Home » » Mengidentifikasi dan Menelaah Teks Diskusi

Mengidentifikasi dan Menelaah Teks Diskusi

Mengidentifikasi dan menelah teks diskusi merupakan bagian pelajaran bahasa Indonesia. Mengidentifikasi berasal dari kata identifikasi yang berarti tanda kenal diri, sehingga mengidentifikasi teks memiliki arti upaya menentukan atau menetapkan identitas suatu teks. Kemampuan mengidentifikasi teks adalah kemampuan menentukan suatu teks kedalam suatu kelompok dengan ciri atau tanda-tanda tertentu. Identifikasi teks diskusi dapat dilihat dari struktur teks, fungsi sosial teks, dan klasifikasi unsur kebahasaan.

Membaca telaah isi merupakan suatu aktivitas membaca untuk menangkap informasi penting dari suatu bacaan yang menarik perhatian pembaca, dengan melibatkan pemahaman, keterampilan menangkap ide bacaan serta ketelitian dalam membaca bahan bacaan. Artinya, membaca telaah isi adalah membaca yang dilakukan untuk menelaah isi bacaan. Dengan kata lain, menelaah adalah mengamati perbagian isi bacaan. Tujuan dari membaca telaah bahasa adalah sebagai berikut: (1) bertambahnya kosakata yang dimiliki siswa dan (2) bertambahnya pengetahuan tata bentukan kata, tata kalimat, tata tulis, dan semantik siswa.

Identifikasi Teks Diskusi
1. Struktur Teks
Struktur TeksKalimat
IsuInternet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
Argumen
Mendukung
Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
manfaat internet
Argumen
Menolak
Banyak manfaat positif yang dapat diperoleh siswa dari internet jika digunakan secara bijak. Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet.

Berikut ini beberapa pengaruh negatif dari internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kecanduan permainan online yang melanda siswa juga merupakan pengaruh negatif internet. Kecanduan dan ketergantungan dapat membuat siswa kehabisan waktu dan energi untuk bermain. Akibatnya, prestasi siswa pun menurun.

Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak ketika mereka sedang mengakses internet. Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah mengakses situs yang tepat. Jangan sampai anak asyik bermain internet, sedangkan orang tua tidak mengetahui keberadaan anak. Jika fasilitas internet tersedia di rumah, letakkan fasilitas tersebut di ruang bersama. Hal ini untuk memudahkan orang tua mengawasi anak. Jika harus menggunakan fasilitas internet di warnet, bantu anak memilih warnet “sehat”. Akan lebih bijaksana, jika Anda mengenal pemilik dan petugas di sana. Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak. Beri pemahaman yang baik pada anak tentang pengaruh positif dan negatif internet bagi dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya dengan benteng pertahanan diri.
SimpulanDiharapkan semua pihak, baik orangtua, guru, pemerintah maupun siswa untuk
bersama-sama mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

2. Fungsi Sosial Teks Teks Diskusi
Fungsi sosial teks diskusi “Dampak Internet bagi Pelajar” adalah untuk membahas isu dampak penggunaan internet dilihat lebih satu sisi, dengan memaparkan argumen yang mendukung dan argumen yang menentang isu tersebut. Tujuan komunikatif dari teks diskusi itu sendiri adalah untuk mengetengahkan suatu masalah atau isu yang ditinjau paling tidak dari dua sudut pandang, sebelum sampai pada suatu kesimpulan atau saran.
  • Dampak Positif banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.
  • Dampak negatif penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Kecanduan permainan online mengakibatkan prestasi siswa pun menurun.

3. Klasifikasi Unsur Kebahasaan Teks Diskusi
Ciri-ciri kebahasaan itu, antara lain, penggunaan tanda hubung perlawanan seperti tetapi, sedangkan, tidak … tetapi, bukan … melainkan, penggunaan kata kerja dan kata benda.

