Home » » Membedah Struktur Teks Laporan

Membedah Struktur Teks Laporan

Teks laporan adalah teks yang berisi penjabaran umum / melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Tahap pernyataan umum atau klasifikasi merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas.

1. Struktur Teks
Struktur teks merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun. Kalian dapat mengamati bahwa teks laporan disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Dalam menganalisis struktur teks, struktur itu biasanya ditulis dengan pernyataan umum atau klasifikasi^anggota atau aspek yang dilaporkan. Tanda “^” berarti 'diikuti oleh. Tanda itu menyatakan urutan tahap pada struktur teks.

StrukturKalimat
Pernyataan umum
atau klasifikasi
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan melakukan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut benda hidup dan yang kedua disebut benda mati. Benda hidup mempunyai ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuhtumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh hewan. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan hewan tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuhtumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Selanjutnya, hewan dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, kucing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang yang meliputi uburubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Ada lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.

Setelah mengetahui cara membuat teks laporan, isilah titik-titik pada diagram tentang kelas dan subkelas berikut ini. Pada saat mengisi titik-titik pada diagram berikut, akan diketahui bahwa terdapat beberapa subkelas yang dapat dibagi menjadi sub-subkelas yang lebih terperinci lagi.
klasifikasi benda
Untuk menguji kebenaran klasifikasi yang dibuat, bandingkan dengan klasifikasi dalam buku biologi atau buku ilmu pengetahuan. Pada buku biologi, kelas-kelas yang berjenjang itu dinamai dengan istilah lain, yang secara hierarkis mengacu pada subkelas di bawah atau di atasnya. Istilah yang digunakan adalah keluarga, ordo, genus, dan spesies yang hierarkinya ditunjukkan dengan tanda anak panah.

2. Frasa
Frasa atau kelompok kata dibagi menjadi dalam kalimat Hewan dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata merupakan kelompok verba atau frasa verbal yang digunakan untuk membuat klasifikasi. Carilah verba dan kelompok verba lain yang mengandung makna ‘membagi’ atau ‘mengelompokkan’, baik verba aktif maupun pasif. Setelah itu, tulislah kalimat dengan menggunakan verba tersebut!
  1. Wawan memisahkan antara uang logam dan uang kertas. 
  2. Rini memilah barang bekas dan barang baru milikinya.
  3. Harimau digolongkan kedalam mamalia.

3. Sinonim
Kata membagi dan mengelompokkan mengandung makna yang sama. Kata-kata yang berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama disebut sinonim atau padan kata. Kata berikut bersinonim dengan kata mengelompokkan yaitu mengklasifikasikan, memisahkan, memilah, menggolongkan, menjeniskan, mencakup. Sedangkan yang bukan sinonim mengelompokkan adalah menyebutkan dan meliputi

Sedangkan kata-kata yang mempunyai makna yang berlawanan disebut antonim atau lawan kata. Kata hidup berantonim dengan kata mati. Carilah antonim kata-kata berikut ini!
  • Persamaan > < Perbedaan             
  • Bergerak > < Diam
  • Keras >< Lunak
  • Tumbuh > <  Mati (tanaman)
  • Umum > < Khusus
  • Belakang > < Depan
  • Kelompok > < Individu
  • Sebagian > < Seluruh
  • Panjang > < Pendek
  • Berubah > < Tetap

Suatu jenis kata mungkin berubah menjadi jenis kata yang lain. Misalnya, verba mungkin berubah menjadi nomina atau kelompok nomina. Sebagai contoh, membagi berubah menjadi pembagian. Kata dasar kedua kata tersebut adalah bagi. Perhatikan beberapa contoh pembentukan kata dari kata dasar menjadi kata-kata bentukan yang lain berikut ini.
Kata Dasar Verba Nomina
Bagi Membagi Bagian
Membagikan Pembagian
Berbagi
Membagi-bagikan
Terbagi
Dibagi
Dibagi
Dibagikan
Golong Menggolongkan Penggolong
Tergolong Penggolongan
Digolongkan
Pilah Memilah Pemilihan
terpilah
Dipilah
Terpiliah-pilah
Kelompok Menhgkelompokan Pengkelompokan
Dikelompokan Kekelompokan
Terkelompok
Berkelompok
Jenis Menjeniskan Penjenisan
Terjenis
Dijeniskan
Berjenis
Besar Membesar Besaran
Membesarkan Pembesaran
Terbesar Kebesaran
Dibesarkan
Kecil Mengkecil Perkecilan
Menkecilkan
Terkecil
Dikecilkan
Tumbuh Bertumbuh Pertumbuhan
Ditumbuhkan Tumbuhan
Sama Bersama Persamaan
Disamakan Kesamaan
Berbeda Membedakan Perbedaan
Berbeda
Dibedakan
Membeda-bedakan
Umum Mengumumkan Pengumuman
Diumumkan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.