Home » » Produk Kerajinan Kaca Serat

Produk Kerajinan Kaca Serat

Kaca serat (fiberglass) adalah serat gelas berupa kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, kondisi sudah siap pakai. Kemudian, diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi. Oleh sebab itu, fiberglass biasa digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik. Keunggulan fiberglass sebagai material komposit memang tidak diragukan lagi. Bobot yang ringan, kekuatan yang tangguh dan dapat diandalkan, sifat yang anti karat, penampilan yang menarik dan bisa diberi efek warna serta tekstur serta flexibilitas untuk dibentuk menjadi aneka bentuk adalah sebagian keunggulan fiberglass yang membuat bahan ini serbaguna.

Kerajinan fiberglass membutuhkan beberapa campuran dalam proses pembuatannya. Campuran fiberglass terdiri atas cairan resin (minyak resin bahan dasarnya minyak bumi dan residu), katalis, matt atau serat fiber, polish atau sabun krim, silikon untuk membuat cetakan, serta talk untuk memekatkan warna. Proses pembuatan perlu perbandingan agar memperoleh hasil yang baik. Jika zat cair (resin dan katalis) dicampur, akan bereaksi dari cair berubah menjadi padat dan keras, serta berwarna bening mengilap. Terkadang campuran resin katalis dicampur dengan talk kimia yang akan membuat warna resin menjadi pekat tidak bening. Warna resin ini biasanya digunakan untuk membuat bahan kerajinan yang lebih menyerupai warna asli dari model.

1. Bahan dan Alat Kerajinan Fiberglass
alat dan bahan
Bahan: (a) resin, (b) katalis, (c) matt fiber, (d) silicon rubber, dan (e) cetakan.
  • Resin adalah bahan kimia berbentuk cairan yang menjadi material utama. Resin memiliki jenis yang bermacam-macam. Secara mudah kita menyebut pembagian ini dengan resin bening, resin keruh, resin anti gores dan lain-lain. 
  • Katalis adalah cairan kimia yang berfungsi sebagai agen untuk membuat resin bereaksi. Dalam hal ini resin menjadi keras.
  • Matt adalah sebutan untuk serat (fiber) yang berwarna putih dengan susunan tidak beraturan. Fungsinya sebagai penguat resin terutama pada pembuatan lembaran agar tidak mudah retak/pecah.Matt ini juga digunakan sebagai pelapis agar lapisan fiberglass menjadi tebal. Matt fiber berfungsi sebagai pelapis campuran/adonan dasar fiberglass, sehingga sewaktu unsur kimia tersebut bersenyawa dan mengeras, mat berfungsi sebagai pengikatnya. Akibatnya fiberglass menjadi kuat dan tidak getas.
  • Silikon rubber adalah cairan berwarna putih kental seperti susu,berfungsi untuk membuat cetakan silicon.
Perlu kehati-hatian jika menggunakan bahan fiberglass karena aromanya yang keras dan akan mengeluarkan hawa panas. Mett fiber (serat fiber) dapat membuat gatal. Gunakan sarung tangan dan masker sebagai pelindung.

2. Produk Kerajinan Kaca Serat
Beberapa kerajinan hasil pengolahan fiberglass antara lain : hiasan dinding , hiasan lemari es, gantungan gunci, piagam, asesoris mobil/ sepeda, speed boat, dan masih banyak yang lainnya.

3. Langkah-Langkah Pembuatan Kerajinan dari Fiberglass
a) Membuat model
Langkah pertama membuat barang dari fiberglass kita harus membuat model, Model bisa dari barang yang sudah jadi misalnya patung porselen atau boneka plastik. Jika tidak ada benda modelnya, model dapat dibuat dari tanah liat atau plastisin.

b) Membuat cetakan (mold)
Olesi permukaan model dengan polish atau sabun krim secara merata. Model lalu diolesi cairan silikon hingga berlapis-lapis, keringkan, lalu cetakan yang terbuat dari silikon rubber siap dilepas dari modelnya. Jika akan membuat cetakan dua sisi, silikon diolesi kedua sisi yang sebelumnya diberi pembatas mengelilingi bagian tengah model agar diperoleh dua sisi yang presisi.

c) Membuat objek dengan fiberglass
Buat campuran resin dan katalis, dengan perbandingan 100 ml : 5 ml. Masukkan larutan fiberglass ke dalam cetakan silikon perlahan-lahan. Jika objek yang dicetak berukuran besar, digunakan matt fiber yang diletakkan di antara lapisan larutan fiberglass.

d) Melepas karya
Jika larutan fiberglass sudah mengeras, lepas karya dari cetakan dan rapikan dengan amplas atau gerinda.

e) Memberi warna
Karya bisa diberi warna dengan cat kayu atau cat akrilik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:39 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....