Home » » Teks Eksplanasi Laskar Pelangi

Teks Eksplanasi Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan novel remaja berlatar keindahan alam Belitung. Novel remaja karya Andrea Hirata yang fenomenal. Laskar Pelangi mengisahkan tentang kehidupan lima remaja yang akrab dengan alam di pantai Belitung. Selain Laskar Pelangi, Andrea Hirata juga mengarang serangkaian novel lain, yakni Sang Pemimpi, Endensor, dan Maryamah Karpov. Cerita dalam novel Laskar Pelangi sangat inspiratif yang dapat mengobarkan semangat mereka yang selalu dirundung kesulitan dalam menempuh pendidikan.

Sebuah cerita yang sangat mengharukan tentang dunia pendidikan dengan tokoh-tokoh manusia sederhana, jujur, tulus, gigih, penuh dedikasi, ulet, sabar, tawakal, takwa, dituturkan secara indah dan cerdas. Pada dasarnya kemiskinan tidak berkorelasi langsung dengan kebodohan atau kegeniusan. Sebagai penyakit sosial, kemiskinan harus diperangi dengan metode pendidikan yang tepat guna. Dalam hubungan itu hendaknya semua pihak berpartisipasi aktif sehingga terbangun sebuah monumen kebajikan di tengah arogansi uang dan kekuasaan materi.

Struktur TeksParagraf
Pernyataan UmumLaskar Pelangi merupakan novel remaja berlatar keindahan alam Belitung. Novelini termasuk salah satu novel remaja karya Andrea Hirata yang fenomenal. Kisah tentang kehidupan lima remaja yang akrab dengan alam di pantai Belitung. Selain Laskar Pelangi, Andrea Hirata juga mengarang serangkaian novel lain, yakni Sang Pemimpi, Endensor, dan Maryamah Karpov.
Deretan penjelasanLaskar Pelangi termasuk novel fenomenal karena saat diterbitkan karya ini sangat laris (best seller). Pada saat itu novel tersebut mengalami cetak ulang dengan jumlah yang sangat besar. Novel ini semakin popular ketika diproduksi menjadi film. Dalam film itu, keindahan alam Belitung sangat digali terutama pantai indah dengan pasir yang putih. Bebatuan dengan beragam bentuk menyerupai binatang terdapat di sana. Kehidupan lima remaja banyak menginspirasi dan memotivasi remaja lain untuk belajar dan mencapai cita-citanya. Berkat novel ini juga, kunjungan wisata ke Belitung meningkat pesat.

Keberhasilan Laskar Pelangi sebagai novel popular Indonesia dibuktikan dengan beberapa prestasi. Karya ini diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Di Amerika misalnya, terjemahan novel ini sudah terjual lebih dari 4.000 eksemplar. Film juga mendapat sambutan hangat di luar negeri, di antaranya saat film ini diputar di Festival Berlin.
InterpretasiNovel Laskar pelangi yang ditulis Andrea Hirata sangat inspiratif yang dapat mengobarkan semangat mereka yang selalu dirundung kesulitan dalam menempuh pendidikan.

Untuk memahami novel tersebut dapat dilakukan dengan membaca salah satu judul novel yang disebut di dalam teks (Sang Pemimpi, Endensor, dan Maryamah Karpov). Berikut ringkasannya.

Sang Pemimpi

1.Judul Novel:Sang Pemimpi
2.Nama Pengarang:Andrea Hirata
3.Nama Penerbit:Bentang Pustaka
4.Tahun Terbit:2006
5.Nama-nama Tokoh:Ikal, Arai, Jimbron, Seman Said Harun, Pendeta Geovanny , Pak Mustar M. Djai'din. BA., Pak Drs. Julian Ichsan Balia , Nurmalaatau Zakiah Nurmala binti Berahim Mantarum, Laksmi, Capo Lam Nyet Pho, Taikong Hamim, Bang Zaitun, Nurmi, A Kiun, Pak Cik Basman, A Siong, Deborah Wong, Mei Mei.
6.Tempat Kejadian:Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur
7.Waktu Kejadian:Pagi, siang, sore, dan malam
8.Bagaimana cerita dalam novel:Novel ini bagus menceritakan orang orang yang bersemangat belajar walaupun dengan hidup yang keterbatasan
9.Sebutkan alasan-alasanmu:Karena menginspirasi generasi muda untuk mengejar mimpinya
Memberi semangat untuk belajar dan mengejar cita- cita.
Serta pantang menyerah dan terus berusaha
10.Ringkasan:Novel Sang Pemimpi berkisah perjuangan hidup kesepuluh anak ini menghidupkan cita-cita di antara kehidupan mereka yang berat. Kisah khas anak-anak yang memandang dunia dengan ambisi yang sederhana. Sebagai novel pembangun, Sang Pemimpi berhasil merubah secuil dunia pendidikan kita, memberi semangat yang lain untuk menuntut ilmu.

