Home » » Menyusun Teks Prosedur yang Urut dan Logis

Menyusun Teks Prosedur yang Urut dan Logis

Ciri utama teks prosedur adalah memiliki cara atau langkah-langkah yang urutannya tidak dapat berubah. Jika urutan tersebut berubah maka hasil dari kegiatan yang dilakukan akan mengalami hambatan atau masalah. Untuk menghasilkan teks prosedur yang baik, struktur yang menjadi pembangun teks tersebut harus diketahui terlebih dahulu. Pada teks prosedur bagian awal teks berisi tujuan atau sasaran yang akan dicapai apabila melakukan suatu kegiatan. Pada bagian tengah teks terdapat uraian tentang alat atau bahan yang dibutuhkan jika ingin melakukan kegiatan. Sementara itu, pada bagian akhir teks terdapat cara yang harus dilakukan dalam kegiatan tersebut.

Perlu diketahui bahwa teks prosedur berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Terdapat banyak kegiatan yang harus dilakukan menurut prosedur. Jika prosedur itu tidak diikuti, tujuan yang diharapkan tidak tercapai.

Pada kegiatan menyusun teks prosedur yang urut dan logis biasanya disajikan kalimat yang diacak. Untuk dapat menyusun urutan teks prosedur tentunya harus mengelompokan kalimat-kalimat tersebut sesuai dengan struktur teks prosedur yaitu tujuan dan dan cara yang digunakan. Setelah kalimat-kalimat tersebut sesuai dengan struktur teks baru disusun menjadi teks prosedur. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun teks prosedur adalah kelogisan urutan teks. Urutan logis dalam kalimat berarti mengurutkan secara logis kalimat yang mengandung urutan kejadian atau proses.

Susunlah potongan-potongan teks di bawah ini sesuai dengan urutan sehingga menjadi teks prosedur yang urut dan logis. 

Cara Membuat Bunga Sedotan
  1. Alat-alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, antara lain sedotan plastik (aneka warna), gunting, cutter, lem, kawat, kertas krep, kertas pita, botol plastik berwarna/vas bekas, busa dan kunci bekas.
  2. Belah ujung sedotan menjadi empat bagian!
  3. Tempelkan bunga plastik ke tangkai yang telah dibuat!
  4. Potong sedotan dengan panjang sekitar 10 cm!
  5. Sisir sedotan menggunakan kunci bekas hingga membentuk lekukan seperti kelopak bunga!
  6. Rangkai tangkai bunga ke dalam botol plastik atau vas bekas yang telah diisi busa!
  7. Gunting tiap ujung sedotan yang telah dibelah berbentuk lancip menyerupai bentuk kelopak bunga!
  8. Bentuk kertas pita menyerupai daun, lalu tempel pada tangkai bunga!
  9. Beberapa sedotan yang telah dibentuk kemudian digabungkan menjadi satu sehingga berbentuk bunga yang sedang mekar.
  10. Ikatkan bunga pada kawat yang telah dibalut kertas krep!
  11. Sekarang bunga sedotan pun telah siap untuk dinikmati keindahannya. Kamu dapat memanfaatkan bunga sedotan sebagai hiasan di meja guru atau meja ruang tamu di rumahmu.
  12. Untuk membuat satu rangkaian bunga, kamu hanya memerlukan sedikit bahan dengan harga murah dan mudah ditemukan. Bagi yang penasaran ingin membuat kerajinan bunga dari sedotan, kami akan membantu kamu dengan beberapa langkah pembuatan bunga sedotan, seperti berikut.
  13. Pembuatan bunga sedotan ini pada umumnya dikerjakan di rumah atau tempat kursus kerajinan tangan. Pembuatan bunga sedotan dapat mengurangi sampah, menjaga lingkungan dari pencemaran, dan tentu saja mendatangkan penghasilan. Bunga yang menjadi contoh kerajinan tangan ini seperti mawar, tulip, anggrek, lili, dan bunga sakura.
Setelah kalimat tersebut disusun sesuai dengan struktur teks prosedur, maka menjadi seperti di bawah ini. 
Struktur TeksKalimat
TujuanPembuatan bunga sedotan ini pada umumnya dikerjakan di rumah atau tempat kursus kerajinan tangan. Pembuatan bunga sedotan dapat mengurangi sampah, menjaga lingkungan dari pencemaran, dan tentu saja mendatangkan penghasilan. Bunga yang menjadi contoh kerajinan tangan ini seperti mawar, tulip, anggrek, lili, dan bunga sakura.
Langkah-
Langkah
Untuk membuat satu rangkaian bunga, kamu hanya memerlukan sedikit bahan dengan harga urah dan mudah ditemukan. Bagi yang penasaran ingin membuat kerajinan bunga dari sedotan, kami akan membantu kamu dengan beberapa langkah pembuatan bunga sedotan, sebagai berikut.
bunga
Alat-alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu antara lain, sedotan plastik (aneka warna), gunting, cutter, lem, kawat, kertas krep, kertas pita, botol plastik berwarna/vas bekas, busa, dan kunci bekas.
  1. Potong sedotan dengan panjang sekitar 10 cm!
  2. Belah ujung sedotan menjadi empat bagian!
  3. Gunting tiap ujung sedotan yang telah dibelah berbentuk lancip menyerupai bentuk kelopak bunga!
  4. Sisir sedotan menggunakan kunci bekas hingga membentuk lekukan seperti kelopak bunga!
  5. Beberapa sedotan yang telah dibentuk kemudian digabungkan menjadi satu sehingga berbentuk bunga yang sedang mekar!
  6. Ikatkan bunga pada kawat yang teah dibalut ketas krep!
  7. Bentuk kertas pita menyerupai daun, lalu tempel pada tangkai bunga!
  8. Tempelkan bunga plastik ke tangkai yang telah dibuat!
  9. Rangkai tangkai bunga ke dalam botol plastik atau vas bekas yang telah diisi busa!
  10. Sekarang bunga sedotan pun telah siap untuk dinikmati keindahannya. Kamu dapat memanfaatkan bunga sedotan sebagai hiasan di meja guru atau ruang tamu di rumahmu. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:50 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....