Home » » Mencari dan Mengidentifikasi Teks Diskusi

Mencari dan Mengidentifikasi Teks Diskusi

Media sosial merupakan saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya. Para pengguna media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, saling menyapa, saling berbagi, dan membangun jaringan. Media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk berbagi informasi tetapi juga ekspresi diri. Melalui media sosial dapat menyampaikan apa yang sedang terjadi pada diri sendiri kepada orang lain. Beberapa media sosial yang ada diantaranya adalah Friendster, kemudian Facebook, Twitter, Skype, Foursquare, Line, What’s App, Path, Instagram.

Pesatnya perkembangan media sosial disebabkan karena semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Perkembangan pengguna dari media sosial sangat pesat, hal tersebut dapat di lihat dari banyaknya jumlah anggota yang di miliki masing - masing situs media sosial. Pengguna media sosial terdiri dari berbagai tingkatan dari anak-anak sampai para manula.

Pada tulisan ini disajikan teks diskusi mengenai dampak media sosial. Teks diskusi memiliki struktur khusus, yaitu isu, argumentasi mendukung, argumentasi menentang, dan simpulan. Untuk mencari dan menemukan teks diskusi tentang dampak teknologi dapat dicari di koran, majalah maupun internet. Berikut ini contoh teks diskusi tentang pengaruh perkembangan teknologi.

Struktur TeksKalimat
IsuBerbicara tentang media sosial saat ini memang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, hampir tiap individu menggunakan media sosial media. Bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan sosial media, bahkan pelajar sekolah dan anak-anak yang belum cukup umur juga sudah akrab dengan sosial media yang sekarang sedang berkembang.

Dengan adanya sosial media memang sangat membantu dalam berhubungan dengan orang lain, baik teman maupun saudara. Berawal dari Friendster, kemudian Facebook, Twitter, Skype, Foursquare, Line, What’s App, Path, Instagram, dan masih banyak lainnya.

Selain dampak positif ternyata banyak dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari pemakaian sosial media, berikut ini merupakan dampak positif dan negatif sosial media :
Argumen
Mendukung
Media sosial dapat digunakan untuk menghimpun teman dari berbagai belahan dunia. Media sosial sangat membantu dan berperan mempertemukan kembali teman yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian melalui media sosial hal itu bisa dilakukan.

Media sosial juga sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs media sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut tanpa harus menunggu dengan waktu yang panjang.

Media sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna media sosial dapat belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan yang berbeda adat dan budayanya.

Media sosial juga dapat digunakan sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Dengan memasang iklan di media sosial dapat menarik banyak pembeli.
Argumen
Menolak
Walaupun media sosial memiliki beberapa sisi positif, tetapi juga memiliki beberapa sisi negatif. Beberapa sisi negatif media sosial diantaranya adalah susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Hal ini disebabkan karena pengguna media sosial menjadi malas belajar berkomunikasi secara nyata. Karena mempunyai teman yang sangat aktif di media sosial.

Media sosial juga akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di depan komputer. Anda tentu pernah mengalami ketika berbicara dengan teman anda yang ternyata sibuk dengan ponselnya daripada menanggapi obrolan anda.
media sosial
Media sosial ternyata juga mengurangi membuang waktu. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar mereka.

Selain itu, media sosial juga mengakibatkan berkurangnya privasi pribadi. Dalam sosial media kita bebas menuliskan dan berbagi apa saja, Sering kali tanpa sadar kita membagikan hal yang seharusnya tidak perlu dibagikan ke publik.
SimpulanItulah media sosial yang seperti pisau bermata dua, tergantung kepada anda bagaimana menggunakan media sosial. Jika Anda menggunakan untuk hal-hal baik maka dia akan mendapatkan dampak positif dari sosial media. Namun jika Anda menggunakan media sosial untuk hal-hal yang cenderung tidak baik, maka dampak negatiflah yang akan Anda dapat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....