Home » » Membuat Pendapat Pribadi tentang Ekonomi dan Politik

Membuat Pendapat Pribadi tentang Ekonomi dan Politik

Setelah mempelajari tentang teks eksposisi yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi dan politik, selanjutnya adalah membuat teks eksposisi yang berhubungan ekonomi dan politik dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan orang dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka memenuhi kebutukan hidup. Memenuhi kebutuhan hidup dilakukan oleh semua orang dengan cara yang berbeda-beda. Sedangkan kegiatan politik adalah suatu teknik dan teori untuk mempengaruhi orang sipil atau individu. Pada tulisan ini lebih ditekankan pada kegiatan ekonomi saja.

Dalam membuat teks eksposisi tersebut dapat mendasarkan diri pada kenyataan yang ada di sekitar tempat tinggal. Biasanya sesuatu yang disaksikan atau dialami sendiri akan lebih mudah untuk ungkapkan daripada sesuatu yang jauh dari kehidupan. Misalnya, dapat membuat teks eksposisi tentang pentingnya pendirian koperasi sekolah atau perlunya pengaturan ekonomi keluarga, atau juga dapat mengungkapkan pendapat tentang manfaat menabung untuk menyongsong masa depan. Berikut ini contoh teks eksposisi tentang kegiatan ekonomi.

Pentingnya Pendirian Koperasi Sekolah
StrukturKalimat
Pernyataan pendapat (tesis)Koperasi adalah koperasi yang anggotanya para siswa/murid dari suatu sekolah yang berfungsi sebagai wadah untuk mendidik tumbuhnya kesadaran berkoperasi di kalangan siswa. Tujuan didirikannya koperasi sekolah adalah untuk mendidik, menanamkan, dan memelihara suatu kesadaran hidup bergotong-royong dan setia kawan serta jiwa demokratis di antara para siswa. Koperasi sekolah yang didirikan pada sebuah sekolah memiliki banyak manfaat baik untuk siswa maupun untuk sekolah tersebut.
ArgumentasiKeberadaan sebuah koperasi di sekolah dapat digunakan sebagai ajang bagi siswa untuk belajar berorganisasi, belajar mengelola unit usaha, dan belajar mandiri. Kegiatan koperasi sekolah merupakan bentuk pendidikan yang lengkap karena selain teori yang didapatkan di kelas, siswa dapat langsung melakukan praktik di dunia nyata melaui koperasi sekolah.

Koperasi sekolah dapat membentuk sikap mental seperti berdisiplin dan jujur di kalangan siswa, baik sebagai pengurus maupun sebagai anggota koperasi. Kejujuran dan disiplin harus menjadi landasan yang kokoh bagi setiap gerak langkah pengembangan koperasi sekolah. Tanpa dua hal itu, koperasi tidak akan pernah tumbuh dan berkembang secara maksimal. Siswa yang memperoleh amanat menjadi pengurus mau tidak mau harus bersikap jujur dan memiliki semangat disiplin yang tinggi. Pada tataran lain, koperasi nampaknya dapat melatih dan mengembangkan jiwa.

Melatih dan menembuskan jiwa wirausaha di kalangan siswa. Koperasi sekolah telah berkembang baik, dapat menumbuhkan jiwa menabung dan hemat di kalangan siswa. Di sekolah yang koperasinya sudah bagus, siswa tidak perlu lagi membeli perlengkapan sekolah di toko-toko besar. Koperasi sekolah diharapkan menjadi sarana bagi pelajar untuk belajar melakukan usaha kecil-kecilan, mendorong kebiasaan untuk berinovasi, belajar menyelesaikan masalah, dan tentunya melatih jiwa kewirausahaan siswa.

Melalui kegiatan berkoperasi siswa dapat mengenal lebih dekat dengan guru terutama guru yang berhubungan langsung dengan koperasi. Melalui kegiatan koperasi sekolah berkomunikasi antara guru dan siswa akan terjalin yang pada akhirnya akan dapat untuk membimbing, mengarahkan, memperhatikan, bersahabat dan mampu memberikan solusi ketika mereka dalam kesulitan, baik didalam kelas maupun diluar kelas.

Koperasi sekolah selain bermanfaat bagi siswa juga bermanfaat bagi sekolah. Koperasi sekolah adalah salah satu alat kelengkapan organisasi sekolah yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekolah. Koperasi sekolah juga sebagai laboratorium untuk menghasilkan lulusan yang memiliki life skill (keterampilan hidup) yang sangat berguna untuk bekal terjun ke masyarakat.

