Home » » Unsur Kebahasaan Teks Ulasan Sang Pemimpi

Unsur Kebahasaan Teks Ulasan Sang Pemimpi

Teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya baik berupa film, buku, benda dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai. Struktur Generik teks ulasan antara lain adalah sebagai berikut : Gambaran umum, Evaluasi, Interpretasi, dan Simpulan. Salah satu contoh teks ulasan diantaranya adalah teks ulasan novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan. Teks ulasan mempunyai ciri-ciri kebahasaan yang khas. Ciri-ciri kebahasaan itu, antara lain, menggunakan kata sifat sikap, metafora, merujuk pada partisipan tertentu, dan kalimat-kalimatnya cenderung panjang (menggunakan kalimat kompleks). Berikut ini struktur teks ulasan Laskar Pelangi.

Struktur TeksKalimat
OrientasiSang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini menceritakan kisah kehidupannya di Pulau Belitong yang dililit kemiskinan. Ada tiga remaja SMA yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah hingga ke Prancis menjelajah Eropa hingga ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi-pemimpi itu.
TafsiranPada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Dia seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Namun, berbeda dengan sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak Belialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron. “Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang eksotis. Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis. Langkahkan kakimu di atas altar suci almamater terhebat tiada tara: Sorbonne. Ikuti jeja-kjejak Satre, Louis Pasteur, Montesquieu, Voltaire. Di sanalah orang belajar science, sastra, dan seni hingga mengubah peradaban…”, itulah kata-kata yang sering diucapkan Pak Balia.
laskar pelangi
Pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Meskipun demikian, pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.
EvaluasiNovel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.

Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.
RangkumanDengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya sekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.

1. Kata Sifat Sikap dalam Teks Ulasan Sang Pemimpi
Kata sifat sikap  adalah kata yang berfungsi untuk mendeskripsikan pelaku dalam penampilan fisik atau kepribadiannya. Untuk memahami unsur kebahasaan “kata sifat sikap” yang ada di dalam teks tersebut, dapat diklasifikasi kata-kata itu, kemudian cari maknanya di dalam kamus.
Kata Sifat SikapMakna
LembutLunak dan halus (tidak keras); lemas (tidak kaku); lemah (mudah dilentuk):
NakalSuka berbuat kurang baik (tidak menurut, mengganggu, dsb, terutama bagi anak-anak):
AntagonisOrang yg suka menentang (melawan dsb)
EksotisMemiliki daya tarik khas karen belum banyak dikenal umum
PemimpiOrang yang suka bermimpi meskipun tidak tidur
CantikIndah dalam bentuk dan buatannya:
BenciSangat tidak suka
BahagiaKeadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dara segala yang menyusahkan)
CerdasSempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dsb); tajam pikiran:
MiskinTidak berharta; serba kekurangan (berpenghasilan sangat rendah)

2. Kata Benda dan Kata Kerja dalam Teks Ulasan Sang Pemimpi
Kata benda adalah kata yang mengacu pada manusia, binatang, benda, dan konsep atau pengertian. Dengan demikian, kata seperti guru, kucing, meja, dan kebangsaan adalah kata benda. Ciri yang lain adalah kata benda tidak dapat diingkarkan dengan kata tidak. Kata guru, kucing, meja, dan kebangsaan, tidak bisa dikatakan dengan tidak guru, tidak kucing, tidak meja, dan tidak kebangsaan.
Kata BendaMakna
NovelKarangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dng orang di sekelilingnya dng menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku;
KemiskinanHal miskin; keadaan miskin
SekolahBangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran (menurut tingkatannya, ada) 
TokohRupa (wujud dan keadaan); macam atau jenis
Kepala SekolahOrang (guru) yang memimpin suatu sekolah; guru kepala; 
GuruOrang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar
KisahCerita tentang kejadian (riwayat dsb) dalam kehidupan seseorang dsb; kejadian (riwayat dsb);
BukuLembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong; kitab;
MozaikSeni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat;
KebahagiaanKeadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dara segala yang menyusahkan)

