Home » » Menganalisis Berbagai Jenis Teks

Menganalisis Berbagai Jenis Teks

Membaca merupakan satu dari keempat keterampilan berbahasa yang dapat menunjang pelajar dalam memahami teks. Dewasa ini berbagi informasi dapat di peroleh dengan mudah dan baik melalui media cetak , media elektronik, atau internet. Informasi yang di peroleh tidak hanya dalam bahasa Indonesia melainkan juga dalam bahasa asing. Analisis teks merupakan kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah teks guna meneliti struktur teks tersebut secara mendalam.

Pemahaman teks merupakan suatu proses yang memiliki tahapan sistematis dalam dalam rangka mamahami informasi menyeluruh dari suatu sumber bacaan, informasi dari segi linguistik maupun ekstra linguistiknya. Seringkali pembaca dalam hal ini pelajar mengalami kesulitan dalam memahami suatu teks dikarenakan kurangnya pengetahuan dasar tentang bahasa sumber, pokok pembahasan teks, latar belakang panulisan teks dan pemahaman kontek budaya.

Dalam hal memahami teks diharapkan para pelajar mampu menganalisis teks secara sistematis, memahami tidak hanya konteks bahasanya saja tetapi juga konteks budaya yang terdapat pada teks dan mengungkapkan kembali isi teks secara lisan dan tertulis berupa ringkasan (resume).

Ciri-Ciri Teks
Cerita Pendek
Teks cerita pendek disusun dengan struktur yang terdiri atas orientasi, komplikasi, dan resolusi. Bagian orientasi merupakan bagian awal yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu, dan awalan masuk ke tahap berikutnya. Bagian komplikasi berisi tokoh utama berhadapan dengan masalah (problem). Bagian ini menjadi inti teks narasi dan harus ada. Jika masalah pada bagian ini tidak ada, penulis harus menciptakannya. Sementara itu, bagian resolusi berisi pemecahan masalah. Masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif.

Deskripsi
Teks deskripsi disusun dengan struktur yang terdiri atas deskripsi umum dan deskripsi bagian. Bagian identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut. Deskripsi umum bagian deskripsi yang mendeskripsikaan secara umum, sedangkan deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

Eksplanasi
Teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup/interpretasi (tidak harus ada). Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.

Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi terdiri atas definisi umum (pembukaan), deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Bagian definisi umum (pembukaan) berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas. Deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci. Sementara itu, deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau kegunaan.

Eksposisi
Teks eksposisi disusun dengan struktur yang terdiri atas pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. Bagian pernyataan pendapat (tesis) berisi tentang pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks. Bagian argumentasi berisi tentang argumen-argumen yang mendukung pernyataan penulis, sedangkan penegasan ulang berisi tentang pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan (tesis).

Chairil Anwar
Struktur TeksKalimat
TesisChairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. Karyanya yang paling dikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. Pengarang Indonesia ini dilahirkan di Medan pada tanggal 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949.
ArgumentasiNama Chairil mulai dikenal dalam dunia sastra Indonesia setelah ia menulis puisi berjudul Nisan pada tahun 1942. Pada saat itu dia baru berusia dua puluh tahun. Selain menulis puisi, Chairil juga menjadi penyiar radio Jepang di Jakarta. Pada saat itu dia jatuh cinta pada Sri Aryati dan hingga akhir hayatnya, penyair ini tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya. Semua karyanya diterbitkan dalam beberapa buku, yakni Deru Campur Debu (1949); Kerikil Tajam yang Terampas dan yang Putus (1949); dan Tiga Menguak Takdir (1950, kumpulan puisi bersama Asrul Sani dan Rivai Apin).
Penegasan ulangSebagai penyair legendaris, karya-karyanya hingga kini terus diapresiasi pembaca. Sajaknya yang berjudul “Krawang-Bekasi”, “Aku”, dan “Diponegoro” selalu dibacakan pada saat hari-hari bersejarah di Indonesia. Dalam sajak itu suara perjuangan sangat kental.
Untuk memahami teks tentang Chairil Anwar dapat dilakukan dengan jawab pertanyaan berikut!
  1. Menurutmu, termasuk jenis teks apakah teks "Chairil Anwar" tersebut?(Eksplanasi)
  2. Bagaimana dengan bagian-bagian yang membangun teks tersebut? Coba sebutkan kemudian tulis bagian-bagian tersebut! (Tesis : Chairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. Karyanya yang paling dikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. Argumentasi : Nama Chairil Anwar........ Penegasan ulang : Sebagai penyair legendaris....)
  3. Ide pokok apa sajakah yang terkandung di dalam bagian-bagian yang menjadi struktur teks “Chairil Anwar” tersebut?(Seorang penyair legendaris, Dunia sastra Indonesia, Karya-karyanya diapresiasi pembaca)

Sriti, Pesawat tanpa Awak, Ciptaan Indonesia
Struktur TeksKalimat
Definisi umumPada tahun 2003 pesawat udara nir-awak (PUNA) digunakan pertama kali oleh pasukan Amerika Serikat untuk melawan Irak. Pesawat tersebut merupakan salah satu pesawat yang digunakan dalam dunia militer yang berfungsi sebagai pesawat pengintai.........
Deretan penjelasDalam fungsinya, pesawat tersebut dapat digunakan mengintai kegiatan-kegiatan para teroris yang banyak dilakukan di dalam hutan terpencil yang susah dijamah oleh transportasi darat, illegal logging,.......

