Home » » Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bolavoli

Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bolavoli

Bolavoli merupakan salah satu olahraga yang sering kita lihat di sekitar kita. Bolavoli merupakan olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu. Permainan in dapat dimainkan di dalam ruangan atau di lapangan terbuka. Dalam permainan bolavoli tiap regu berusaha untuk memasukkan bola ke daerah lawan melewati atas net dan berusaha memenangkan permainan dengan cara mematikan bola di daerah lawan dnegan menggunakan teknik-teknik bermain bola voli yang benar. 

Permainan bolavoli ditemukan oleh William B Morgan pada tahun 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur).Kemudian permainan bolavoli ini menyebar ke seluruh dunia. Untuk pertama kalinya dipertandingkan di Polandia pada tahun 1974 dengan peserta yang cukup banyak. Maka pada tahun 1984 didirikan Federasi Bolavoli Internasional atau Internationnal Volley Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara.

Permainan bolavoli ini sangat cepat perkembangannya, antara lain disebabkan karena permainan bolavoli tidak memerlukan lapangan yang luas, mudah dimainkan, alat-alat yang digunakan sangat sederhana, permainan ini sangat menyenangkan, kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat kecil, dapat dimainkan di alam bebas maupun di ruang tertutup, dan dapat dimainkan banyak orang.

Di dalam permainan bolavoli terdapat beberapa teknik permainan Kegunaan teknik dalam permainan bolavoli antara lain agar efisien dan Efektif untuk mencapai kompetensi maksimal, untuk mencegah dan mengurangi terjadinya cidera, untuk mempermudah pengembangan gerakan peserta didik, dan peserta didik akan lebih yakin dengan kemampuan gerakan.

A. Prinsip Dasar Passing Permainan Bolavoli
Teknik Dasar Pasing 
Passing adalah mengoperkan bola kepada teman sediri dalam satu regu dengan satu teknik tertentu. Teknik passing bola voli tediri atas dua macam aitu passing bawah dan passing atas. 

Teknik dasar passing bawah 
Passing bawah yaitu passing yang dilakukan dengan dua tangan yang dikaitkan, dengan ayunan dan perkenaan dari bawah lengan, perkenaan bola pada bagian proximal pergelangan tangan dengan bidang selebar mungkin agar bola tidak banyak membuat putaran. Adpaun teknik dasar passing bawah antara lain :
  1. Persiapan : berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan, posisi lengan di depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti mangkuk di depan atas muka (wajah).
  2. Gerakan : dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat, usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah atas wajah, perkenaan bola yang baik adalah tepat mengenai jari-jari tangan.
  3. Akhir gerakan : tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.

Kelebihan menggunakan passing bawah antara lain tidak akan menimbulkan kecelakaan dalam pengambilan bola, bola datangnya kencang akan menjadi lemah, pantulan bola sempurna sehingga mudah di terima oleh pengumpan, untuk menghindari kecelakaan pada jari-jari tangan, dan mudah di terima oleh teman seregu yang bertugas sebagai pengumpan.

Teknik dasar passing atas
Passing atas yaitu passing yang dilakukan dengan menggunakan jari-jari kedua tangan. Adapun teknik dasar passing atas antara lain :
  1. Persiapan: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan Pandangan ke arah datangnya bola.
  2. Gerakan : dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergelangang tangan.
  3. Akhir gerakan: tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.

Kelebihan menggunakan passing atas adalah mudah untuk menerima bola yang melambung, bola dapat diumpan dengan baik kepada pemain yang bertugas melakukan smash, dan memudahkan bagi pengumpan dalam membagi bola kepada yang melakukan smash yang berada di depan, di samping, atau yang berada di belakang pengumpan.

B. Prinsip Dasar Servis Permainan Bolavoli
Pada mulanya servis merupakan pukulan pembukaan untuk  memulai suatu permainan. Teknik servis saat ini jika di tinjau dari sudut teknik sudah merupakan suatu serangan awal untuk mendapatkan point agar suatu regu meraih kemenangan. Dari segi pelaksanaannya teknik servis di bagi menjadi dua macam yaitu servis bawah, servis atas, service samping, dan service lompat.

