Home » » Berpidato dalam Bentuk Eksposisi

Berpidato dalam Bentuk Eksposisi

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato juga dapat diartikan sebagai ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Setiap orang yang berpidato pasti berusaha dan berharap agar pidato yang disampaikan dinilai oleh pendengarnya sebagai pidato yang baik.

Pidato yang baik antara lain ditandai isi pidato yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai serta kegiatan yang sedang berlangsung, Kandungan isi pidato yang baik bersifat menggugah dan memiliki manfaat bagi pendengar, Gagasan pidato dikemas secara jelas, benar, dan objektif dan bahasa yang digunakan mudah dipahami, Pidato disampaikan secara santun, etis, rendah hati, dan komunikatif. Seseorang yang pandai berpidato di depan umum akan dapat mengajak massa dan menawarkan ide-idenya agar dapat diterima orang lain.

Teks eksposisi adalah suatu teks yang menginformasikan/menjelaskan sesuatu kepada pembaca. Tujuan dari teks eksposisi yaitu untuk memaparkan atau menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah. Eksposisi dan pidato memiliki kesamaan dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain. Teks eksposisi digunakan untuk mengungkapkan pendapat kepada orang lain, danorang lain diminta untuk menerima pendapat yang disampaikan. Untuk itu, argumentasi yang diberikan harus betul-betul kuat.

Sajikanlah di depan kelas salah satu teks eksposisi yang terdiri dari pendapat dengan sisi setuju atau tidak setuju dengan perdagangan bebas dalam bentuk kegiatan berpidato resmi. Gunakanlah gaya berpidato seperti gaya Bung Karno, Bung Tomo, atau gaya tokoh pendiri kebangsaan Indonesia lain yang kalian kagumi
pidato
Untuk Kelompok yang setuju:

Asalamualaikum Wr.Wb.

Saudara-saudara sekalian,
Menurut prinsip demokrasi, perdagangan bebas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dunia, perdagangan bebas sangat menguntungkan dari berbagai aspek. Mengapa demikian ?

Dari segi ekonomi, perdagangan bebas menimbulkan dampak positif, karena dapat meningkatkan standar hidup melalui teori keuntungan komparatif dan ekonomi skala besar. Perdagangan bebas dianggap mendorong negara-negara untuk bergantung satu sama lain, yang berarti memperkecil kemungkinan perang. Dan dari sisi konsumen, dapat dengan mudah mendapat barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dari segi politik, dengan adanya perdagangan bebas akan terjalin suatu hubungan internasional yang semakin terbuka antar Negara. Kemudian produk -produk dalam negeri dapat dengan memudah meraih popularitas di luar negeri. Dapat pula meningkatkan reputasi Negara ketika suatu Negara dapat berprestasi menciptakan produk yang bermanfaat dan diminati oleh konsumen internasional.

Dari segi tenaga kerja, perdagangan bebas sangat menguntungkan bagi para buruh/pekerja dikarenakan lapangan pekerjaan yang semakin luas sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia.

Jelaslah bahwa perdagangan bebas dapat menguntungkan dari berbagai aspek yaitu dari aspek ekonomi, politik, buruh/pekerja. Perdagangan bebas juga menguntungkan pada setiap negara. Suatu negara dengan negara lain dapat bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan tanpa adanya suatu hambatan.

Hadirin yang sekalian,
Akhir kata, kalau ada piring yang pecah jangan disimpan di dalam peti, kalau ada kata-kata yang salah, jangan disimpan di dalam hati. Burung irian burung cenderawasih, cukup sekian dan terima kasih. Wasalamualaikum Wr.Wb.

Untuk Kelompok yang tidak setuju:

Asalamualaikum Wr.Wb.

Saudara-saudara sekalian,
Untuk mendorong pertumbuhan produksi dalam negeri, perdagangan bebas tidak perlu dilaksanakan. Perdagangan bebas sangat merugikan dari berbagai aspek.

Dari segi ekonomi, perdagangan bebas sangat merugikan karena dapat mengancam petumbuhan industri dalam negeri dikarenakan banyak orang lebih memilih mengimpor barang dari luar negeri dibandingkan membeli barang dalam negeri. Dan ini dapat menyebabkan para pedagang lokal tidak mampu bersaing dan gulung tikar. Serta, dapat membuat negara tidak mandiri karena terus bergantung kepada negara maju.

Dari segi politik,  antidumping di Indonesia sangat lemah sehingga kinerja impor meningkat dan kinerja ekspor menurun. Indonesia tidak dapat diharapkan memperoleh untung dari perdagangan bebas. Perdagangan bebas mengakibatkan membanjirnya barang asing dalam negeri dan mematikan produksi dalam negeri.

Dari segi tenaga kerja, dengan adanya perdagangan bebas banyak tenga kerja di Indonesia nantinya tidak terserap. Keterampilan buruh Indonesia umumnya masih kalah dari buruh negara maju. Termasuk tenaga kerja profesional seperti manajer, dokter, dosen, akan menghadapi persaingan dengan tenaga sejenis dari luar negeri.

Jelaslah bahwa perdagangan bebas sangat merugikan dari berbagai aspek yaitu dari aspek ekonomi, politik, buruh/pekerja. Perdagangan bebas mengancam pertumbuhan ekonomi negara tidak biasa mandiri karena selalu bergantung kepada negara lain.

Hadirin yang sekalian,
Akhir kata, kalau ada piring yang pecah jangan disimpan di dalam peti, kalau ada kata-kata yang salah, jangan disimpan di dalam hati. Burung irian burung cenderawasih, cukup sekian dan terima kasih. Wasalamualaikum Wr.Wb.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....