Home » » Pengolahan Minuman Segar

Pengolahan Minuman Segar

Pengolahan bahan pangan adalah suatu kegiatan merubah bahan mentah menjadi bahan siap saji ataupun bahan setengah siap saji. Tidak semua makanan di konsumsi dalam bentuk segar. Sebagian besar makanan di konsumsi setelah terlebih dahulu diolah menjadi berbagai makanan siap saji/setengah siap saji dalam berbagai jenis. Fungsi Pengolahan bahan pangan adalah untuk meningkatkan kualitas bahan pangan tersebut. Fungsi Pengolahan Buah adalah untuk memperpanjang daya guna pangan, meningkatkan rasa, dan mempertahankan nilai tambah dan menambah nilai jual.

Buah-buahan dan sayur-sayuran dikatakan sebagai pangan fungsional karena merupakan pangan alami yang mengandung komponen bioaktif sehingga dapat memberikan dampak positif pada fungsi metabolisme manusia. Buah-buahan dan sayuran secara alami terbukti mengandung komponen bioaktif yaitu mineral, antioksidan, lipid dan probiotik. Efek fisiologis pada metobolisme manusia yang diberikan oleh buah dan sayuran adalah imunologi, ketercernaan dan aktivitas anti-tumor karena memiliki sifat organoleptik dan fisiokimia (warna, kelarutan, dan tekstur).

Pengolahan Minuman Segar
Minuman segar adalah minuman yang menghilangkan rasa dahaga, menyegarkan, terasa nyaman, ringan, dan menyehatkanBuah dan sayuran dapat dibuat m inuman segar.  Pengolahan minuman segar sangat banyak ragamnya di Nusantara, antara lain cendol khas Bandung (di Jawa Tengah dikenal dengan es dawet), es pisang hijau khas Makassar, es doger khas Betawi dan es oyen khas Yogyakarta (biasanya dikenal dengan es campur).

Kelapa sangat banyak manfaatnya. Air kelapa hijau dapat digunakan untuk menyembuhkan orang yang keracunan. Selain itu, semua bagian kelapa dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, mulai dari akar, daun, batang dan buahnya. Pilihan minuman segar es kelapa muda hanya sebuah contoh saja yang umumnya dikenal masyarakat Indonesia.

Tahapan Pembuatan Minuman Segar Es Kelapa Muda
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan minuman segar es kelapa muda adalah tahapan/proses pembuatan dalam membuat karya pengolahan agar dapat dihasilkan karya pengolahan yang sesuai kegunaan, nyaman dalam rasa, tepat dalam pengolahan, memiliki nilai estetis dalam penyajian maupun kemasan, dan aman bagi kehidupan manusia.

Contoh tahapan pembuatan minuman segar es kelapa muda, sebagai berikut:
a. Perencanaan
  • Identifikasi Kebutuhan. Pada saat, ada perlombaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan di sekolah dan hari sangat panas.
  • Ide/gagasan. Minuman segar, dingin dan manis, seperti es kelapa muda sangat cocok sebagai pelepas dahaga dan untuk mengembalikan energi yang hilang. Anak-anak sekolah tentu akan menyerbu untuk membeli es kelapa muda.

b. Pelaksanaan
1) Persiapan
Mengupas kelapa di pedagang/penjual dan menyimpan airnya di kantong plastik, tetapi mengeruk daging kelapa dilakukan sendiri agar lebih cantik dan bersih.

a) Bahan
Kelapa muda, air sebagai tambahan air kelapa, gula sebagai pemanis, serta es batu supaya minuman menjadi dingin dan segar.

b) Alat
  • Golok untuk membelah kelapa muda dan pengeruk untuk daging kelapa yang agak tua.
  • Sendok makan untuk mengeruk kelapa yang sangat muda. Sendok besar untuk mengaduk dan mengambil kelapa muda.
  • Wadah baskom/mangkuk besar untuk tempat es kelapa muda.
  • Gelas dan sendok plastik untuk penyajian es kelapa muda.
2. Proses Pembuatan
Mengupas kelapa di pedagang/penjual dan menyimpan airnya di kantong plastik, tetapi mengeruk daging kelapa dilakukan sendiri agar lebih cantik dan bersih.

a) Pengupasan kelapa
Mengupas kelapa dilakukan oleh pedagang/penjual. Proses pengupasan kelapa sebagai berikut:
  • Potong kulit/sabut kelapa bagian atas dan bawah dengan golok.
  • Kulit/sabut kelapa dibuang hingga kelapa dapat diletakkan di meja dan terlihat batok kelapanya. Hati-hati jangan sampai batoknya terkupas. Lubangi kelapa bagian atasnyadengan ujung golok, sehingga terlihat isi buah kelapanya.
  • Tuang air kelapa ke dalam plastik.
  • Belah kelapa untuk mengambil daging kelapanya.
Hati-hati dalam menggunakan golok atau pisau besar saat mengupas dan membelah buah kelapa. Kebersihan harus diperhatikan pada saat menuang air kelapa ke dalam tempat air kelapa. Usahakan serpihan sabut kelapa tidak terikut. Kebersihan bahan, alat, dan tempat juga diperhatikan.
pembuatan es kelapa muda
b) Pembuatan Es Kelapa Muda
  • Keroklah kelapa dengan alat khusus pengeruk kelapa muda. Jika kelapa terlalu muda, dapat dikerok dengan menggunakan sendok makan biasa.
  • Tuang air kelapa dan daging kelapa pada wadah baskom besar, lalu tambahkan air matang. Penambahan air diperlukan mengingat air kelapa jumlahnya tidak banyak.
  • Beri gula pasir secukupnya. Aduklah sampai gula tercampur rata. Rasakan manisnya.

c. Penyajian/Kemasan
Untuk penyajian, masukkan es batu pada gelas kaca/plastik, lalu masukkan air dan daging kelapa muda. Agar mudah menyantapnya,beri sedotan atau sendok.

Penyajian ataupun kemasan merupakan tahap akhir dari proses pembuatan produk olahan pangan. Penyajian/pengemasan produk pangan telah dilakukan sejak masa lampau. Biasanya, minuman tradisional tertentu disajikan atau dikemas dengan menggunakan buah itu sendiri dan minuman air nira pada buluh bambu.

Sekarang bahan kemasan yang umum digunakan adalah terbuat dari kertas, kaca/gelas, plastik atau bahan polimer seperti polietilen (PE), polipropilen (PP) serta kemasan yang dapat terurai secara biologis atau biodegradasi (biodegradable packaging).

Ada kriteria tertentu yang harus diperhatikan dalam pemilihan wadah penyajian/kemasan, antara lain sebagai berikut.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian tidak berbau sehingga tidak mempengaruhi atau mengubah rasa dari produk pangan olahan.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian memiliki kekuatan sebagai tempat produk pangan olahan.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian mudah didapat.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian aman bagi kesehatan dan bersih.

d. Evaluasi
Di akhir pembuatan pengolahan minuman segar es kelapa muda ujilah hasilnya dengan cara mencoba/merasakan minumanmu. Jika ada yang kurang sesuai buatlah catatan evaluasinya sebagai bahan masukkan dan bahan perbaikan nantinya,
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....