Kata kerja adalah kata yang mengandung makna perbuatan (aksi), proses, atau keadaan yang bukan sifat. Pada umumnya kata kerja tidak dapat bergabung dengan kata-kata yang menyatakan kesangatan. Dengan demikian, tidak ada kata sangat pergi, agak belajar.
Kata KerjaMakna
BermimpiMelihat (mengalami) sesuatu dalam mimpi
MelanjutkanMeneruskan (tentang perkataan, perundingan, cerita, dsb); menyambung
MenjelajahBepergian ke mana-mana untuk menyelidiki dsb
MenceritakanMenuturkan cerita (kepada)
MemberikanMenyerahkan sesuatu kepada
MembuatMenciptakan (menjadikan, menghasilkan)
MenyebutkanMenyebut;
MengesampingkanMenyampingkan
MengajarkanMemberikan pelajaran kepada
MengolahBerolah

3. Metafora dalam Teks Sang Pemimpi
Salah satu ciri teks ulasan adalah adanya kata metafora dalam teks tersebut. Metafora adalah pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan, misalnya, tulang punggung dalam kalimat pemuda adalah tulang punggung negara. Carilah metafora beserta maknanya yang ada di dalam teks ulasan Sang Pemimpi.
MetaforaMakna
cermin guru teladanContoh guru yang teladan (baik)
memberikan mimpi-mimpiMemberikan harapan yang indah
hubungan darahHubungan keluarga
hati yang lembutBaik hati
mengiriskan hatiMembuat hati menjadi sakit
menyihir pembacaMembuat pembaca ikut merasakan apa yang terjadi dalam novel
mendahului nasibMenentukan sesuatu yang belum terjadi
bahasa yang cantikBahasa yang indah
altar suci almamaterTempat menempuh pendidikan
berliannya budaya Inti keindahan budaya

4. Kalimat dalam Teks Sang Pemimpi
Di dalam teks ulasan ditandai dengan adanya kalimat kompleks (kalimat majemuk), baik kalimat majemuk setara maupun kalimat majemuk bertingkat. Contoh kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ulasan Sang Pemimpi adalah sebagai berikut.
Kalimat Majemuk Setara
  • Ia juga memiliki hati yang lembut, suka menolong tanpa banyak bicara, sering memberi kejutan, idenya selalu nyeleneh.
  • Dia memiliki otak yang cerdas dan selalu ingin tahu.
  • Dia ditertawakan oleh abang-abangnya, tetapi Arai tetap membelanya.

Kalimat Majemuk Bertingkat
  • Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal.
  • Di sanalah orang belajar science, sastra, dan seni hingga mengubah peradaban.
  • Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.

5. Kata Rujukan
Teks ulasan ditandai dengan adanya kata rujukan yang merujuk pada partisipan tertentu. Hal itu dapat kamu simak dalam contoh berikut.
  • Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Dia seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Berdasarkan contoh tersebut dapat diketahui bahwa mereka merujuk pada Ikal, Arai, dan Jimbron. Sementara itu, dia merujuk pada Pak Mustar.
  • Namun, berbeda dengan sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak Belialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama kepada Ikal, Arai, dan Jimbron. Pada contoh tersebut dapat diketahui bahwa kata Ia dan -nya merujuk pada Pak Belia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:46 PM

8 komentar:

  1. wah,ini mirip banget sm di buku paket aku.
    aku jd gampang nyari nya.
    bermanfaat bgt,thanks yaa😉

    ReplyDelete
  2. gan ini perasaan struktur sang pemimpi

    ReplyDelete
  3. Mkasih gan ... kunbal di
    rizkymasihnewbie.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Ijin share ke log ane ya vrooh !?

    ReplyDelete
  5. mksh.. cuma satu.. kalimat majemuk setara dan bertingkatnya di kasih SPOK nya.. itu ajh.. trm ksh

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....