Home » » Teks Eksposisi Remaja Berprestasi

Teks Eksposisi Remaja Berprestasi

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan kegiatan. Menjadi pelajar yang berprestasi memerlukan kesungguhan dalam belajar, siapa yang bersunguh-sunguh maka ia akan berhasil. Sekolah adalah aktvititas belajar yang memerlukan kesungguhan. Mencari ilmu atau belajar merupakan sebuah kewajiban yang telah ditentukan ketika manusia lahir sampai dengan masuk liang lahat kembali, serta mencari ilmu juga merupakan ibadah. Jadi mari kita luruskan niat kita dalam belajar selain untuk menambah wawasan juga adalah untuk ibadah kepada Allah.

Percaya diri merupakan hal yang penting bagi setiap orang, karena kita harus percaya pada kemampuan yang kita miliki. Banyak orang yang tidak percaya diri karena merasa dirinya tidak pandai, sehingga akhirnya harus tergantung pada orang lain. Setiap orang sesungguhnya harus merasa percaya dengan kemampuan yang dimilkinya betatapun hasil prestasinya tidak sebagus yang dicapai orang lain tetapi itulah hasil maksimal dari percaya diri yang dimilki.

Motivasi atau dorongan perlu dimilki oleh setiap orang baik motivasi dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Pelajar yang berprestasi adalah pelajar yang memiliki motivasi besar untuk maju, maka dia akan selalu memberi semangat pada hatinya untuk semangat dalam belajar. Sesungguhnya setiap diri kita memilki prestasi karena prestasi itu bukan dilihat dari kemampuan itelektual atau kognitif saja, tetapi setiap kelebihan yang kita milki dan berguna bagi orang banyak adalah prestasi juga.

Perhatikan gambar di bawah ini, paparkan secara lisan apa yang kamu lihat dalam gambar tersebut! Gunakan pertanyaan berikut untuk memancing pendapatmu!
futsal
  1. Apa pendapat kamu mengenai isi gambar ini?
  2. Apa alasan mereka melakukan aktivitas ini?
  3. Paparkan pendapatmu tentang Gambar 3 berikut ini!

Teks Eksposisi Remaja Berprestasi
Struktur TeksParagraf
TesisPencapaian prestasi pada masa remaja sangat penting, karena menjadi landasan untuk langkah-langkah selanjutnya. Namun tidak semua orang bisa menjadi orang berprestasi. Prestasi sesungguhnya bisa dicapai siapa saja asal memiliki ketekunan untuk meraihnya.
ArgumentasiMasa remaja merupakan masa yang paling menyenangkan apalagi jika diisi dengan kegiatan positif yang bermanfaat. Tentunya, selain bisa membanggakan orang tua juga mengharumkan nama sekolah.

Kegiatan-kegiatan positif tidak hanya dalam bidang akademik saja, tetapi juga dalam non akademik seperti olahraga, seni dan keterampilan. Salah satunya adalah melalui kegiatan olahraga futsal yang dapat mengharumkan nama sekolah.

Untuk mencapai prestasi dalam olahraga futsal dapat diperoleh dengan latihan yang dilakukan secara sistematis, terarah, dan berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan kualitas bermain yang baik.

Untuk mencapai prestasi maksimal di tengah ketatnya persaingan dalam olahraga futsal tidaklah mudah, prestasi dalam olahraga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sangat berhubungan dengan diri atlet, seperti; kemampuan fisik, teknik, taktik, dan psikis.

Kondisi fisik pemain futsal memegang peranan yang sangat penting dalam program latihannya. Program latihan kondisi fisik haruslah direncanakan secara baik dan sistematis dan ditujukan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fungsional dari sistem tubuh sehingga dengan demikian memungkinkan pemain futsal untuk mencapai prestasi yang lebih baik

Jika selama ini kita belum berprestasi, kita tidak perlu malu untuk memulai membangun prestasi. Karena prestasi kita di masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan saat ini.
PenegasanOleh karena itu, jadilah remaja yang berprestasi. Jadilah remaja yang sukses di sekolah dan menikmati sekolahnya. Jadilah remaja yang memiliki prestasi membanggakan orang tua juga mengharumkan nama sekolah.

Unsur Kebahasaan
1. Kelompok Kata
Selain pemakaian kata, di dalam bahasa diperlukan juga kelompok kata untuk menyusun sebuah pernyataan. Contoh:
No.Pembentukan Kelompok KataKelompok Kata
1.masa+remajamasa remaja
2.bidang+akademikbidang akademik
3.kegiatan+olahraga
kegiatan olahraga
4.olahraga+futsalolahraga futsal
5.kondisi+fisikkondisi fisik
6.program+latihan
program latihan

2. Kata Ganti
Pronomina atau kata ganti adalah kata yang dipakai untuk mengganti orang atau benda, seperti aku, engkau, dia. Beberapa kata ganti yang ada dalam teks eksposisi "Remaja Berprestasi" antara lain sebagai berikut.
  1. Jika selama ini kita belum berprestasi, kita tidak perlu malu untuk memulai membangun prestasi. 
  2. Karena prestasi kita di masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan saat ini.

3. Pengulangan Kata
Kata ulang (repetisi) adalah hasil pengulangan kata dasar. Contoh pengulangan kata dalam teks "Remaja Berprestasi" antara lain sebagai berikut.
  1. Pencapaian prestasi pada masa remaja sangat penting, karena menjadi landasan untuk langkah-langkah selanjutnya.
  2. Kegiatan-kegiatan positif tidak hanya dalam bidang akademik saja, tetapi juga dalam non akademik seperti olahraga, seni dan keterampilan.
  3. Untuk mencapai prestasi maksimal di tengah ketatnya persaingan dalam olahraga futsal tidaklah mudah, prestasi dalam olahraga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sangat berhubungan dengan diri atlet, seperti; kemampuan fisik, teknik, taktik, dan psikis.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....