Endensor

1.Judul Novel:Endensor
2.Nama Pengarang:Andrea Hirata
3.Nama Penerbit:Bentang Pustaka
4.Tahun Terbit:2007
5.Nama-nama Tokoh:Ikal, Arai, Weh, Mak Birah, Dr. Michaela Woodward, Famke Somers, Simon Van Der Wall, Naomi Stansfield, Virginia Sue Townsend, Katya Kristanaema, Monahar Vikram Raj Chauduri Manooj, Pablo Arian Gonzales, Ninochka Stronovsky
6.Tempat Kejadian:Indonesia (Tanjung pandan, Bogor), Eropa (Perancis, Italia, Rusia, Estonia, Spanyol, Islandia, Swiss, Inggis, Yunani, Negara Balkan, Rumania),  dan Afrika (Zaire, Nigeria)
7.Waktu Kejadian:Minggu pagi, Waktu Sholat Jum’at, Malam terakhir di Jerman
8.Bagaimana cerita dalam novel:Novel ini sangat menarik,  menakjubkan, mengharukan, dan penuh makna karena mengisahkan tentang penggapaian mimpi yang diibaratkan bagai pungguk merindukan bulan.
9.Sebutkan alasan-alasanmu:Keterbatasan ekonomi yang mereka alami tidak menghapus semangat perjuangan mereka untuk selalu berusaha mencapai impian. Meskipun mereka tinggal di daerah pedalaman yang serba ketinggalan, tapi semangat mereka untuk tetap bersekolah tidak pernah putus.
10.Ringkasan:Ikal dan Arai mendapat beasiswa dari Uni Eropa untuk kuliah S2 di Perancis. Mimpi-mimpi untuk menjelajah Eropa sampai Afrika dan menemukan keterkaitan yang tak terduga dari peristiwa-peristiwa dari masa lalu mereka berdua. Dan pencarian akan cinta sejati menjadi motivasi yang menyemangati penjelajahan mereka dari bekunya musim dingin di daratan Rusia di Eropa sampai panas kering di gurun Sahara.

Maryamah Karpov

1.Judul Novel:Maryamah Karpov
2.Nama Pengarang:Andrea Hirata
3.Nama Penerbit:Bentang Pustaka
4.Tahun Terbit:2008
5.Nama-nama Tokoh:Ikal, Ayah, Ibu, Arai, Lintang, A ling, Mahar, Kalimut, Chung Fa, Ketua Karmun, Tuk Bayan Tula, Eksyen, Nai, Nurmi, Lao Mi, Dokter Diaz, LaPlagia, Lucy Booth, Zainul Arifin, Mahmudin, Tambok
6.Tempat Kejadian:Sungai Linggang, Perpustakaan Pangkal Pinang, Lapangan Padang Bulan, Pasar Manggar, Bukit Selumar, Pasar Jenggo, Prancis, Belanda, Bandara Soekarno Hatta, Pulau Belitong
7.Waktu Kejadian:Pagi, sore, malam, dini hari
8.Bagaimana cerita dalam novel:Novel Maryamah Karpov merupakan sebuah karya yang sangat menarik minat para pembaca. Penulis mampu mengungkap imajinasinya dengan cerdas tanpa cela. Ceritanya inspiratif dan baik dalam menyongsong pendidikan bangsa yang lebih baik lagi.
9.Sebutkan alasan-alasanmu:Novel ini begitu menarik karena mampu menghibur, dan memiliki kekuatan untuk menginspirasi dan memotivasi pembacanya untuk melakukan hal-hal yang besar untuk mengejar mimpi. 
10.Ringkasan:Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Dengan sepenuh hati, Ikal rela berlayar mengunjungi pulau "Batuan". Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar. Tak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini jika kita mau berusaha dan berdo’a.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....