Home » » Mengenal Komponen Elektronika Pasif dan Aktif

Mengenal Komponen Elektronika Pasif dan Aktif

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat. Komponen elektronika adalah elemen terkecil dalam suatu rangkaian elektronika. Berdasarkan cara dan sistem kerjanya komponen elektronika dibagi manjadi dua macam yaitu komponen pasif dan aktif. Komponen pasif adalah komponen yang bekerja tanpa harus diberi arus atau tegangan listrik, sedangkan komponen aktif adalah komponen yang dapat beroperasi jika mendapatkan arus atau tegangan listrik.

Komponen elektronika berupa sebuah alat berupa benda yang menjadi bagian pendukung suatu rangkaian elektronik yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya. Komponen elektronika ini terdiri dari satu atau lebih bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi dan jika disatukan, untuk desain rangkaian yang diinginkan dapat berfungsi sesuai dengan fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus dan tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat sinyal arus dan masih banyak fungsi lainnya.

Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronik. Berikut ini beberapa contoh peralatan elektronika dengan fungsinya masing-masing
No.Nama PeralatanFungsi
1.RadioFungsi Hiburan, radio siaran tempatnya mendengarkan lagu-lagu musik aneka ragam dan aneka generasi. Fungsi Komunikasi, beberapa radio siaran milik pemerintah daerah kabupaten mempunyai acara khusus berupa tanya jawab antara rakyat dan pemimpin daerah.
2.TelevisiMedia telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, televisi berfungsi untuk memperoleh sejumlah informasi, hiburan, pendidikan dan sebagainya.
3.Komputer PribadiMempermudah suatu pekerjaan manusia dan sebagai alat komunikasi dan hiburan, sarana informasi dan penyimpanan data.
4.Kamera DigitalFungsi kamera digital lainnya selain dapat mengambil foto dan mencetak hasil fotonya juga bisa merekam video. Ada beberapa kamera digital yang dilengkapi pula dengan fungsi untuk merekam video dengan kualitas gambar yang sangat bagus.
5.VCD PlayerFungsi VCD Player untuk membaca hasil konversi data format digital standar yang disimpan dalam keping VCD menjadi output yang berupa sinyal Audio dan Video. Melaui VCD player kita dapat melihat gambar dan mendengarkan suara.
6.Video Cassette RecorderPeralatan elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara/ audio dan gambar/ video dalam suatu kaset pita magnetik
7.PDAPersonal Digital Assistant (PDA) berfungsi untuk membantu orang mengatur hidup mereka pada saat bergerak. PDA asli agak terbatas ke alamat penyimpanan, nomor telepon, janji kalender, dan daftar tugas, PDA modern sering bekerja sebagai ponsel dan faks , menyediakan konektivitas Internet, dan banyak lagi.

Komponen Elektonika Pasif dan Aktif
No.GambarNama KomponenKeterangan
Komponen Elektronika Pasif
1.
resistor
ResistorResistor adalah komponen elektronik yang
memiliki fungsi untuk menghambat arus listrik.
2.
kapasitor
KapasitorKapasitor sering disebut juga dengan kondensator, kapasitor adalah komponen elektronik yang memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik.
3.
transformator
TransformatorTransformator sering disebut juga sebagai transformer atau trafo. Transformator merupakan salah satu komponen pasif yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan besarnya tegangan listrik AC.
4.
induktor
InduktorInduktor sering juga disebut dengan kumparan atau coil. Induktor merupakan komponen elektronika yang mampu menyimpan engergi listrik dalam bentuk medan magnet
Komponen Elektronika Aktif
1.
dioda
DiodaFungsi umum dari dioda adalah sebagai penyearah arus listrik bolak-balik. Namun pada peralatan elektronika sering kita temui dioda jenis LED (Light Emitting Diode) yang digunakan sebagai lampu indikator
2.
transistor
TransistorTransistor adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penguat, modulasi sinyal, penstabil tegangan, pemutus dan penghubung sirkuit (switching), serta fungsi lainnya.
3.
integrated circuit
IC (integrated Circuit)IC merupakan komponen elektronika yang cukup unik, Sebuah IC dapat terdiri dari ratusan komponen elektronika, bahkan lebih. IC berisi rangkaian yang dikemas dalam sebuah chip.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....