Servis Atas
Servis atas adalah servis yang pukulannya dilaksanakan di depan atas kepala, sehingga pada waktu melakukan servis ini tangan harus diangkat ke atas. Gerakan service atas adalah sebagai berikut.
  1. Persiapan : berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada kedua kaki dan sikap badan agak condong ke depan, pegang bola di depan badan.
  2. Gerakan : lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengan gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.
  3. Akhir gerakan: Ikuti gerakan badan ke depan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak memukul.
Servis atas mempunyi kelebihan pukulan yang dihasilkan lebih menukik ke daerah lawan karena posisi bola saat awalan di depan atas kepala, servis ini sering digunakan saat pertandingan-pertandingan. Tetapi servis ini cenderung lebih sulit dilakukan oleh pemula karena pada saat melakukan butuh timing yang lebih cermat dibanding servis bawah.

Servis Bawah 
Servis bawah adalah memukul bola dengan salah satu tangan terkuat bisa tangan kanan atau tangan kiri yang dimulai dari bawah dengan mengayunkan lengan tersebut dengan keras dan kuat sehingga bola bisa melewati net dan masuk dalam lapangan. Gerakan service bawah antara lain sebagai berikut.
  1. Persiapan : berdiri di petak atau daerah servis dengan kaki kiri agak kedepan dari kaki kanan
  2. Gerakan : pegang bola setinggi pinggang dengan tangan kiri, lambungkan di depan badan. Lengan pemukul ayunkan ke belakang kemudian ayunkan lengan ke depan. Pukul bola dengan pergelangan tangan terbuka pada bagian tengah belakang. Konsentrasi pada bola
  3. Akhir gerakan : Setelah bola dipukul pindahkan berat badan ke kaki kanan dan bergerak ke lapangan petandingan
Servis bawah mempunyai kelebihan lebih mudah dilakukan, tetapi servis ini tidak bisa menghasilkan bola yang menukik ke daerah lawan karena posisi awal servis bola berada dibawah badan. Teknik servis bawah biasanya lebih banyak dipergunakan oleh pemain pemula.

Servis Samping
Service samping adalah melakukan pukulan permulaan dari daerah service dengan sikap berdiri menyamping dan berat badan berada di kaki kanan (bagi yang tidak kidal), telapak tangan menghadap ke atas. Cara melakukan servis dengan ayunan tangan dari samping sebagai berikut.
  1. Persiapan : pemain berdiri dengan kedua kaki menghadap sisi lapangan.
  2. Gerakan : bola dipegang dengan lengan menjulur setinggi kepala, kemudian lambungkan di depan badan. Lengan pemukul diayun ke belakang. Berat badan ditempatkan di belakang, dengan kedua lutut agak ditekuk. Lengan diangkat dengan membentuk gerakan melingkar. Bagian tubuh berputar sedemikian rupa sampai menghadap net, berat badan dipindahkan ke depan.

Service Lompat
Service lompat adalah cara melakukan pukulan permulaan di daerah service dengan melompat setelah bola dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan. Cara melakukan service lompat sebagai berikut.
  1. Persiapan :  pemain berdiri dengan dengan kedua kaki rapat.
  2. Gerakan : kedua tangan memegang bola di depan badan, Bola dilambungkan ke atas depan, Saat bola melambung, lakukan tolakan beberapa langkah ke depan untuk mendapatkan lompatan yang maksimal. Saat mencapai ketinggian maksimal dan bola berada pada jangkauan lengan pukullah bola tersebut. Pada saat memukul bola, berat badan dipindahkan ke depan.
Servis dengan meloncat ini keuntungannya adalah bola yang di servis keras dan sulit untuk dikendalikan. Akan tetapi ada juga kelemahan dari servis ini yaitu arah yang kurang tepat atau akurasi yang kurang baik.

