Home » » Menyusun Teks Eksplanasi Peristiwa Alam Banjir

Menyusun Teks Eksplanasi Peristiwa Alam Banjir

Banjir adalah peristiwa atau keadaan dimana terendamnya suatu daerah atau daratan karena volume air yang meningkat. Banjir termasuk peristiwa alam yang banyak terjadi di Indonesia. Penyebab peristiwa alam banjir antara lain akibat penggundulan hutan di hulu sungai sehingga air hujan langsung mengalir ke sungai. Bertumpuknya sampah pada saluran air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air, dan meluasnya wilayah pemukiman memiliki pengaruh langsung terhadap berkurangnya daerah resapan air.

Peristiwa alam banjir dapat diminimalisir dengan cara memperbanyak ruang hijau terbuka, melakukan reboisasi hutan yang rusak, membuat lubang resapan biopori, penanganan sampah dengan baik dan benar, dan tidak membangun pemukiman di tepi sungai.

Selain diminimalisir dengan cara-cara seperti di atas banjir juga dapat dikelola agar dampak negatifnya tidak terlalu besar. Pengelolaan banjir jangka panjang dilakukan dengan membangun waduk, rehabilitasi situ, dan penghutanan di wilayah hulu.

Akibat yang dapat ditimbulkan oleh banjir antara lain rusaknya sarana dan prasarana umum, kehilangan harta benda dan bahkan kehilangan nyawa. Selain itu banjir juga dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor.

No.StrukturIde Pokok
1.Pernyataan UmumBanjir termasuk peristiwa alam yang banyak terjadi di Indonesia.
2.Deretan penjelasan/isi: Peristiwa 1Penyebab peristiwa alam banjir
Peristiwa 2Cara meminimalisir peristiwa alam banjir
Peristiwa 3Pengelolaan banjir jangka panjang
Peristiwa 4Akibat yang dapat ditimbulkan oleh banjir 
3.InterpretasiBanjir dapat dicegah

Susunlah potongan-potongan teks berikut ini sehingga menjadi teks eksplanasi yang urut dan logis!
  1. Banjir terjadi hampir merata di Indonesia pada saat ini. Apa penyebabnya? Apakah manusia menjadi salah satu penyebabnya?
  2. Banjir terjadi karena banyak faktor. Curah hujan yang sangat tinggi dapat dianggap sebagai sebab terjadinya banjir. Selain itu, saluran air atau got yang tidak berfungsi karena tersumbat oleh sampah juga menjadi sebab terjadinya banjir.
  3. Jika Anda mempunyai biaya besar dan ruang lebih besar, buatlah sumur resapan dengan kedalaman mencapai empat meter dan diameter 150 cm !
  4. Perubahan iklim global mengakibatkan curah hujan tinggi bisa terjadi tiba-tiba. Curah hujan tersebut dapat terjadi dalam kurun waktu yang singkat atau dalam waktu lama.
  5. Awalnya, air akan berubah sifat menjadi jenuh pada tanah melalui infiltrasi pada pori-pori tanah. Pada kejadian selanjutnya air itu tidak lagi bisa diserap oleh tanah sehingga terjadi banjir.
  6. Cara sederhana mengatasi banjir adalah dengan memperlakukan air dengan benar. Artinya, kita harus dapat menyalurkan dan mengendalikan curahan hujan yang jatuh ke bumi dengan baik.
  7. Misalnya, jika kita tidak dapat mengirit pemakaian air, kita masih dapat menyimpannya dengan memasukkan air kembali ke dalam tanah. Air hujan yang ditampung melalui talang dapat dimasukkan langsung ke dalam tanah dengan cara membuat lubang serapan.
Teks eksplanasi memiliki struktur pernyataan umum, deretan penjelasan (eksplanasi), dan interpretasi (bersifat opsional).
Struktur TeksParagraf
Pernyataan UmumBanjir terjadi hampir merata di indonesia saat ini. Apa Penyebabnya? Apakah manusia menjadi salah satu penyebabnya?
Deretan penjelasanBanjir terjadi karena banyak faktor. Curah hujan yang sangat tinggi dapat dianggap sebagai sebab terjadinya banjir. Selain itu, saluran air atau got yang tidak berfungsi karena tersumbat oleh sampah juga menjadi sebab terjadinya banjir.

Perubahan iklim global mengakibatkan curah hujan tinggi bisa terjadi tiba-tiba. Curah hujan tersebut dapat terjadi dalam kurun waktu yang singkat atau dalam waktu lama.  Awalnya, air akan berubah sifat menjadi jenuh pada tanah melalui infiltrasi pada pori pori tanah. Pada kejadian selanjutnya air itu tidak bisa diserap oleh tanah sehingga terjadi banjir.

Cara sederhana mengatasi banjir adalah dengan memperlakukan air dengan benar. Artinya, kita harus dapat menyalurkan dan mengendalikan curahan hujan yang jatuh ke bumi dengan baik.

Jika Anda mempunyai biaya besar dan ruang lebih besar, buatlah sumur resapan dengan kedalaman mencapai empat meter dan diameter 150 cm! Misalnya, jika kita tidak dapat mengirit pemakaian air, kita masih dapat menyimpannya dengan memasukkan air kembali ke dalam tanah. Air hujan yang ditampung melalui talang dapat dimasukkan langsung ke dalam tanah dengan cara membuat lubang serapan.
InterpretasiBanjir dapat dicegah dengan mengadakan reboisasi di daerah hulu sungai, tidak membangun rumah di pinggir sungai, menjaga kebersihan sungai dan got dengan tidak membuang sampah di got dan sungai.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....