Penggunaan Konjungsi Perlawanan
Konjungsi perlawanan menggunakan kata hubung : tetapi, sedangkan, tidak...tetapi, bukan...melainkan. Di dalam teks ‘’Dampak Internet bagi Pelajar” konjungsi perlawanan dapat dilihat pada contoh berikut.
  • Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya.
  • Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
  • Jangan sampai anak asyik bermain internet, sedangkan orang tua tidak mengetahui keberadaan anak.
  • Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
Selanjutnya, buatlah kalimat dengan tanda hubung perlawanan, sekurang-kurangnya sepuluh kalimat. Sebaiknya, kalimat yang kamu buat tidak terdapat di dalam teks di atas.
  1. Ada yang mengatakan internet memiliki banyak sekali manfaat, tetapi ada juga yang mengatakan internet memiliki banyak sekali dampak buruk.
  2. Seorang pemimpin boleh berprestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak memadai apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya.
  3. Sebaiknya Guru tidak hanya dipandang sebagai profesi saja, tetapi sebagai bagian hidup dan idealisme seorang guru memang harus dijunjung setinggi-tingginya.
  4. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan apa yang diinginkan pihak lainnya.
  5. Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memberikan fondasi primer bagi perkembangan anak, sedangkan lingkungan sekitar dan sekolah ikut memberikan nuansa pada perkembangan anak. 
  6. Bagaimana orang tua dapat mendidik anaknya menjadi remaja yang sholeh, sedangkan orang tuanya jarang menjalankan sesuatu yang mencerminkan kesholehan.
  7. Tanggung jawab guru tidak hanya terdapat seorang anak, tetapi dalam jumlah yang cukup banyak.
  8. Hal ini disebabkan rumusan tujuan yang guru buat tidak hanya satu, tetapi bisa lebih dari dua rumusan tujuan.
  9. Memberikan pendidikan bukan hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan, melainkan pendidikan mental dan pribadi melalui pengajaran agama, budi pekerti dan etiket.
  10. Dia bukan seorang karyawan biasa, melainkan seorang eksekutif manager yang sudah berpengalaman berpuluh-puluh tahun.

4. Menelaah Teks Diskusi
Ejaan
Ejaan adalah seperangkat aturan tentang cara menuliskan bahasa dengan menggunakan huruf, Kata, dan tanda baca sebagai sarananya. Setelah membaca teks di atas, tandai ejaan yang salah, kemudian betulkan. Kalau di dalam teks di atas tidak ditemukan kesalahan ejaan, cari teks diskusi di koran, majalah, atau internet, kemudian betulkan kesalahan ejaannya.
Ejaan yang SalahEjaan yang BenarEjaan yang SalahEjaan yang Benar
di buktikandibuktikanmetodametode
diseluruh duniadi seluruh duniajadualjadwal
kriminilkriminalprosenpersen
sekedarsekadarapotikapotek
analisaanalisispraktekpraktik

Kalimat
Setelah membaca teks di atas, cari kalimat simpleks (tunggal) dan kalimat kompleks (majemuk )(setara dan bertingkat) sekurang-kurangnya 10 kalimat.
Kalimat tunggal:
  • Banyak siswa mendapatkan ilmu dengan bantuan internet
  • Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik.
  • Berikut ini beberapa pengaruh negatif dari internet.
Kalimat majemuk setara:
  • Dengan adanya internet, apapun dapat kita lakukan baik hal positif maupun hal negatif 
  • Keberadaan internet memberikan manfaat positf bagi dunia informarsi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya.
  • Banyak manfaat positif yang dapat diperoleh siswa dari internet jika digunakan secara bijak.
  • Beri pemahaman yang baik pada anak tentang pengaruh positif dan negatif internet bagi dirinya
Kalimat majemuk bertingkat:
  • Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
  • Diharapka semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa untuk bersama-sama mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet.
  • Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak ketika mereka sedang mengakses internet.

Telaah Paragraf
Pada bagian ini diminta menelaah paragraf yang ada di dalam teks diskusi. Perlu diketahui bahwa paragraf yang baik adalah paragraf yang terdiri atas satu kalimat topik dan beberapa kalimat pengembang. Untuk itu, tentukan kalimat topik dan kalimat pengembang yang ada di dalam paragraf berikut.
Paragraf 1 : 
Kalimat topik : Internet telah banyak membantu dalam segala unsur kehidupan. Kalimat pengembang : Internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negatif. Sebagai media komunikasi internet, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

Paragraf 2 :
Kalimat topik :  Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi. Kalimat pengembang : Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan intenet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Ada pengaruh positif dan ada pengaruh negatif internet.

Paragraf 3 :
Kalimat topik : Banyak manfaat positif yang dapat diperoleh siswa dari internet jika digunakan secara bijak. Kalimat pengembang : Tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Berikut ini beberapa pengaruh yag ditimbulkan  dari internet. Penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Paragraf 4 :
Kalimat topik : xxxxgrafi adalah pengaruh negatif internet lainnya. Kalimat pengembang : Tidak hanya orang dewasa yang mengunjungi situs-situs terlarang. Hal ini tentu saja merupakan situasi yang sangat memprihatingkan. Kecanduan permainan online yang melanda siswa juga merupakan pengaruh internet.

Paragraf 5 :
Kalimat topik : Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Kalimat pengembang : Hal ini untuk memestikan kepada anak bahwa telah mengakses situs yang tepat. Jangan sampai anak asyik bermain internet. Jika fasilitas internet  tersedia di rumah, letakkan fasilitas tersebut  di ruang bersama.

Paragraf 6 :
Kalimat topik : Diharapkan semua pihak baikorang tua,guru,pemerintah,maupun siswa sendiri untuk bersama-sama untuk mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet. Kalimat pengembang : Pemerintah diharapkan dapt memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:43 PM

3 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....