C. Prinsip Dasar Smesh Permainan Bolavoli
Smesh atau spike adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan kuat dan keras serta jalannya bola cepat, tajam dan menukik serta sulit diterima lawan apabila pukulan itu dilakukan dengan cepat dan tepat. Proses melakukan smash dapat dibagi menjadi : Awalan, Tolakan, Meloncat, Memukul Bola dan Mendarat.
  1. Awalan. Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Langkahkan kaki satu langkah kedepan (pemain yang baik, dapat mengambil ancang² sebanyak 2 sampai 4 langkah), kedua lengan mulai bergerak kebelakang, berat badan berangsur² merendah untuk membantu tolakan.
  2. Tolakan. Langkahkan kaki selanjutnya, hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agak kedepan sedikit untuk mengerem gerak kedepan dan sebagai persiapan meloncat kearah vertical. Ayunkan kedua lengan kebelakang atas sebatas kemampuan, kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut ±110ยบ, badan siap untuk meloncat dengan berat badan lebih banyak bertumpu pada kaki yang didepan.
  3. Meloncat. Mulailah meloncat dengan tumit & jari kaki menghentak lantai dan mengayunkan kedua lengan kedepan atas saat kedua kaki mendorong naik keatas. Telapak kaki, pergelangan tangan, pinggul dan batang tubuh digerakkan serasi merupakan rangkaian gerak yang sempurna. Gerakan eksplosif dan loncatan vertikal.
  4. Memukul Bola. Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan tepat diatas tengah bola bagian atas. Pergelangan tangan aktif menghentak kedepan dengan telapak tangan & jari menutup bola. Setelah perkenaan bola lengan pemukul membuat gerakan lanjutan kearah garis tengah badan dengan diikuti gerak tubuh membungkuk. Gerak lecutan lengan, telapak tangan, badan, tangan yang tidak memukul dan kaki harus harmonis dan eksplosif untuk menjaga keseimbangan saat berada di udara. Pukulan yang benar akan menghasilkan bola keras & cepat turun ke lantai.
  5. Mendarat. Mendarat dengan kedua kaki mengeper. Lutut lentur saat mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari-jari kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badan condong ke depan. Usahakan tempat mendarat kedua kaki hampir sama dengan tempat saat meloncat.

Variasi Prinsip Dasar
Variasi dalam permainan bolavoli adalah melakukan satu bentuk gerakan prinsip dasar dengan berbagai cara, seperti : melakukan teknik dasar passing atas bolavoli di tempat, sambil bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok. Berikut variasi dalam pembelajarannya.
  1. Aktivitas mendorong bola menggunakan kedua tangan dari depan atas dahi,
  2. Aktivitas mendorong bola menggunakan kedua tangan dari depan atas dahi bola dipantul ke lantai terlebih dahulu,
  3. Aktivitas mendorong bola menggunakan kedua tangan dari depan atas dahi bola tergantung,
  4. Aktivitas mendorong bola menggunakan kedua tangan dari depan atas dahi ke arah ring basket,
  5. Aktivitas mendorong bola menggunakan kedua tangan, bola dilambung teman dari arah depan,
  6. Aktivitas passing atas/mendorong bola menggunakan kedua tangan langsung
  7. Aktivitas menahan bola dengan kedua lengan lurus dan rapat, bola dilambungkan sendiri,
  8. Aktivitas menahan bola dengan kedua lengan lurus dan rapat, bola dipantul sendiri,
  9. Aktivitas mendorong bola dengan kedua lengan lurus dan rapat, bola dipantul sendiri,
  10. Aktivitas mendorong bola dengan kedua lengan lurus dan rapat bola tergantung
  11. Aktivitas mendorong bola/passing bawah dengan kedua lengan lurus dan rapat bola dilambung teman dari depan,
  12. Aktivitas passing atas/mendorong bola menggunakan kedua lengan langsung
  13. Aktivitas memukul-mukul bola ke lantai menggunakan telapak tangan dengan jari-jari dibuka dan pergelangan tangan diaktifkan,
  14. Aktivitas memukul bola dengan telapak tangan dan jari direnggangkan, bola tergantung,
  15. Aktivitas memukul bola dengan telapak tangan dan jari direnggangkan, bola
  16. dipantulkan sendiri
  17. Aktivitas memukul bola dengan telapak tangan dan jari direnggangkan, bola
  18. dilambung sendiri,
  19. Aktivitas melakukan pukulan servis atas melewati atas net/tali,

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....