Home » » Pembelajaran Aktivitas Gerak Berirama

Pembelajaran Aktivitas Gerak Berirama

Senam adalah gerak badan dengan gerakan tertentu. Irama adalah sesuatu yang ajeg dan enak didengar. Irama yang sudah kita kenal, misalnya 4/4, ¾, dan 2/4. Senam irama (aktivitas gerak berirama) adalah adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Pada dasarnya senam ritmik merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan serta untuk membina dan meningkatkan seni gerak.

Terdapat beberapa aliran dalam senam irama. Senam irama yang berasal dari seni sandiwara, dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 – 1871, seorang sutradara. Dialah yang pertama-tama menciptakan sistem senam irama. Senam irama yang berasal dari seni musik dipelopori oleh Jacques Dalcroze. Dalam sistemnya sudah tentu lebih mementingkan musik daripada gerakan. Senam irama yang berasal dari seni tari, dipelopori oleh Rudolf Laban tahun 1879 – 1958. Ia berpendapat bahwa senam irama mengandung : Dressur.

Prinsip gerakan dalam senam irama ditentukan oleh: (1) Irama 2) Kelentukan tubuh dalam gerakan (fleksibilitas) (3) Kontinuitas gerakan, karena sifat tekanan seperti hal-hal tersebut di atas itu lebih banyak dimiliki oleh putri, maka senam irama umumnya dilakukan oleh putri. Kelenturan tubuh dalam gerakan (fleksibilitas). Prinsip kelenturan dalam gerakan akan diperoleh berkat latihan yang tekun dan akan makan waktu yang cukup lama. Kontinuitas gerakan akan diperoleh dari rangkaian gerak-gerak senam yang telah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan. Berikut macammaam materi yang dipelajari pada aktivitas gerak berirama : langkah, ayunan lengan dan sikap tubuh/posisi tubuh di dalam melakukan pembelajaran

A. Prinsip Dasar Langkah Kaki
Dalam senam irama dikenal beberapa gerakan langkah kaki. Langkah-langkah kaki dalam senam irama antara ;ain langkah biasa (looppas), langkah rapat (by trekpas), dan langkah Keseimbangan (balanspas). Berikut ini beberapa prinsip dasar langkah kaki senam irama.

1. Aktivitas langkah biasa (Looppas)
Langkah biasa atau loopass dalam senam irama merupakan gerakan langkah seperti orang ketika berjalan. Langkah biasa dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan: berdiri posisi tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan/ tolak pinggang pandangan ke depan,
  • Gerakan : langkahkan kaki kanan ke depan mendarat diawali dengan tumit menyentuh, lantai di depan kaki kiri. Setelah kaki kanan selesai melakukan gerakan kaki kiri melangkah seperti kaki kanan, setiap gerakan diikuti gerak lutut mengeper,
  • Akhir gerakan : berdiri sikap tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan.

2. Aktivitas langkah kaki rapat
Langkah kaki rapat merupakan salah satu gerakan dalam senam irama. Langkah kaki rapat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri sikap tegak, langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan/tolak pinggang, pandangan ke depan,
  • Gerakan : langkahkan kaki kiri ke depan, setelah kaki kiri mendarat, langkahkan kaki kanan ke depan di depan kaki kiri, langkahkan lagi kaki kiri ke depan merapat kaki kanan, setiap gerak diikuti gerak lutut mengeper,
  • Akhir gerakan : berdiri tegak, kedua kaki rapat, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan.
langkah rapat
3. Aktivitas langkah keseimbangan
Langkah keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan pusat gravitasi pada bidang tumpu terutama ketika saat posisi tegak. Gerakan langkah keseimbangan dapat dilakukan dengan cara berikut;
  • Persiapan : berdiri dengan sikap tegak, kemudian langkahkan kaki kiri.
  • Gerakan : pada hitungan ke-1, langkahkan kaki kiri ke depan. Pada hitungan ke-2 langkahkan kaki kanan ke samping kaki kiri. Sebelum tumit kaki kanan turun, kaki kiri mundur diikuti kaki kanan dan dirapatkan. Setiap gerakan disertai gerakan lutut mengeper, gunakan irama ¾ atau 4/4.
  • Fokus perhatian pada gerak ayun lengan dan kaki.

