Home » » Jenis-Jenis Tanaman Obat

Jenis-Jenis Tanaman Obat

Apotek hidup atau toga adalah kegiatan budidaya tanaman obat di halaman rumah atau pekarangan, sebagai antisipasi pencegahan maupun mengobati secara mandiri menggunakan tanaman obat yang ada. Budidaya tanaman obat dari hari ke hari makin berkembang, seiring dengan kesadaran penggunaan obat alternatif dari bahan alami atau herbal. Tanaman obat merupakan jenis tanaman yang sebagian atau seluruh tanamannya digunakan sebagai obat, bahan atau ramuan obat-obatan. Budidaya tanaman obat merupakan suatu cara pengelolaan tanaman sehingga tanaman obat yang dihasilkan bermutu baik.

Tanaman obat dapat tumbuh dengan baik hampir di seluruh wilayah Indonesia. Setiap daerah mempunyai keunggulan produk tanaman obat yang dihasilkan. Tanaman obat dapat dimanfaatkan berdasarkan bagian tanaman, seperti: daun, akar, rimpang, buah, dan bunga. Kita perlu mengetahui syarat tumbuh dan karakteristik setiap jenis tanaman obat yang akan dibudidayakan. Setiap jenis tanaman membutuhkan kondisi lingkungan yang berbeda.

Berikut contoh beberapa jenis tanaman obat berdasarkan bagian yang dimanfaatkan. 
Nama
Tanaman Obat
Ciri-Ciri
Fisik
Bagian yang DimanfaatkanKegunaan
KunyitKunyit merupakan terna tumbuhan. Tinggi tanaman ini sekitar 40-100 cm. Batangnya merupakan batang semu. Tersusun dari pelepah daun dan agak lunak.RimpangKunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah.
Temu LawakTemu lawak berbatang semu, tinggi hingga lebih dari 1 m tetapi kurang dari 2 m.  Rimpang terbentuk dengan sempurna dan bercabang kuat, berukuran besar, bercabang-cabang, dan berwarna cokelat kemerahan, kuning tua atau berwarna hijau gelap.RimpangManfaat dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.
KatukKatuk termasuk semak, tinggi dua sampai tiga meter, tumbuh di dataran rendah hingga 1.300 di atas permukaan laut. Daun kecil, berwarna hijau gelap. Bunganya berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap.DaunDaun ini dipercaya bagus untuk ibu hamil dan ibu menyusui untuk melancarkan ASI (Air Susu Ibu), menyembuhkan bisul, demam, dan darah kotor, mencegah osteoporosis (tulang keropos)
SirihSirih (Piper betle) termasuk jenis tumbuhan rambat dan tumbuh bersandar pada pohon lain. Tanaman sirih menyukai tempat dengan cahaya matahari penuh. Sirih dapat ditemui mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, dengan ketinggian 1.000 m dpl.DaunDaun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, eksim, dan alergi. Daun sirih juga sering digunakan untuk kelengkapan ‘nginang’ (Jawa).
Jeruk NipisJeruk nipis (Citrus aurantifolia) termasuk tumbuhan perdu. Tanaman jeruk nipis menyukai tempat dengan sinar matahari langsung. Jeruk nipis dapat tumbuh di ketinggian tempat 200-1.300 m dpl dengan kelembapan sedang hingga tinggi.BuahBagian jeruk nipis yang sering dimanfaatkan sebagai obat adalah buahnya. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan.
MengkuduTanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.BuahBuah mengkudu banyak mengandung manfaat anatara lain meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, melawan tumor dan kanker, enghilangkan rasa sakit, dan mengatasi peradangan dan alergi
RoselaPohon Rosella tumbuh ketinggian yang bisa mencapai 3 - 5 meter serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga Roselle berwarna cerah, Kelopak bunga atau kaliksnya berwarna merah gelap dan lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga raya/sepatu.BungaRosela sebagai antiseptik (mencegah infeksi), digestif (melancarkan pencernaan), demulcent (menetralisir asam lambung) , dan tonik (penambah tenaga). Beberapa zat gizi lain yang terkandung dalam rosela adalah niasin, protrin, dan riboflavia serta besi yang cukup tinggi
Mahkota DewaBatang berkayu, tinggi 1 – 2,5 m. Daun tunggal, warna hijau tua, Buah mahkota dewa berbentuk bulat, diameter 3-5cm, permukaan licin, beralur, ketika muda warnanya hijau dan merah setelah masak. Daging buah berwarna putih, berserat dan berair.BungaManfaat buah Mahkota Dewa sebagai obat eksim dan gatal-gatal, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengobati diabetes melitus, menghilangkan jerawat di wajah.
Akar WangiTinggi tanaman dapat mencapai 1 meter. Batang lunak, beruas-ruas, berwarna putih. Daun tunggal, bentuk pita. Pelepah warna hijau keputih-putihan. Perbungaan bentuk bulir di ujung batang. Buah padi, berduri, berwarna putih kotor. Akar termasuk akar serabut berwarna kuning. AkarAkar wangi berguna sebagai lithotripic untuk melarutkan atau menghancurkan batu ginjal, menghilangkan rasa haus, pengobatan peradangan, iritasi jerawat dan perut, serta pengobatan demam. Minyak akar wangi juga digunakan untuk  nyeri otot dan mengobati kutu.
Pasak BumiPasak Bumi dapat mencapai ketinggian sehingga 10 m. Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun. AkarAkar Pasak Bumi mengandung senyawa yang disebut dengan erikuimanon yang disinyalir mampu mengobati penyakit malaria. Pasak Bumi juga digunakan untuk mencegah terjadinya serangan kanker. 
Kayu ManisTanaman kayu manis ketinggiannya bisa mencapai 15 m, dan diameter batangnya mencapai 30 cm. Kulit : berwarna kelabu tua, berbau tajam. Daun : Berwarna merah atau hijau. BatangKayu manis secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.
BrotowaliBrotowali merupakan tumbuhan perdu memanjat. Batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat yang rasanya pahit. Daun tunggal, bertangkai, berbentuk seperti jantung panjang 7-12 cm, lebar 5-10 cm, bunga kecil, berwarna hijau muda.BatangBatang tanaman perlu direbus dahulu kemudian air rebusan batang bratawali dipakai untuk mencuci luka, Di minum sebagai obat alami untuk penambah nafsu makan, Di minum sebagai obat Hepatitis
LadaLada adalah tumbuhan merambat dan memiliki daun tunggal berbentuk bulat telur . Bunga lada tersusun dalam bentuk bunga majemuk.  Sedangkan buah lada berbentuk bulat dengan biji yang keras namun memiliki kulit buah yang lunak.BijiTanaman lada mempunyai beberapa khasiat dan manfaat diantaranya adalah : membantu menurunkan berat badan, mencegah kanker, hidung tersumbat, sakit perut, tekanan darah tinggi
JintanJintan tumbuh di daerah ketinggian 100 m dpal, Batang dan tangkai berkayu, lunak, mengandung air, Daun menyerupai bed pingpong, bagian tapi daun bergerigi, memiliki aroma khas,bagian ini sering dimanfaatkan untuk pengobatan.BijiBagian tanaman yang sering dimanfaatkan adalah biji. Beberapa penyakit yang bisa diobati jintan sebagai tanaman obat antara lain sakit kepala, asma dan batuk, sariawan, borok, perut kembung, dan demam.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....