelompok yang tidak setuju : Dilihat dari skala politik antidumping di Indonesia sangat lemah sehingga kinerja impor meningkat dan kinerja ekspor menurun. Indonesia tidak dapat diharapkan memperoleh untung dari perdagangan bebas.

C. Buruh / Pekerja :
  1. Kelompok yang setuju: Perdagangan bebas sangat menguntungkan bagi para buruh / pekerja dikarenakan lapangan pekerjaan yang semakin luas sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia.
  2. Kelompok yang tidak setuju: Dari segi buruh / pekerja banyak tenga kerja di Indonesia nantinya tidak terserap. Keterampilan buruh Indonesia umumnya masih kalah dari buruh negara maju. Termasuk tenaga kerja profesional seperti manajer, dokter, dosen, akan menghadapi persaingan dengan tenaga sejenis dari luar negeri.

Berdasarkan dua kelompok argumentasi itu, buatlah dua teks eksposisi. Kelompok yang pertama condong ke sisi setuju dan kelompok kedua condong ke sisi tidak setuju. Ingat bahwa diterima atau tidaknya pendapat setiap kelompok bergantung pada kuat atau tidaknya argumentasi yang disampaikan. Ikutilah formulasi berikut ini!

Untuk Kelompok yang setuju:
StrukturKalimat
Pernyataan pendapat (tesis)Menurut prinsip demokrasi, perdagangan bebas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dunia, perdagangan bebas sangat menguntungkan dari berbagai aspek.
ArgumentasiDari segi ekonomi, perdagangan bebas menimbulkan dampak positif, karena dapat meningkatkan standar hidup melalui teori keuntungan komparatif dan ekonomi skala besar. Perdagangan bebas dianggap mendorong negara-negara untuk bergantung satu sama lain, yang berarti memperkecil kemungkinan perang. Dan dari sisi konsumen, dapat dengan mudah mendapat barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dari segi politik, dengan adanya perdagangan bebas akan terjalin suatu hubungan internasional yang semakin terbuka antar Negara. Kemudian produk -produk dalam negeri dapat dengan memudah meraih popularitas di luar negeri. Dapat pula meningkatkan reputasi Negara ketika suatu Negara dapat berprestasi menciptakan produk yang bermanfaat dan diminati oleh konsumen internasional.

Dari segi tenaga kerja,  perdagangan bebas sangat menguntungkan bagi para buruh/pekerja dikarenakan lapangan pekerjaan yang semakin luas sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia.
Penegasan Ulang PendapatJelaslah bahwa perdagangan bebas dapat menguntungkan dari berbagai aspek yaitu dari aspek ekonomi, politik, buruh/pekerja. Perdagangan bebas juga menguntungkan pada setiap negara. Suatu negara dengan negara lain dapat bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan tanpa adanya suatu hambatan.

Untuk Kelompok yang tidak setuju:
StrukturKalimat
Pernyataan pendapat (tesis)Untuk mendorong pertumbuhan produksi dalam negeri, perdagangan bebas tidak perlu dilaksanakan. Perdagangan bebas sangat merugikan dari berbagai aspek.
ArgumentasiDari segi ekonomi, perdagangan bebas sangat merugikan karena dapat mengancam petumbuhan industri dalam negeri dikarenakan banyak orang lebih memilih mengimpor barang dari luar negeri dibandingkan membeli barang dalam negeri. Dan ini dapat menyebabkan para pedagang lokal tidak mampu bersaing dan gulung tikar. Serta, dapat membuat negara tidak mandiri karena terus bergantung kepada negara maju.

Dari segi politik,  antidumping di Indonesia sangat lemah sehingga kinerja impor meningkat dan kinerja ekspor menurun. Indonesia tidak dapat diharapkan memperoleh untung dari perdagangan bebas. Perdagangan bebas mengakibatkan membanjirnya barang asing dalam negeri dan mematikan produksi dalam negeri.

Dari segi tenaga kerja, dengan adanya perdagangan bebas banyak tenga kerja di Indonesia nantinya tidak terserap. Keterampilan buruh Indonesia umumnya masih kalah dari buruh negara maju. Termasuk tenaga kerja profesional seperti manajer, dokter, dosen, akan menghadapi persaingan dengan tenaga sejenis dari luar negeri. 
Penegasan ulang pendapatJelaslah bahwa perdagangan bebas sangat merugikan dari berbagai aspek yaitu dari aspek ekonomi, politik, buruh/pekerja. Perdagangan bebas mengancam pertumbuhan ekonomi negara tidak biasa mandiri karena selalu bergantung kepada negara lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....