Keunikan yang dimiliki Sriti yaitu tak adanya roda untuk lepas landas ataumendarat. Namun, untuk lepas landas pesawat ini menggunakan catapult take off yaitu sejenis peluncur yang terbuat dari logam baja stainless yang cukup fleksibel karena bisa dibongkar pasang kapan pun............

Kisah Semut dan Lalat
Struktur TeksKalimat
OrientasiBeberapa ekor lalat tampak terbang di atas sebuah tong sampah di depan sebuah rumah. Saat itu anak pemilik rumah keluar dan tidak menutup kembali pintu rumah. Kemudian, seekor lalat bergegas terbang memasuki rumah itu. Si lalat langsung menuju meja makan yang penuh dengan makanan lezat.
Komplikasi“Saya bosan dengan sampah-sampah itu, ini saatnya menikmati makanan segar,” katanya. Setelah kenyang, si lalat bergegas ingin keluar dan terbang menuju pintu saat dia masuk, tetapi ternyata pintu kaca itu telah terutup rapat. Si lalat hinggap sesaat di kaca pintu memandangi kawan-kawannya yang melambai-lambaikan tangannya seolah meminta agar dia bergabung kembali dengan mereka.

...........

Masih sambil berjalan dan memanggul bangkai lalat, semut tua itu menjawab, “Lalat ini tak kenal menyerah dan telah mencoba berulang kali, tetapi dia melakukannya dengan cara yang sama.” Semut tua itu memerintahkan rekan-rekannya berhenti sejenak seraya melanjutkan perkataannya, tetapi kali ini dengan mimik dan nada lebih serius, “Ingatlah semut muda, jika kamu melakukan sesuatu dengan cara yang sama tapi mengharapkan hasil yang berbeda, maka nasib kamu akan seperti lalat ini.”
ResolusiPara pemenang tidak melakukan hal-hal yang berbeda, mereka hanya melakukannya dengan cara yang berbeda.

Rumah Kecil di Bukit Sunyi
Struktur TeksKalimat
OrientasiDi atas bangku bambu reyot, Pak Kerto meluruskan kedua kakinya. Beberapa saat kemudian, ia beranjak dari bangku dan melangkah ke bilik belakang yang hanya dibatasi oleh anyaman daun rumbia. Diambilnya beberapa potong ubi dari panci dan diletakkannya di atas selembar daun pisang. Ia kembali ke depan dan menikmati ubi rebus sambil meminum kopi.
KomplikasiTiba-tiba pintu terbuka dan laki-laki dengan perut gendut muncul. “Ooo….

Juragan. Silakan, Gan”, sambut Pak Kerto sambil membungkuk. Dengan tergesa dibersihkannya bangku bambu yang sudah reyot itu. “Bagaimana? Apakah semuanya sudah beres?” tanya sang juragan.

...........

“Saya mengerti dan memahami keadaan Bapak. Juragan Bapak sekarang ada di tahanan polisi”.
ResolusiPolisi itu menyuruh Pak Kerto berjalan menuruni lereng perbukitan. Sedang ketiga polisi lainnya memanggul beberapa karung terigu yang berisi barang sitaan dengan dibantu beberapa peladang yang kebetulan berada di sekitar perbukitan itu. Pak Kerto tertunduk bisu. Inilah jawaban atas teka-teki tanaman itu, ya, dua tahun lebih baru terjawab sekarang. Pipi keriput lelaki tua itu basah oleh air mata. Rumah kecil di atas bukit semakin jauh ditinggalkan. Tuhan, jerit pak Kerto lirih. Purbalingga, 1982

Ikan Hias yang Digemari
Struktur TeksKalimat
Definisi umumIkan adalah binatang bertulang belakang yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Di antara ikan-ikan itu ada yang fungsinya sebagai hiasan. Ikan hias ini ada yang berasal dari air asin (laut) dan air tawar. Ada lima jenis ikan air tawar yang banyak digemari, yakni ikan Cupang, ikan Manfish, dan ikan Discuss.
Deskripsi bagianIkan cupang adalah jenis ikan kecil yang cantik. Ikan hias ini sangat dikenal masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ikan ini terkenal akan kecantikannya. Ada yang berwarna biru, dan ada yang berwarna ungu. Ikan ini cantik karena ekornya mengembang. Sayangnya, ikan ini agresif sehingga tempat penyimpanannya harus tersendiri. Pusat budi daya ikan ini banyak terdapat di Indonesia.
ikan hias

...........

