Home » » Membuat Teks Eksposisi Cinta Tanah Air

Membuat Teks Eksposisi Cinta Tanah Air

Cinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah airnya. Rasa cinta tanah air diwujudkan dengan cara mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Rasa mencintai tanah air harus dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal. Sebagai seorang pelajar rasa cinta tanah air diwujudkan melalui kegiatan upacara bendera yang biasanya dilaksanakan setiap hari Senin dan pada upacara peringatan hari besar nasional.

Upacara bendera, merupakan wujud penggambaran dari perilaku cinta terhadap tanah air, bangsa, dan negara. Upacara bendera adalah menghargai pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan ini. Lewat upacara bendera ini kita sebagai tunas-tunas harapan bangsa yang baru sebagai pengganti generasi pendahulu, tentuh harus mampu menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang mendahului kita.

Untuk membuat teks eksposisi tentang "Cinta Tanah Air" dapat dilakukan dengan cara mengamati gambar. Perhatikan gambar tersebut, lalu paparkan secara lisan fakta-fakta yang dapat dilihat dalam gambar tersebut.  Sampaikan pendapat dan alasan-alasan yang sesuai dengan sudut pandangmu tentang gambar tersebut. Untuk itu, kamu perhatikan beberapa pertanyaan berikut.
  1. Apakah yang mereka lakukan?
  2. Bagaimanakah perilaku mereka?
  3. Mengapa mereka melakukan hal itu?
  4. Mengapa mereka mengangkat tangan?
cinta tanah air
Cinta Tanah Air
Struktur TeksParagraf
TesisCinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah airnya. Rasa cinta tanah air seharusnya kita terapkan di lingkungan keluarga, sekolah, tempat tinggal kita, bahkan di manapun kita berada.
Argumentasi
Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dilahirkan oleh generasi yang mempunyai idealisme cinta tanah air dan bangsa, kalau tidak, mungkin saat ini kita masih dijajah oleh bangsa lain. Wujud rasa cinta tanah air dapat dilakukan dengan kegiatan yang sangat sederhana.

Ada berbagai cara untuk mewujudkan rasa cinta tanah air Indonesia, salah satu diantarnya adalah dengan hormat kepada Bendera Merah Putih. Pada saat Upacara Bendera seluruh warga sekolah mengangkat tangan dan menghadap ke arah Bendera Merah Putih.

Mereka hormat kepada Bendera Merah Putih dengan khidmat dan sungguh-sungguh. Bendera Merah Putih hanya merupakan simbol, sebenarnya yang kita hormati adalah jasa para pahlawan yang rela berkorban harta dan nyawa agar bendera merah putih dapat tetap berkibar di Indonesia. Merah Putih menjadi tanda bahwa negara kita adalah negara merdeka yang diperoleh dengan kerja keras dan pengorbanan. Ketika kita hormat ke bendera Merah Putih, artinya kita sedang menghormati para pahlawan yang telah berjasa untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai seorang pelajar rasa cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun negera kita agar tidak ketinggalan dari bangsa lain. Menjaga kelestarian lingkungan, tidak memilih-memilih teman, berbakti pada orang tua (Ibu, Bapak, Guru) juga merupakan bentuk cinta tanah air.
PenegasanDengan demikian, kita dapat mencintai tanah air Indonesia dengan cara menghormati Bendera merah Putih. Menghormati Bendera Merah Putih selain sebagai bentuk cinta tanah air Indonesia, juga untuk menghargai jasa para Pahlawan. Kita harus menghormati Bendera Merah Putih sebagai wujud rasa patriotisme terhadap tanah air Indonesia.
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Ir. Soekarno Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....