Home » » Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan batok. Batok biasanya banyak terdapat pada daerah pesisir pantai yang banyak ditumbuhi pohon nyiur atau pohon kelapa. Indonesia negara maritim yang dikelilingi oleh lautan. Tentunya setiap daerah pasti memiliki pohon kelapa. Bagi sebagian orang, tempurung kelapa mungkin tidak berguna. Padahal sebenarnya tempurung kelapa sangat berguna untuk dijadikan kerajinan. Dengan bermodalkan keterampilan dan ketekunan limbah tempurung yang dimodifikasi menjadikan produk ini bernilai seni dan semakin banyak diminati.

Sulawesi Utara merupakan daerah yang dijuluki ‘negeri nyiur melambai’ karena banyak ditumbuhi pohon kelapa. Maka tak heran jika Sulawesi Utara merupakan daerah penghasil pangan tradisional klapertart yaitu makanan serupa puding dengan kandungan kelapa muda yang mendominasi dan sungguh lezat rasanya. Selain itu Sulawesi Utara juga dikenal dengan produsen kerajinan dari tempurung kelapa. Namun sekarang tidak hanya propinsi Sulawesi Utara yang memproduksi kerajinan dari tempurung kelapa, melainkan juga daerah Yogya, Bali, Lombok, dan daerah lainnya.

Buah kelapa yang telah diambil daging buahnya, akan berupa sampah yang dinamakan tempurung atau batok. Dan biasanya hanya digunakan sebagai kayu bakar, terutama tempurung atau batoknya. Namun batok kelapa tersebut akan berubah bentuk dan fungsi ketika barang tersebut sudah berada di tangan para seniman yang kreatif.

Bahan baku yang murah dan mudah didapat merupakan keuntungan tersendiri bagi para pengrajin tempurung kelapa. Setelah diolah menjadi berbagai produk kerajinan, maka produk ini dipasarkan, dan sejauh ini para pengrajin tidak menemui kendala dalam pemasarannya. Karena kerajinan tempurung kelapa sangat menarik dan juga banyak peminatnya.

Pengolahan tempurung kelapa memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun selain alat tradisional yang digunakan untuk mengeruk bagian luar tempurung juga ada alat mesin yang menggunakan teknologi tepat guna untuk menghaluskan permukaan tempurung kelapa. Misalnya saja untuk membuat lubang pada tempurung kelapa dibutuhkan bor mesin, karena tempurung kelapa ini sangat keras dan jika tidak hati-hati akan pecah.

Bahan dan Alat
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari batok kelapa cukup mudah untuk didapatkan. 
  • Bahan utama tempurung kelapa atau batok kelapa
  • Lem kayu untuk menyatukan bagian-bagian kerajinan yang akan dibuat. 
  • Gergaji untuk memotong tempurung kelapa.
  • Amplas kasar atau pecahan kaca untuk menghilangkan sisa serabut kelapa.
  • Dempul, melanin/politur, amplas dan cat digunakan untuk finishing kerajinan yang akan dibuat.

Selain itu untuk pembuatan produk meja dan lemari kecil diperlukan texwood untuk dijadikan rangka kerajinan sedangkan yang bagian luarnya ditempeli tempurung kelapa. Agar terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Pada bagian serat itulah melekat nilai seni yang kuat daripada jenis kerajinan ini, selain bentuk-bentuk unik yang dapat dibuat.

Proses Pembuatan
Langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan batok kelapa sebelum diolah lebih lanjut menjadi benda-benda kerajinan. Bersihkan batok kelapa dengan hati-hati sisa-sisa serabut kasar di permukaan batok dengan menggunakan pecahan kaca atau pisau. Bersihkan sisa-sisa serabut halus dipermukaan batok dengan menggunakan amplas kasar. Proses pembuatan kerajinan dari bahan tempurung kelapa selanjutnya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Tempurung kelapa dipotong sesuai pola menggunakan alat pemotong/gergaji
  2. Potongan dihaluskan menggunakan gerinda atau amplas.
  3. Hasil potongan yang sudah dihaluskan divernis supaya lebih mengkilap, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur.
  4. Selanjutnya potongan disusun dengan menyatukan bagian-bagian kerajinan yang akan dibuat dengan menggunakan lem kayu.
tempurung kelapa
Produk Kerajinan Tempurung Kelapa
Kerajinan tempurung kelapa banyak dijual untuk dijadikan buah tangan dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari aksesoris wanita seperti jepitan, bingkai foto, tas, sandal hingga perabotan rumah tangga seperti; sendok garpu, piring, mangkuk gelas minum, sendok sayur/nasi, nampan, dan asbak.
aneka kerajinan batok
Selain itu batok kelapa juga bisa dibentuk menjadi penutup lampu, jam dinding, dan aneka bentuk lainnya. Aksesori yang terbuat dari tempurung kelapa seperti pin, kalung, gelang, ikat pinggang, figura, miniatur kendaraan, topeng, ukiran, Dengan sentuhan seni yang sangat halus, hasil kerajinan batok kelapa tersebut terlihat sangat artistik. Bahkan hasil dari kerajinan tempurung kelapa ini bisa berupa ragam bentuk dengan berbagai model dan ukuran, beragam bentuk model manik-manik/kancing, dan lain sebagainya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:20 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.