Home » » Tahapan Pembuatan Jus Wortel dan Tomat

Tahapan Pembuatan Jus Wortel dan Tomat

Minuman sehat merupakan minuman yang memiliki kandungan nutrisi optimal yang baik dan sehat dan  dapat diperoleh tubuh. Pembuatan minuman kesehatan jus wortel dan tomat merupakan salah satu contoh saja, sebab masih banyak contoh minuman kesehatan yang lain. Adapun yang harus diperhatikan adalah tahapan/proses pembuatan dalam membuat karya pengolahan agar dapat dihasilkan karya pengolahan yang sesuai kegunaan, nyaman dalam rasa, tepat dalam pengolahan, memiliki nilai estetis dalam penyajian maupun kemasan, aman bagi kehidupan manusia.

Buah-buahan merupakan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral untuk menjalankan metabolisme tubuh. Selain itu buah juga kaya akan vitamin dan enzim yang berperan penting dalam menjaga kondisi organ-organ tubuh tetap sehat. 

Buah tomat dan wortel memiliki kandungan vitamin A dan beta-karoten(provitamin A) tinggi. Fungsinya ialah untuk memberikan asupan padaorgan penglihatan yaitu mata agar dapat menjalankan tugasnya secaraoptimal.Selain berguna bagi kesehatan, jus buah tomat campur wortel jugabagus untuk menutrisi penting bagi tubuh utamanya vitamin C.Sedangkan senyawa anti-oksidan dalam tomat (likopen) sudah terbuktibaik bagi organ jantung.

Beberapa tips dalam pembuatan jus sayuran dan buah, antara lain seperti berikut ini.
  • Pilihlah buah dan sayuran yang masih segar dan kulit/daunnya masih mulus agar kandungan vitaminnya masih utuh.
  • Buah/sayuran perlu dikupas dan dicuci bersih agar aman dikonsumsi (menghilangkan pestisida).
  •  Agar bau langu dari sayuran hilang, setelah sayuran dicuci, berikan tambahan jeruk lemon. Misalnya, untuk membuat jus dari 5 batang wortel, tambahkan air perasan dari 14 jeruk lemon. Kita juga dapat menambahkan buah nanas untuk menghilangkan bau atau rasa langu jus sayuran karena buah nanas yang mencolok dapat membuat nikmat. Untuk pemanis rasa jus sayur, gunakan madu agar nikmatnya jus sayuran makin sempurna.
  • Perhatikan kondisi dan kebersihan gelas blender. Jika pisau blender sudah berkarat dan pisau blendernya kotor sebaiknya blender jangan digunakan karena akan menyebabkan penyakit.
  • Perhatikan komposisi takaran bahan campuran jus buah, sayuran, dan bahan pemanis agar sesuai dengan tujuan pencegahan atau pemeliharaan kesehatan tubuh.
Berikut ini contoh tahapan pembuatan minuman kesehatan jus wortel dan tomat.

a. Perencanaan
  • Identifikasi Kebutuhan : Siswa belajar terus menerus dalam menghadapi ujian akhir semester yang menyebabkan kelelahan pada mata.
  • Perencanaan fisik : Minuman kesehatan untuk melindungi mata karena lelah dan mencegah mata minus yaitu “Jus wortel dan tomat”.
  • Gunakan celemek, ikat rambutmu jika panjang agar tidak ada rambut yang terjatuh pada makanan saat bekerja. Cuci tangan sebelum bekerja. atau gunakan sarung tangan plastik jika ada.
  • Hati-hatilah dalam bekerja baik dalam menggunakan peralatan tajam, listrik, maupun pecah belah.
  • Jaga kebersihan, kerapihan dan kerja sama saat membuat karya.

b. Pelaksanaan
1) Persiapan
Membeli wortel dan tomat di pasar pada pagi hari agar mendapatkan sayuran yang masih segar. Mencuci peralatan yang dibutuhkan sebelum digunakan untuk membuat jus.
alat dan bahan
  • Bahan. Bahan yang diperlukan yaitu wortel dan tomat (2:1), madu atau gula secukupnya, es batu atau air matang secukupnya.
  • Alat: Alat yang diperlukan antara lain : talenan, pisau, blender, saringan, sendok. Untuk penyajian diperlukan: gelas kaca, atau gelas plastik

2) Proses Pembuatan
proses pembuatan jus
  • Membeli wortel dan tomat yang masih segar. Mencuci peralatan yang dibutuhkan sebelum digunakan untuk membuat jus. Pengupasan dan pencucian bahan: Kupas wortel menggunakan pisau.
  • Pengupasan dan pencucian bahan: Mencuci peralatan yang dibutuhkan sebelum Kupas wortel menggunakan pisau. Cuci bersih wortel dan tomat sampai bersih
Pembuatan Jus Wortel :
  • Potong wortel dan tomat agar lebih cepat hancur.
  • Masukkan wortel dan tomat potong dan es batu ke dalam gelas blender.
  • Tutup gelas blender, pasang kabel listrik blender pada stop kontak listrik, lalu tekan
  • tombol untuk menghidupkan blender. Biarkan blender bekerja selama 2 menit, kemudian matikan mesin blender. Tuang jus wortel-tomat pada gelas saji.
  • Apabila ingin mendapatkan jus tanpa serat, kita dapat menyaringnya dan menekan ampas wortel-tomat dengan sendok sehingga hanya tersisa jus murni tanpa ampas.
  • Sesuai selera beri gula atau madu secukupnya dan diaduk sampai tercampur rata.

c. Penyajian/Kemasan
Tempatkan jus wortel pada gelas saji ataupun gelas kemasan yang bisa dibawa pulang.

d. Evaluasi
Di akhir pembuatan pengolahan minuman kesehatan jus wortel dan tomat ujilah hasilnya dengan cara mencoba/merasakan minumanmu. Jika ada yang kurang sesuai buatlah catatan evaluasinya sebagai bahan masukkan dan bahan perbaikan nantinya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....