Home » » Teks Eksposisi Eskul dan Bimbel

Teks Eksposisi Eskul dan Bimbel

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah yang dilakukan baik di sekolah ataupun di luar sekolah. Tujuan program ekstrakurikuler adalah untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan peserta didik, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. Kegiatan kurikuler sendiri merupakan upaya untuk mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan intelektual, emosiaonal, spiritual, dan sosial.

Melalui pengembangan aspek-aspek tersebut diharapkan siswa dapat menghadapi dan mengatasi berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungannya. Karena sasaran kompetensi yang diharapkan itu meliputi aspek intelektual, sikap emosional, dan keterampilan, maka pada akhirnya kegiatan ekstrakurikuler menjadi tidak terbatas pada program untuk membantu ketercapaian tujuan kurikuler saja, tetapi juga mencakup pemantapan dan pembentukan kepribadian yang utuh termasuk di dalamnya pengembangan minat dan bakat siswa.

Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler

Struktur TeksParagraf
TesisKegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka. Tujuan kegiatan ekstrakurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik.
ArgumentasiMengikuti kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang dan kesempatan kepada peserta didik untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif. Karena mereka menghabiskan waktu dan energi untuk kegiatan yang positif. Melibatkan anak-anak dalam kegiatan ekstra kurikuler akan membuat mereka tetap aktif dan energik.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler umumnya anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan harus mencoba bekerja sama dengan mereka. Hal seperti ini akan mengajarkan peserta didik untuk berkomunikasi dan koordinasi sejak dini. Dan pastinya ikut meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi.

Kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi wadah bagi anak untuk menyalurkan energi dan kreativitas dengan cara yang positif. Melalui kegiatan ekstrakurikuler anak jadi bisa menyalurkan minat, sehingga mereka terdorong untuk mengembangkan bakatnya.

Kegiatan sekolah dan tugas rumah yang padat bisa membuat mereka rawan terkena stres. Dan melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar aktivitas sekolah bisa menjadi terapi anti depresi yang ampuh untuk mereka. Selama aktivitas ekstrakurikuler anak mendapat kesempatan untuk bersantai dan melepaskan ketegangan selama jam pelajaran.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler anak jadi memiliki banyak kegiatan. Dan dengan memiliki aktivitas yang padat seperti ini mau tak mau mereka harus belajar untuk mengatur dan memprioritaskan waktu. Hal seperti ini akan berguna untuk mereka di masa depan.
PenegasanDari beberapa contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.

Manfaat Mengikuti Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan seseorang pada orang lain dalam menentukan pilihan dan pemecahan masalah dalam kehidupannya, bantuan yang diberikan tidak adanya unsur paksaan serta diberikan secara berencana dan sistematis. Bimbingan belajar diberikan kepada individu dengan maksud agar ia dapat memahami dirinya, kemudian mengarahkan dirinya sehingga tercapai kebahagiaan hidup pribadi.

Struktur TeksParagraf
TesisBimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan seseorang pada orang lain dalam menentukan pilihan dan pemecahan masalah dalam kehidupannya. Bimbingan belajar diberikan kepada individu dengan maksud agar ia dapat memahami dirinya, kemudian mengarahkan dirinya sehingga tercapai kebahagiaan hidup pribadi.
ArgumentasiBimbingan belajar membantu seorang siswa lebih memahami pelajaran sekolah. Dalam bimbingan belajar seorang siswa akan diajarkan dan diberi penjelasan secara lebih khusus, sehingga seorang siswaakan lebih memahami pelajaran yang diterima di sekolah.

Melalui kegiatan bimbingan belajar akan membuat seorang siswa untuk belajar secara rutin dan disiplin. Seperti kita ketahui, siswa pada saat berada di rumah terkadang malas belajar. Dengan bimbingan belajar mewajibkan siswa belajar teratur, sehingga jadwal belajar siswa juga menjadi teratur.

Bimbingan belajar tidak hanya membuat seorang siswa lebih memahami pelajaran saja, tetapi bimbingan belajar juga dapat memberikan nilai positif untuk siswa itu sendiri. Siswa akan memanfaatkan waktu dengan baik karena lewat bimbingan belajar seorang siswa akan menghabiskan waktunya dengan kegiatan belajar.

Rasa percaya diri seorang siswa akan tumbuh ketika mengikuti bimbingan belajar. Bimbingan belajar mampu memberi motivasi belajar dan rasa percaya diri kepada siswa, sehingga siswa dapat berprestasi lebih baik disekolahnya.

Selain mendapatkan teman yang baik untuk anak, bimbingan belajar juga membantu anak mengisi waktu kosong siswa yang digunakan untuk mendalami materi pelajaran yang diajarkan di sekolah.
PenegasanDari beberapa contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bimbingan belajar membantu belajar siswa dan dapat memahami dirinya, kemudian mengarahkan dirinya sehingga tercapai kebahagiaan hidup pribadi
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:57 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....