Home » » Modifikasi Produk Kerajinan Bahan Limbah Anorganik

Modifikasi Produk Kerajinan Bahan Limbah Anorganik

Pada modifikasi produk kerajinan dari bahan limbah anorganik dapat dipelajari mengenai pengembangan penciptaan dari produk kerajinan bahan limbah anorganik lunak dan keras. Dengan mengembangkan kreatifitas produk kerajinan bahan limbah anorganik lunak dan keras yang ada dapat diolah sedemikian rupa menjadi karya yang lebih unik dan ekonomis.  Modifikasi adalah merubah, menggayakan, menambah/ menyederhanakan bentuk, memadukan aneka bahan, mengatur ulang komposisi warna, motif, dapat pula menciptakan hal baru yang sangat berbeda dari asalnya. 

Modifikasi kerajinan tidak hanya meniru ataupun memadukan aneka bahan limbah organik, namun dapat juga menciptakan desain yang baru. Dengan cara ini akan melahirkan karya kerajinan yang kreatif dan artistik. Kegiatan dapat diawali dngan pembuatan desain modifikasi dengan mengolah bahan limbah anorganik yang ada  dan rancang kembali dengan cara disederhanakan bentuknya maupun digayakan bentuknya baik secara keseluruhan maupun sebagian saja. Hal ini perlu dilakukan agar menghasilkan bentuk maupun cita rasa karya yang unik.

a. Perencanaan
1. Idntifikasi Kebutuhan
Dalam koreografi tari modern dapat dipadukan dengan musik tradisional. Misalnya pada acara pertunjukkan ulang tahun sekolah dapat ditampilkan menari dengan kostum tari yang bercirikan ramah lingkungan hasil desain sendiri. Kostum tersebut dapat dibuat dngan menggunakan limbah plastik.

Kostum yang dibuat berwarna hitam dengan aksen rok dari plastik dan kain perca. Atasan dan bawahan hitam merupakan kaos yang sudah jadi dan dapat dibeli di toko. Sedangkan roknya dapat dibuat sendiri dengan teknik tempel dan jahit

2. Menentukan Bahan dan Fungsi
Menentukan bahan dan fungsi karya kerajinan modifikasi dari bahan limbah organik. Bahan yang digunakan adalah limbah plastik dan kain perca, sedangkan fungsi karya modifikasi adalah untuk kostum tari.

3. Menggali Ide
Menggali ide dari berbagai sumber. Sumber dapat berasal dari majalah, surat kabar, internet maupun pengamatan langsung ke pasar.

4. Membuat sketsa karya dan menentukan karya terbaik dari sketsa.

b. Pelaksanaan
  • Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan secara lengkap. Bahan yang digunakan adalah limbah plastik kemasan kopi susu, kain perca, koran bekas, dan renda. Alat yang digunakan antara lain pensil, gunting, pisau kertas, lem, jarum, benang, meteran, dan mesin jahit.
kain perca
  • Bersihkan plastik kemasan kopi susu dan potong agar bentuk motifnya sama dengan yang lainnya. Tempelkan satu persatu hingga memanjang.
  • Buat pola pada kertas koran berdasarkan ukuran rok yang akan dibuat.
  • Susun kemasan plastik sesuai ukuran pola.
  • Sambungkan bagian depan dan belakang dengan cara dilem dan dijahit. Semua lapisan harus diulang dengan dijahit agar kuat. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan menggunakan tusuk tikam jejak atau jelujur, dapat pula menggunakan mesin jahit.
  • Jahit pula bagian pinggang sebagai sabuk menggunakan sisa kain yang masih panjang atau dapat pula menggunakan kain perca yang disambung-sambung.
  • Buat hiasan kecil dari kain perca, dan tempel hiasan renda dan hiasan kain perca pada keliling rok.
c. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan menguji karya yang telah dibuat. Dengan menguji karya tersebut diharapkan dapat mengetahui apa kekurangan dari produk yang telah dibuat untuk melakukan perbaikan produk di masa yang akan datang. Satu hal yang penting dan perlu diingat adalah keselamatan kerja pada saat pembuatan karya karena menggunakan mesin jahit yang dapat membahayakan keselamatan jika tidak digunakan dengan cara yang baik dan benar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....