B. Prinsip Dasar Ayunan Lengan
Selain gerakan langkah kaki, dalam senam irama juga dikenal beberapa dasar ayunan lengan. Gerakan dasar ayunan tangan dalam senam irama diantaranya adalah ayunan satu lengan depan belakang, ayunan satu lengan ke depan dan ke samping, danayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan. Berikut ini beberapa contoh dasar ayunan tangan.

1. Aktivitas ayunan satu lengan depan belakang.
Ayunan satu lengan depan dan belakang merupakan gerakan mengayunkan lengan secara bergantian dan diikuti dengan langkah kaki. Gerakan ayunan satu lengan dilakukan sebagai berikut;
  • Persiapan : berdiri tegak, kemudian ke kiri, kedua lengan lurus ke depan.
  • Gerakan : Pada hitungan ke-1, ayunkan lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper. Pada hitungan ke-2, ayunkan kembali lengan kiri ke depan diikuti lutut mengeper. Pada hitungan ke-3 dan ke-4, lengan kanan berganti melakukan gerakan yang dilakukan lengan kiri pada hitungan satu dan dua. Lakukan latihan tersebut 6×4 hitungan dengan irama 4/4.
  • Fokus perhatian pada gerak ayun lengan dan kaki.
2. Aktivitas ayunan satu lengan dari depan ke samping :
Ayunan lengan dari depan ke samping merupakan gerakan mengayun lengan yang berada di depan badan ke arah samping badan. Pelaksanaan gerakan ini sebagai berikut;
  • Persiapan : Berdiri tegak langkah ke kiri, kedua lengan lurus ke depan.
  • Gerakan : Pada hitungan ke-1, ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper. Pada hitungan ke-2, ayunkan kembali lengan kiri ke depan diikuti kedua lutut mengeper. Pada hitungan ke-3 dan ke-4, lengan kanan berganti melakukan gerakan yang sama dengan tangan kiri seperti pada hitungan ke-1 dan ke-2. Lakukan latihan tersebut 6×4 hitungan dengan irama 4/4.
  • Fokus perhatian pada gerak ayun lengan dan kaki.

3. Aktivitas ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan:
Ayunan ini hampir sama dengan ayunan satu lengan ke samping, namun diikuti dengan perpindahan berat badan. Pelaksanaan gerakan ini sebagai berikut;
  • Persiapan : Badan tegak, ayunkan lengan ke samping kanan.
  • Gerakan : Pada hitungan ke-1, ayunkan lengan kiri ke kiri. Pada hitungan ke-2, ayunkan lengan kanan ke kiri bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper. Pada hitungan ke-3, ayunkan lengan kanan kembali ke kanan. Pada hitungan ke-4, ayunkan lengan kiri ke kanan bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kanan disertai kedua lutut mengeper. Lakukan gerakan ini 6×4 hitungan dengan irama 4/4.
  • Fokus perhatian pada gerak ayun lengan dan kaki.

C. Aktivitas Variasi dan Kombinasi Gerak Berirama
Variasi dan kombinasi adalah melakukan beberapa bentuk prinsip dasar dengan berbagai cara, seperti melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

1. Aktivitas langkah kaki ke depan dan belakang
Langkah kaki depan dan belakang dilakukan seperti gerakan melangkah maju dan melangkah mundur. Cara melakukan gerakan langkah kaki ke depan dan belakang antara lain sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,
  • Gerakan: hitungan 1 langkahkan kaki kiri ke depan, hitungan 2 , tarik kaki kanan dan dekatkan pada kaki kiri, hitungan 3, langkahkan kaki kanan ke belakang, hitungan 4, tarik kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan, hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4.

