Home » » Membedakan Teks Cerita Fabel dengan Teks Deskripsi

Membedakan Teks Cerita Fabel dengan Teks Deskripsi

Membandingkan  teks merupakan usaha yang dilakukan untuk menemukan persamaan dan perbedaan teks. Membandingkan dua teks fabel dapat diartikan sebagai usaha menemukan persamaan dan perbedaan dengan teks yang lain. Perbandingan struktur teks merujuk pada persamaan dan perbedaan penyajian isi struktur dalam dua buah teks yang dibandingkan. Perbandingan tersebut bertujuan untuk menelaah kelengkapan struktur dan efeknya dalam gaya penjalinan masalah cerita dalam teks fabel.

Dua buah teks dapat memiliki kesamaan tema atau informasi. Untuk dapat membandingkan dan mencari kesamaan teks dapat dilakukan dengan cara membaca kedua teks tersebut secara keseluruhan. Dalam membaca teks tersebut mungkin tidak hanya sekali saja, bisa juga berulang-ulang agar dapat menentukan kesamaanya. Perbandingan ini bertujuan untuk menelaah bagaimana sarana estetik dalam suatu teks didayagunakan dan efeknya bagi penyajian cerita.

Pada tulisan ini hanya membahas perbedaan teks cerita moral/fabel dengan teks deskripsi dilihat dari struktur isi. Membedakan teks cerita moral/fabel dengan teks deskripsi dilihat dari fitur bahasanya. Perhatikan contoh teks di bawah ini.

Teks Deskripsi
Struktur TeksKalimat
Definisi umumAnjing terkecil bernama Scooter. Tinggi badan anjing ini hanya tiga inci atau sekitar 7,2 cm. Warna bulunya putih. Scooter dapat duduk di atas sebuah cangkir. Binatang mini ini berasal dari Auckland, Selandia Baru. Karena badan si mini yang kecil, Cheril McKnight, pemiliknya, hanya menggunakan cangkir telur untuk memberi makan. Tempat tidur anjing itu pun hanya sebesar kotak sepatu.
anjing scooter
Deretan penjelasDia mengalahkan rekor anjing paling kecil sebelumnya, yaitu Boo Boo dengan tinggi badan 4 inci yang berasal dari Amerika Serikat. Anjing Scooter juga mengalahkan rekor anjing paling kecil di dunia tahun 2005 dari ras Chihuahua, yaitu Brandy, yang mempunyai tinggi badan 15,2 cm dan berat badan 1 kg.

Teks deskripsi adalah sebuah teks yang menggambarkan atau melukiskan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang bisa merangsang panca indera sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri benda objek yang dideskripsikan oleh penulis.

Paragraf deskripsi merupakan hasil observasi atau pengamatan, jadi informasi yang digunakan untuk menggambarkan suatu benda atau objek harus jelas dan sesuai fakta dan data yang ada pada objek tertentu.

Ciri-ciri teks deskripsi
  1. Menggambarkan atau melukiskan suatu objek seperti benda, tempat, atau suasana tertentu.
  2. Melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan).
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti warna, ukuran, bentuk, dan kepribadian secara terperinci.
  4. Banyak ditemukan kata-kata atau frase yang bermakna keadaan atau kata sifat.

Teks Fabel
Struktur TeksKalimat
OrientasiDahulu kala ada seekor anjing yang punya kebiasaan mendekati tumit orang. Tidak jarang pula anjing itu mengigit tumit dari orang yang ditemuinya. Karena kebiasaan itu majikannya memasang kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika anjing ini akan mendekat.
KomplikasiSi anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagi ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan sengaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Dia selalu berlari ke setiap penjuru dan menunjukkan lonceng tersebut kepada setiap orang yang lewat.

Seekor anak anjing bertanya, “Mengapa kamu selalu berlari ke sana-kemari dengan loncengmu?"

“ Ya, aku bangga pada lonceng di leherku. Tidak setiap anjing punya lonceng sepertiku.”
ResolusiPada suatu ketika anjing tua berkata kepada anjing berlonceng, “ Mengapa kamu selalu memamerkan diri dengan loncengmu?”

“ Ya, karena tidak setiap anjing memiliki lonceng sepertiku”

“Sebenarnya kamu harus malu pada loncengmu. Lonceng itu tidak patut kamu
banggakan. Bahkan, itu aib. Sebenarnya majikanmu memberi lonceng itu agar orang berhati-hati dengan kehadiranmu. Lonceng itu adalah pemberitahuan kepada semua orang agar hati-hati dan waspada akan kedatanganmu karena kamu anjing yang tak tahu aturan dan sering menggigit tumit orang,” kata anjing tua.
KodaSetelah mendengar hal itu, anjing berlonceng tidak mau lagi berlari-lari. Meskipun memakai lonceng, dia tidak berani lagi memamerkan loncengnya karena banyak anjing lain yang mengetahui aibnya.

Teks cerita fabel memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Menggunakan hewan sebagai tokoh utama dan dapat bertingkah seperti manusia.
  2. Menunjukkan penggambaran moral dan dan kritik tentang kehidupan di dalam ceritanya.
  3. Penceritaan yang pendek dan menggunakan pilihan kata yang mudah.
  4. Menceritakan antara karakter manusia yang lemah dan kuat.
  5. Menggunakan setting alam.
  6. Memuat informasi berdasarkan khayalan (fiksi).

Untuk membedakan teks biografi dengan teks fabel dapat dilihat dari segi: Struktur teks dan Fitur bahasa.
1. Struktur teks biografi dan struktur teks fabel
  1. Struktur teks fabel meliputi orientasi (pengenalan tokoh/ binatang), komplikasi (munculnya masalah), resolusi (pemecahan masalah) dan koda (bagian akhir/ amanat).
  2. Struktur teks deskripsi meliputi identifikasi (berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut), klasifikasi (berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok dsb), deskripsi bagian (berisi tentang gambaran-gambaran bagian did alam teks tersebut)

Fitur bahasa
  1. Teks deskripsi menggunakan fitur bahasa faktual yang bararti sesuai dengan kenyataan.
  2. Teks fabel menggunakan fitur bahasa dalam kehidupan sehari-hari yang berarti bersifat imajinatif atau khayalan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....