Home » » Membedakan Teks Prosedur dengan Laporan Hasil Observasi

Membedakan Teks Prosedur dengan Laporan Hasil Observasi

Membedakan teks adalah membandingkan dua teks untuk dicari perbedaannya. Ada berbagai jenis teks yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dari sekian banyak jenis teks tersebut kita dapat menemukan perbedaan masing-masing teks. Perbedaan antara teks prosedur dengan teks laporan hasil observasi dapat dilihat dari dua aspek, yaitu dari segi struktur isi dan dari segi fitur bahasa. Struktur merupakan cara suatu teks disusun, sedangkan fitur bahasa adalah unsur-unsur kebahasaan yang digunakan dalam suatu teks sehingga menjadi ciri khas suatu teks.

Langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mencari perbedaan teks antara lain dengan cara membaca teks secara keseluruhan, kemudian perhatikan struktur dan fitur bahasa kedua teks tersebut. Perhatikan dua contoh teks di bawah ini.

Teks Prosedur
Teks Prosedur adalah suatu teks yang menjelaskan langkah-langkah/tahap-tahap atau prosedur yang harus dilakukan oleh seseorang demi mencapai suatu tujuan. Struktur teks prosedur terdiri dari tujuan dan langkah-langkah.
Struktur TeksKalimat
TujuanManfaat buah naga yang melimpah membuat banyak petani berinisiatif untuk
menanam dan mengembangkan buah naga. Selain itu harga buah naga yang relatif mahal juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk menanamnya. Biasanya buah naga banyak ditanam di halaman depan rumah sekaligus sebagai hiasan pada taman mini atau bisa juga ditanam di halaman belakang. Namun, jika petani lebih serius untuk menekuni tanaman ini, biasanya akan menanam buah naga di lahan yang lebih luas bisa di sawah atau pekarangan yang khusus dibuat untuk menanam buah naga agar hasil panen lebih melimpah.

Buah naga merupakan tanaman yang tergolong mudah dalam penanamannya. Petani tidak membutuhkan teknik khusus agar bisa menanam buah naga ini. Pada umumya, tanaman buah naga yang sering ditanam adalah buah naga yang memiliki warna kulit merah dan pada bagian dagingnya berwarna putih dengan biji-biji halus berwarna hitam.
Langkah-
Langkah
Ada beberapa cara menanam buah naga yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika ingin menikmati buah naga secara gratis tanpa harus membelinya, kamu dapat menanam buah naga pada pot yang sekaligus dapat kamu jadikan sebagai hiasan di depan rumah. Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan pot terlebih dahulu! Ada beberapa macam jenis pot yang tersedia di pasaran mulai dari pot bahan semen, plastik, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Namun, untuk menanam buah naga, kamu dapat memakai pot yang terbuat dari bahan tanah liat, karena buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Semakin besar ukuran pot akan semakin baik. Kamu dapat menggunakan pot dengan minimal diameter 40 cm.
  2. Siapkan tiang panjatan! Buah naga membutuhkan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang produksi agar tidak roboh. Tiang ini nanti akan dililit oleh beberapa pohon buah naga pada saat penanaman pertama. Cari tiang panjatan yang kuat, bisa terbuat dari besi atau kayu yang kokoh.
  3. Siapkan media tanam! Kamu dapat menyiapkan media untuk menanam buah naga yaitu pasir, tanah, serta pupuk kandang dan kompos. Setelah semuanya siap, kamu dapat menyiramnya dengan air sampai kondisi jenuh. Biarkan kurang lebih sehari semalam sebelum kamu mulai menanam buah naga.
  4. Pilih bibit dan batang! Pemilihan dan penanaman bibit dapat kamu lakukan dengan memilih bibit dari batang yang besar dan sudah tua. Pastikan bibit tersebut bebas dari penyakit. Bibit buah naga biasanya memiliki panjang ideal 30 cm dan kemudian ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm. Setelah kamu menanam buah naga tekan-tekan sedikit tanah sekitar bibit agar tidak mudah roboh. Selanjutnya siram dengan air dan letakkan pot di tempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung.
Kini kamu sudah memiliki tanaman buah naga di halaman rumah. Kamu harus melakukan perawatan dan pemeliharaan tanaman buah naga agar dapat berkembang dengan baik. Yang harus kamu perhatikan adalah pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan. Pastikan juga bibit buah naga menempel pada tiang penyangga dengan cara mengikatnya menggunakan tali rafia atau kawat. Jangan kamu ikat terlalu kencang agar tidak berpengaruh terhadap pertumbuhannya saat menjadi besar.

Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang telah diamati. Struktur laporan hasil observasi terdiri atas definisi umum yang menjadi pembukaan, deskripsi bagian yang menjadi isi, dan deskripsi kegunaan yang menjadi penutup.
teks prosedur
Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi
  1. Bahasa singkat, padat, dan jelas. Teks laporan observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit. Hal ini dilakukan agar pembaca bisa dengan mudah memahami hasil laporan observasi yang disajikan dan menghindari kesalahpahaman.
  2. Sesuai fakta. Dalam teks laporan observasi, informasi harus disajikan sesuai dengan data atau fakta yang didapatkan dari observasi atau pengamatan.
  3. Bersifat global. Dalam laporan observasi, informasi juga harus disampaikan secara global atau menyeluruh.
Struktur TeksKalimat
Definisi umumKeong emas (Pomacea canaliculata) selama ini dikenal sebagai hama tanaman padi. Keong emas atau siput murbei merupakan organisme yang cukup menarik dengan warna keemasan atau lebih keliatan kuning bila hidup di air yang jernih.
Deskripsi bagianKeong emas merupakan hama yang menyerang dengan memakan daun padi yang baru ditanam Keong emas menyerang tanaman padi muda yang tergenang air dengan cara memarut pangkal batang yang berada di bawah air dengan lidahnya. Patahan tanaman yang rebah lalu dimakan.
Deskripsi manfaatNamun, jangan khawatir, walaupun tergolong jenis hama, keong emas sebenarnya dapat memberikan manfaat yang positif. Selain itu, keong emas juga dapat menjadi komoditas prospektif untuk menambah penghasilan. Manfaat positif dari keong emas, antara lain, dapat dijadikan sebagai pakan ternak, ikan, udang, sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat, obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit trematoda yang menyebabkan gatal-gatal.

    Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Laporan Hasil Observasi
    No.UnsurTeks ProsedurTeks Observasi
    1.StrukturTujuan dan Langkah-langkahDeskripsi umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
    2.Ciri KebahasaanCiri Kebahasaan Teks Prosedur:
    1. Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif)
    2. Menggunakan kata kerja aktif
    3. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan
    4. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat.
    Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
    1. Adanya frasa/kelompok kata
    2. Adanya konjungsi dan,tetapi
    3. Kalimat simplek ( kalimat yang terdiri dari satu verba)
    4. Kalimat kompleks (kalimat yang terdiri dari dua atau lebih verba)
    5. Kata kerja/ verba
    6. Kata benda/ nomina
    7. Menggunakan berbagai istilah
    8. Persamaan kata/ sinonim
    9. Lawan kata/ antonim
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae Updated at: 7:47 PM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....