Home » » Pengelompokan Sumber Daya Alam

Pengelompokan Sumber Daya Alam

Setiap hari kita menggunakan atau mengonsumsi bahan atau barang yang berasal dari sumber daya alam. Nasil yang kita makan berasal dari tumbuhan, Ikan yang kita makan berasal dari sungai, kolam, danau, atau laut. Pakaian yang kita kenakan berasal dari kain yang bahannya berasal dari tumbuhan maupun hewan. Kendaraan yang kita naiki juga bahannya berupa logam yang merupakan hasil tambang. Sumber daya alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya. Bahan tersebut dapat berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam yang kita gunakan sehari-hari dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal berikut. Kemungkinan pemulihannya. Berdasarkan kemungkinannya sumber daya alam dikelompokkan menjadi  (a) sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan (b) sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui; Berdasarkana materinya dikelompokan menjadi  (a) sumber daya alam organik dan (b) sumber daya alam anorganik. Berdasarkan habitatnya dikelompokkan menjadi (a) sumber daya terestris, dan (b) sumber daya alam akuatik.

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan
Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) adalah sumber daya yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Contoh berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Banyak tumbuhan dan hewan yang punah atau terancam punah karena ulah manusia merusak tempat hidupnya atau memburunya untuk berbagai keperluan. Selain itu, air dan udara juga masuk kelompok ini.

Tumbuhan dan hewan memperbarui dirinya dengan cara melakukan reproduksi, udara dan air melakukannya dengan cara siklus atau daur. Air dan udara tidak dapat punah, tetapi dapat menurun kualitasnya akibat aktivitas manusia yang melakukan pencemaran.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) merupakan sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Jumlah sumber daya alam jenis ini relatif tetap atau berkurang karena dimanfaatkan dan akhirnya pada saatnya nanti akan habis. Contoh: minyak bumi, gas alam, batu bara, dan bahan tambang lainnya. 
    2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Materi
    Sumber Daya Alam Organik. Sumber daya alam organik (hayati), materi atau bahannya berupa jasad hidup, yaitu tetumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik antara lain kehutanan, pertanian, peternakan, dan perikanan.

    Sumber Daya Alam Anorganik. Sumber daya alam anorganik (nonhayati), materinya berupa benda mati seperti benda padat, cair, dan gas. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam anorganik di antaranya pertambangan mineral, tanah, batuan, minyak dan gas alam, dan energi.

    3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitat
    Sumber Daya Alam Terestris. Sumber daya alam terestris (daratan) adalah sumber daya yang berhubungan dengan tanah sebagai lahan untuk berbagai aktivitas penduduk, sebagai bahan industri (keramik, genteng, dan lain-lain), dan segala sumber daya yang berasal dari darat. Biasanya sumber daya alam ini terletak di daratan. Contoh lain sumber daya alam terestris adalah hutan dan bahan galian.
    sumber daya alam berdasar habitat
    Sumber Daya Alam Akuatik Sumber daya alam akuatik (perairan), sumber daya alam yang berhubungan dengan laut, sungai, danau, air tanah, air hujan, dan lain-lain. Sungai dimanfaatkan sebagai sumber penghidupan dan kehidupan penduduk, sebagai sarana transportasi untuk mendukung mobilitas penduduk, sebagai sumber protein hewani yang hidup di dalamnya, seperti udang, ikan dll. dan sebagai sumber irigasi untuk kegiatan pertanian.

    Danau atau waduk dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi, irigasi pada kegiatan pertanian, dan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Lautdimanfaatkan sebagai tempat tersedianya rumput laut untuk bahan makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik, tempat objek wisata bahari, sumber protein hewani, seperti udang, ikan laut, dan kerang, sebagai media transportasi antarpulau, dan gelombang dan arus laut dapat didayagunakan untuk dijadikan tenaga listrik.

    Bagaimana upaya yang harus dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam agar tetap terpelihara kelestariannya?
    Sumber Daya yang Dapat DiperbaruiSumber Daya yang Dapat Diperbarui
    JenisUpaya PelestaraianJenisUpaya Pelestarian
    Tumbuhan
    1. Tidak menebang pohon sembarangan.
    2. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
    3. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
    Minyak Bumi
    1. Memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana dan tidak berlebihan.
    2. Mengembangkan bahan bakar alternatif
    3. Mengurangi jumlah kendaraan dengan menggunakan kendaraan umum jika bepergian.
    Hewan
    1. Melakukan penangkaran hewan-hewan langka
    2. Mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan.
    3. Mengganti dengan bahan sintetis pemanfaatan bagian tubuh hewan.
    Gas Alam
    1. Memanfaatkan gas alam secara bijaksana dan sesuai kebutuhan.
    2. Mengembangkan pemanfaatan bahan bakar alternatif
    3. Mengurangi penggunaan gas alam dalam kegiatan rumah tangga
    Air
    1. Menghemat penggunaan air bersih.
    2. Mengadakan sosialisasi tentang betapa pentingnya peranan air dalam kehidupan umat manusia.
    3. Membersihkan daerah sumber-sumber air bersih dari segala sampah.
    Batu Bara
    1. Memanfaatkan gas alam secara bijaksana dan sesuai kebutuhan.
    2. Mengembangkan pemanfaatan bahan bakar alternatif
    3. Mengurangi penggunaan batu bara pada kegiatan industri
    Udara
    1. Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil.
    2. Menggunakan alat transportasi yang efisien dengan menghemat bahan bakar
    3. Memperbanyak tanaman hijau di daerah polusi udara tinggi.
    Bahan Tambang
    1. Memanfaatkan bahan tambang secara bijaksana dan sesuai kebutuhan.
    2. Mengembangkan bahan tambang lternatif
    3. Pemanfaatan kembali barang-barang bekas pakai dengan cara daur ulang
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae Updated at: 10:15 PM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....