Home » » Memahami Kalimat Definisi dalam Teks Laporan

Memahami Kalimat Definisi dalam Teks Laporan

Dalam sebuah teks laporan banyak ditemukan kalimat definisi. Kalimat definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Kalimat definisi berfungsi untuk menentukan batas suatu pengertian dengan tepat, jelas dan singkat. Maksudnya menentukan batas-batas pengetian tertentu sehingga jelas apa yang dimaksud, tidak kabur dan tidak dicampuradukkan dengan pengertian-pengertian lain. Definisi memiliki dua bagian yaitu sesuatu yang akan didefinisikan, yang dikenal dengan istilah definiendum, dan penjelasan yang menjelaskan sesuatu tersebut, yang dikenal dengan istilah definiens

Suatu makna kata tidak bisa langsung disebut sebagai definisi, karena definisi mempunyai ciri-ciri khusus. Makna kata kata diartikan sebagai definisi jika terdapat unsur kata atau istilah yang didefinisikan, atau lazim disebut definiendum. Di dalam arti tersebut harus terdapat unsur kata, frasa, atau kalimat yang berfungsi menguraikan pengertian, lazim disebut definiens, dan tentunya juga harus ada pilihan katanya.

Pilihan kata tersebut ialah di mana definiens dimulai dengan kata benda, didahului kata adalah. Misalnya kalimat Cinta adalah perasaan setia, bangga, dan prihatin dan kalimat Mahasiswa adalah pelajar di perguruan tinggi.

Yang kedua, definiens dimulai dengan selain kata benda umpamanya kata kerja atau didahului kata yaitu'. Sebagai contoh Setia yaitu merasa terdorong untuk mengakui, memahami, menerima, menghargai, menghormati, mematuhi, dan melestarikan. Kemudian, definiens juga diharuskan memberi pengertian rupa atau wujud diawali kata merupakan, seperti kalimat Mencintai merupakan tindakan terpuji untuk mengakhiri konflik.

Adapun yang terakhir ialah bahwa definiens merupakan sebuah sinonim yang didahului kata ialah. Misalnya Pria ialah laki-laki.

Perhatikan bahwa dalam teks laporan banyak ditemukan kalimat definisi seperti  contoh teks deskripsi Harimau di bawah ini.
  1. Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu hewan yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
  2. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
  3. Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.
  4. Harimau termasuk hewan penyendiri, tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk berburu mangsa. Wilayahnya dapat mencapai kawasan perdesaan. Populasi harimau cenderung menurun karena sering diburu manusia. Oleh karena itu, harimau saat ini termasuk hewan yang dilindungi pemerintah agar tidak punah.
  5. Harimau menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra, seni, dan olahraga. Harimau sering dijadikan tokoh dalam cerita rakyat, objek untuk foto atau gambar, dan maskot dalam olahraga.
X (Definiendum/bagian yang didefinisikan)=Y (Definiens/bagian yang mendefinisikan)Y = X
Mamaliaadalahbinatang yang menyusuiBinatang yang menyusui meliputi harimau.
“Kucing besar” ituadalahhewan pemangsa dan pemakan dagingHewan pemangsa dan pemakan daging meliputi harimau.
Siamangadalahkera hitam yang berlengan panjang, dan hidup pada pohon-pohonKera hitam yang berlengan panjang, dan hidup pada pohon-pohon meliputi siamang
Kucingadalahsejenis mamalia karnivora dari keluarga felidaeMamalia karnivora dari keluarga felidae meliputi kucing
SMKadalahlembaga pendidikan di bidang kejuruanLembaga pendidikan di bidang kejuruan meliputi SMK
Kiperadalahpemain bola yang bertugas menjaga gawangPemain bola yang bertugas menjaga gawang adalah kiper
Biota lautadalahseluruh makhluk hidup yang berkembang biak di lautMakhluk hidup yang berkembang biak di laut meliputi biota laut.
Lingkungan hidupadalahsegala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balikSesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik meliputi lingkungan
Mahasiswaadalahpelajar di perguruan tinggi.Pelajar di perguruan tinggi adalah mahasiswa.

Pada contoh di atas X adalah benda yang didefinisikan, Y adalah definisinya, dan tanda sama dengan (=) adalah verba penghubung, seperti adalah, ialah, termasuk, digolongkan, terdiri atas, disebut, dan meliputi. Perlu digarisbawahi bahwa X dan Y berbobot sama atau setidak-tidaknya sepadan.

Untuk menguji bahwa definisi itu benar, dapat dilakukan dengan cara membalik kalimat itu. Ubah susunan kalimat dalam tabel itu menjadi Y = X. Kadang-kadang dalam membalik kalimat itu, harus membuat modifikasi seperlunya, misalnya dengan mengubah verbanya. Oleh karena itu, penjelasan dalam kurung pada hasil pembalikan berikut ini diperlukan.
  • Hewan menyusui meliputi harimau. (Hewan menyusui yang dimaksud itu adalah harimau.)
  • Hewan pemangsa dan pemakan daging meliputi harimau. (Hewan pemangsam dan pemakan daging yang dibicarakan itu adalah harimau.)
Apabila definisi itu tidak dapat dibalik, hal itu menunjukkan bahwa definisi itu tidak bagus atau unsur X dan Y tidak mempunyai bobot yang sama.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....