Selain itu, dengan adanya koperasi sekolah pengawasan yang dilakukan sekolah terhadap kebersihan dan kesehatan makanan untuk para siswa dapat dilakukan dengan baik. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan para siswa di sekolah karena biasanya semua makanan yang masuk di koperasi sekolah akan diperiksa dengan baik mengenai kualitas produknya.
Penegasan ulang pendapatJadi koperasi sekolah sangat sangat bermanfaat bagi siswa dan bagi sekolah. Bagi sekolah koperasi berfungsi sebagai wadah untuk mendidik tumbuhnya kesadaran berkoperasi di kalangan siswa. Sedangkan bagi siswa koperasi sekolah adalah untuk mendidik, menanamkan, dan memelihara suatu kesadaran hidup bergotong-royong dan setia kawan serta jiwa demokratis di antara para siswa. 

Pentingnya Pengaturan Ekonomi Keluarga
StrukturKalimat
Pernyataan pendapat (tesis)Pengaturan keuangan keluarga menjadi suatu yang sangat penting dalam kehidupan berkeluarga. Jika Anda tidak pintar-pintar dalam mengatur keuangan keluarga / mengatur keuangan rumah tangga Anda, akan banyak permasalahan yang muncul. Penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatur keuangan keluarga, sehingga kita dapat memaksimalkan pendapatan yang ada untuk kebutuhan hidup sehari-hari, maupun untuk masa depan kita.
ArgumentasiSatu hal yang sangat penting pada saat kita mengatur keuangan keluarga kita adalah dengan mencatat segala macam bentuk pemasukan dan pengeluaran. Setelah anda catat, Anda akan mengetahui apakah per bulannya masih ada sisa tabungan atau tidak. Pengeluaran dalam bentuk hutang pun jangan lupa untuk dicatat, sebab itu semua mengurangi pendapatan Anda. Jika memang tidak ada sisa tabungan, maka berusahalah untuk mengurangi bagian-bagian yang kira-kira bisa Anda tekan. Misalnya mengurangi kurangi makan di luar..

Setelah Anda memiliki gambaran kondisi keuangan Anda, selanjutnya yang harus dilakukan adalah membagi pendapatan anda menjadi pos-pos. Sebagai contoh maksimal 50% pendapatan utk pengeluaran sehari-hari, 10% untuk kesenangan, 10% untuk pendidikan. Dengan melakukan hal ini Anda akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan keluarga Anda dan jika pos untuk bulan itu sudah hampir habis maka Anda pun secara otomatis tidak akan terlalu boros untuk pos tersebut.

Selanjutnya, rencanakan masa depan keluarga dengan baik. Ada baiknya anda mengikuti asuransi pendidikan untuk anak, asuransi kecelakaan, atau jika bukan asuransi buatlah semacam tabungan rutin yang tidak bisa diutak atik. Sehingga nantinya jika anak Anda akan kuliah Anda sudah mempunyai persiapan uang untuk hal tersebut. Begitu juga jika keluarga Anda tertimpa musibah dan mengalami kecelakaan, maka ada asuransi yang bisa mengganti biaya pengobatan.

Beriktnya adalah menentukan tujuan akhir dari keuangan Anda, sehingga Anda akan semakin termotivasi untuk menyisihkan uang Anda dan tidak melakukan pemborosan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Jika Anda merasa pemasukan keluarga habis tiap bulan dan tidak ada tabungan sama sekali maka ada dua hal yang harus Anda lakukan. Pertama turunkan gaya hidup Anda, karena biasa gaya hidup ini yang membuat pengeluaran kita semakin membengkak. Jika Anda merasa gaya hidup Anda sudah low profile, berarti ada hal kedua yang harus anda lakukan. Anda harus mencari penghasilan yang baru. Ini bisa dilakukan dengan pindah tempat kerja, ataupun Anda bisa mencari peluang usaha tambahan yang bisa menopang kehidupan keluarga Anda.

Terakhir, dari semua penjelasan di atas, satu yang paling penting adalah anda mempraktekkan hal ini dan lakukanlah secara disiplin dan rutin. Dengan mengatur keuangan keluarga Anda secara baik, membuat hidup keluarga Anda lebih bahagia.
Penegasan ulang pendapatJadi dalam pengaturan keuangan keluarga Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan keluarga. Penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatur keuangan keluarga, sehingga kita dapat memaksimalkan pendapatan yang ada untuk kebutuhan hidup sehari-hari, maupun untuk masa depan kita. Satu yang paling penting adalah anda pengaturan keuangan keluarga dilakukan secara disiplin dan rutin
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....