Ikan Discus merupakan rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini menarik dan banyak peminatnya sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Ikan ini bentuk, warna, dan coraknya juga menarik. Harganya juga agak mahal. Sayangnya, ikan Diskus ini masih belum banyak di Indonesia.
Deskripsi manfaatIkan hias ini biasanya dipelihara di dalam kolam atau akuarium. Salah satu manfaatnya bagi manusia sebagai hiburan dan obat stress. Setelah pulang bekerja, menguras tenaga, pikiran akan tenang seketika setelah memandang ikan-ikan cantik ini.

Cerita Rakyat Populer di Indonesia
Struktur TeksKalimat
Definisi umumCerita rakyat adalah kisah yang hidup dalam masyarakat secara turun-temurun. Suku-suku bangsa di Indonesia memiliki banyak cerita rakyat. Di antara cerita-cerita terdapat tiga cerita yang cukup popular di Indonesia, yakni “Malin Kundang”, “Sangkuriang”, dan “Biwar sang Penakluk Naga”.
Deretan penjelasCerita “Malin Kundang” berasal dari Minangkabau. Cerita ini mengisahkan pengembaraan seorang anak yang ingin sukses dalam kehidupannya. Ketika Malin Kundang sudah mencapai prestasi yang tinggi, ia kembali ke desanya. Sayangnya ia tidak mengakui ibunya. Karena durhaka, anak itu dikutuk oleh orang tuanya menjadi batu.

...........

Cerita “Biwar Sang Penakluk Naga” berasal dari Mimika, Papua. Cerita mengisahkan perjuangan seorang ibu yang membesarkan Biwar seorang diri di hutan. Berkat didikannya yang baik, Biwar menjadi seorang pemuda perkasa yang berhasil mengalahkan seekor naga.
IntepretasiCerita-cerita rakyat ini banyak memberi pelajaran kepada kita agar berperilaku baik. Jangan memiliki sifat durhaka seperti Malin Kundang. Jadi, berperilakulah yang baik seperti perilaku Biwar yang pemberani.

Dampak Kemacetan Lalu Lintas
Struktur TeksKalimat
TesisDi banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yang pelik. Sebenarnya, ini merupakan yang tidak aneh. Meskipun demikian, kemacetan lalu lintas merupakan keadaan yang menjengkelkan kita sebagai pengguna jalan.
ArgumentasiJika diperhatikan, pada waktu-waktu tertentu lalu lintas di jalan-jalan tampak macet. Pada pagi hari, kemacetan lalu lintas mulai terasa ketika warga masyarakat mulai berangkat ke tempat mereka bekerja dan para pelajar mulai berangkat ke sekolah. Pada siang hari kemacetan lalu lintas mencapai puncaknya.

Banyak hal yang menjadi kemacetan lalu lintas. Pertama, adanya persilangan dengan jalan kereta api. Kedua, semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalan-jalan. Ketiga, banyak jalan digunakan sebagai parkir kendaraan dan sebagai tempat para pedagang kaki lima berjualan. Keempat, sering terjadi lampu lalu lintas mati. Kelima, sikap kurang terpuji pada pengemudi, seperti memberhentikan kendaraannya tidak pada tempatnya dan saling mendahului denan kendaraan lainnya. Terakhir, polisi lalu lintas tidak tampak di tempat tugasnya, apalagi jika lampu lalu lintas mati.
Penegasan ulangDengan demikian, akibat kemacetan lalu lintas pun muncul, seperti waktu yang terbuang percuma. Selain itu, bahan bakar juga terbuang percuma. Kemacetan lalu lintas juga dapat menyebabkan polusi udara dan suara. Bahkan, dapat mengakibatkan stres yang menyerang kesehatan rohani kita.

Teka-Teki Kematian Michael Jackson
Struktur TeksKalimat
Definisi umumOki Novendra, pelajar kelas I SMA Negeri 1 Bogor, berhasil menyabet emas di Internasional Conference Young Scientists ke-17, ajang kompetisi ilmuwan muda tingkat dunia. Dia dapat memecahkan misteri kematian Michael Jackson.
Deskripsi bagianKematian Michael Jackson menggugah pelajar kelas 1 SMA Negeri 1 Bogor melakukan “investigasi”. Oki Novendra, sang pelajar, bahkan membuat teori. “Kalau menggunakan Demerol, kita bisa tahu berapa yang mengendap dalam darah dan menjadi penyebab serangan jantung,” katanya.........

..........
Siswa kelahiran 6 Oktober 1993 yang hobi bermain musik dan baseball ini mencoba mempresentasikan karyanya di depan juri. Ia merebut medali emas dan mendapatkan jaminan pendidikan yang dijanjikan pemerintah sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya dalam olimpiade tingkat internasional ini.
Deskripsi manfaat“Manfaat yang saya peroleh dari penelitian ini awalnya hanya menjelaskan side effect obat Demerol yang dikonsumsi Michael Jackson. Akan tetapi, kemudian saya mendapat rumus aman untuk menghitung dosis obat yang wajar dikonsumsi dalam darah,” jelasnya.

Oki berharap dirinya dapat menjadi ilmuwan muda yang mewakili Indonesia dalam Internasional Conference Young Scientists ke-17 serta dapat mengharumkan nama bangsa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....