2. Aktivitas langkah kaki ke samping dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
Langkah kaki ke samping dilakukan dengan cara menggerakan kaki ke samping. Cara melakukan gerakan langkah kaki ke samping antara lain sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,
  • Gerakan: hitungan 1 langkahkan kaki kiri ke samping kiri, hitungan 2, tarik kaki ujung kanan dan dekatkan pada kaki kiri, hitungan 3, langkahkan kaki kanan kembali ke kanan, hitungan 4, tarik ujung kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan, hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4.

3. Aktivitas menjulurkan kaki ke depan dan belakang dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan :berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,
  • Gerakan :hitungan 1 kaki kanan tetap, kaki kiri julurkan ke depan, hitungan 2, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, Hitungan 3, julurkan kaki kiri ke belakang, hitungan 4, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, hitungan 5, julurkan kaki kiri ke samping kiri, hitungan 6, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, Hitungan 7, angkat kedua tumit dengan kaki rapat, hitungan 8, turunkan tumit kembali pada posisi awal, lakukan gerakan ini dengan kaki kanan dengan hitungan 1 - 8 .Gunakan maat 4/4.

4. Aktivitas mengayunkan kaki ke depan dan belakang
Gerakan mengayunkan kaki baik ke depan dan ke belakang secara bergantian. Gerakan ini dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,
  • Gerakan :hitungan 1, ayun kaki kiri ke belakang lurus, ujung kaki plat, hitungan 2 , turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan mengeper, hitungan 3, ayun kaki kanan ke belakang lurus, ujung kaki plat, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri mengeper, lakukan aktivitas gerak ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

5. Aktivitas mengayun kaki ke depan
Mengayun kaki ke depan merupakan gerak mengayunkan atau mengangkat kaki sampai pada posisi kaki lurus di depan tubuh. Gerakannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,
  • Gerakan: hitungan 1ayun kaki kiri ke depan lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, ayun kaki kanan ke depan lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 4, turunkan kembali kaki kananbersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

6. Aktivitas mengayun kaki ke samping
Gerakan mengayun kaki ke samping dilakukan dengan memindahkan kaki ke samping badan sampai kaki lurus. Gerakannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,
  • Gerakan: hitungan 1, ayun kaki kiri ke samping lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, ayun kaki kanan ke ke samping lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

7. Aktivitas mengangkat paha kiri ke atas
Gerakan mengangkat paha kiri dilakukan sampa paha membentuk sudut siku-siku. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,
  • Gerakan : hitungan 1angkat paha kiri ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90° ujung kaki lurus (plat) mengarah  ke bawah, hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, angkat paha kanan ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90° ujung kaki lurus (plat) mengarah ke bawah, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

8. Aktivitas memutar satu lengan
Gerakan ini dilakukan dengan memutar satu lengan yang lurus di depan dada. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke depan, pandangan ke depan,
  • Gerakan : hitungan 1-2 putar lengan kiri, melalui bawah ke kiri, lengan kanan tetap lurus ke depan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, hitungan 3-4, putar lengan kanan melalui bawah ke kanan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, berakhir kedua lengan terentang, hitungan 5-6, putar lengan kiri kembali ke depan, hitungan 7-8, putar lengan kanan kembali ke depan. Ulangi aktivitas ini 6 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4.

9. Aktivitas memutar satu lengan
Memutar satu lengan ini dilakukan dengan memutar salah satu lengan lurus ke atas. Gerakannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke atas, pandangan ke depan,
  • Gerakan : hitungan 1, putar lengan kiri, dari atas melalui samping, ke dalam dan kembali ke atas, hitungan 2, putar lengan kanan satu lingkaran dari atas melalui samping. Ulangi aktivitas ini 8 x 2 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4.

10. Aktivitas memutar satu lengan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke atas, pandangan ke depan,
  • Gerakan: hitungan 1 putar lengan kiri satu putaran, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas, hitungan 2, putar lengan kanan satu lingkaran melalui depan, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas. Ulangi aktivitas ini 8 x 2 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....