Home » » Menulis Teks Eksposisi Kebersihan Lingkungan

Menulis Teks Eksposisi Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Bahkan dunia sekolah pun selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Adanya pembagian piket kelas merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seprti menghapus papan tulis, menyiapkan spidol atau kapur tulis, dan menyapu kelas. Selain itu, setiap hari jumat selalu dipakai untuk kerja bakti membersihkan sekolah setelah jam mata pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Juma'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan unsur yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.

Untuk menguji pemahamanmu dalam teks eksposisi, kamu diminta membuat teks eksposisi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ketentuannya adalah sebagai berikut.
  1. Tema tulisan adalah “Kebersihan Lingkungan”.
  2. Karangan harus dalam bentuk tulisan eksposisi.
  3. Jumlah kalimatnya adalah 12—15.
  4. Untuk menulis karangan tersebut, kamu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan aturan-aturan seperti berikut ini. a) Gunakan kalimat tunggal dan kalimat majemuk! b) Gunakan konjungsi yang benar sesuai dengan kebutuhan, seperti kata dan untuk penambahan, atau untuk pemilihan, tetapi untuk perlawanan! c) Gunakan kata dan kelompok kata!

Struktur TeksParagraf
TesisLingkungan sekolah dapat diartikan segala sesuatu yang tampak dan terdapat di sekolah, baik itu alam sekitar maupun setiap individu yang berada di dalamnya(1). Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan oleh warga sekolah(2). 
ArgumentasiKebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu unsur penunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar.(3) Kebersihan lingkungan sekolah perlu dijaga(4).

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang dapat dilakukan misalnya membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan, tidak membuang sampah di kolong meja maupun di tempat lain, dan melaksanakan tugas piket dengan sebaik baiknya.(5) Kebersihan lingkungan sekolah juga bisa dijaga dengan kegiatan kerja bakti(6). Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dilakukan pada setiap hari Jum'at atau biasa disebut kegiatan "Jum'at Bersih"(7).

Kebersihan lingkungan sekolah yang tidak kalah pentingnya diperhatikan adalah ruang kelas(8). Ruang kelas menjadi ruang terpenting untuk kegiatan belajar siswa(9). Kebersihan lingkungan kelas merupakan kewajiban seluruh warga kelas.(10)

Walaupun tugas piket sudah dibagi untuk setiap harinya, tetapi ada saja siswa yang malas untuk melaksanakan piket(11). Sehingga keadaan kelas menjadi berantakan(12). Sampah kecil yang berserakan di bawah meja, meja dan kursi yang berantakan,  dan buku buku dan peralatan kelas yang tidak ditaruh ditempatnya(13).
PenegasanJika kita menginginkan susana belajar yang kondusif, kebersihan lingkungan sekolah harus dijaga oleh warga sekolah itu sendiri(14). Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan(15). 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.