Home » » Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia

Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keragaman, salah satunya adalah keragaman tumbuhan dan hewan. Berdasarkan data dari Departemen Kehutanan dan Perkebunan, pada tahun 1999 jumlah spesies tumbuhan di Indonesia mencapai 8.000 spesies yang sudah teridentifikasi dan jumlah spesies hewan mencapai 2.215 spesies. Spesies hewan terdiri atas 515 mamalia 60, reptil, 1.519 burung, dan 121 kupu-kupu. Kekayaan dan keragaman tersebut harus dijaga agar tetap lestari dan memberikan manfaat untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Keanekaragaman flora dan fauna Indonesia tentunya harus kita syukuri dengan menjaga dan melestarikannya. Bangsa Indonesia tentu akan mengalami banyak kerugian karena flora dan fauna tersebut memiliki fungsi dan peran masing-masing di alam. Di samping itu, manfaat bagi manusia juga akan hilang jika flora dan fauna tersebut punah. Besarnya keanekaragaman hayati di Indonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. Suhu dan curah hujan yang besar memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan.

a. Persebaran Flora di Indonesia
Berawal dari pemikiran seorang zoologist berkebangsaan Inggris, Alfred Wallace. Afred Wallace melihat adanya keterkaitan antara tipe-tipe hewan dengan suatu wilayah. Pendekatan yang dilakukan Alfred Wallace ini dikenal dengan pendekatan biogeografi. Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan flora di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok Indo Malayan dan kelompok Indo Australian. Kedua kelompok flora tersebut dibatasi oleh garis Wallace dan garis Lydekker.

Kelompok Indo-Malayan meliputi kawasan Indonesia Barat. Pulau-pulau yang masuk ke dalam kelompok ini adalah Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Flora Indo Malayan didominasi oleh jenis meranti-merantian, terdapat beberapa jenis rotan, serta memiliki berbagai jenis pohon nangka. Penyebaran flora di Indoensia sangat dipengaruhi oleh keanekaragaman hayati serta posisi geografis Indoensia yang sangat menguntungkan.

Jenis meranti-merantian merupakan kelompok tumbuhan yang banyak dimanfaatkan dalam bidang perkayuan. Beberapa jenis tanaman meranti antara lain keruing, mersawa, kapur, bangkirai , meranti putih/melapi, meranti kuning, meranti merah, tengkawang, meranti batu

Kelompok Indo-Australian meliputi tumbuhan yang ada kawasan Indonesia Timur. Pulau-pulau yang termasuk dalam Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Perbandingan karakteristik flora yang ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur adalah sebagai berikut.
No.Indonesia BaratIndonesia Timur
1.Jenis meranti-merantian sangat banyakJenis meranti-merantian hanya sedikit
2.Terdapat berbagai jenis rotanTidak terdapat berbagai jenis rotan
3.Tidak terdapat hutan kayu putihTerdapat hutan kayu putih
4.Jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) sedikitBanyak terdapat jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) di Papua
5.Jenis tumbuhan sagu sedikitBanyak terdapat tumbuhan sagu
6.Terdapat berbagai jenis nangkaTidak terdapat berbagai jenis nangka

b. Persebaran Fauna Indonesia
Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dan Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan Garis Weber.

Fauna bagian barat memiliki ciri atau tipe seperti halnya fauna Asia sehingga disebut tipe Asiatis (Asiatic). Fauna bagian timur memiliki ciri atau tipe yang mirip dengan fauna yang hidup di Benua Australia sehingga disebut tipe Australis (Australic). Fauna bagian tengah merupakan fauna peralihan yang ciri atau tipenya berbeda dengan fauna Asiatis maupun Australis. Faunanya memiliki ciri tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lainnya di Indonesia. Fauna tipe ini disebut fauna endemik.

1). Fauna Indonesia Bagian Barat
Fauna Indonesia bagian Barat atau tipe asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Mamalia berukuran besar banyak ditemui di wilayah ini seperti gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, bekantan, dan lain-lain. Di samping mamalia, di wilayah ini banyak pula ditemui reptil seperti ular, buaya, tokek, kadal, tokek, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling. Berbagai jenis burung yang dapat ditemui seperti burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. Berbagai macam ikan air tawar seperti pesut (sejenis lumba-lumba di Sungai Mahakam) dapat ditemui di wilayah ini.
pembagian fauna
2). Fauna Indonesia Tengah atau Tipe Peralihan
Fauna Indonesia Tengah merupakan tipe peralihan atau Austral Asiatic. Wilayah fauna Indonesia Tengah disebut pula wilayah fauna kepulauan Wallace, mencakup Sulawesi, Maluku, Timor, dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau kecil di sekitar pulau-pulau tersebut. Berikut ini beberapa fauna peralihan yang ada di Indonesia.
No.GambarNama FaunaHabitat
1.
babi rusa
Babi rusaSulawesi, Pulau Togian, Malenge, Sula, Buru dan pulau-pulau Maluku
2.
kuda sumbawa
Kuda SumbawaPulau Sumba dan pulau-pulau Nusa Tenggara
3.
kus kus
Kus KusSulawesi, Timor, Seram
4.
anoa
AnoaSulawesi Tenggara
5.
komodo
KomodoPulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
6.
tarsius
TarsiusSulawesi Utara hingga Sulawesi Selatan, juga di pulau-pulau sekitar Sulawesi seperti Suwu, Selayar, Siau, Sangihe dan Peleng
7.
burung maleo
Burung MaleoSulawesi Tengah
Fauna lain yang menghuni wilayah ini antara lain monyet hitam, kuda, sapi, monyet saba, beruang, sapi, dan banteng. Selain itu terdapat pula reptil, amfibi, dan berbagai jenis burung. Reptil yang terdapat di daerah ini di antaranya, buaya, dan ular. Berbagai macam burung yang terdapat di wilayah ini di antaranya, burung dewata, mandar, raja udang, rangkong, dan kakatua nuri.

3). Fauna Indonesia Bagian Timur
Fauna Indonesia bagian Timur atau disebut tipe australic tersebar di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru. Fauna berupa mamalia yang menghuni wilayah ini antara lain, beruang, landak irian (nokdiak), kangguru pohon, dan kelelawar. Di wilayah ini, tidak ditemukan kera. Di samping mamalia tersebut, terdapat pula reptil seperti biawak, buaya, ular, kadal. Berbagai jenis burung ditemui di wilayah ini di antaranya burung nuri, raja udang, kasuari, dan namudur. Jenis ikan air tawar yang ada di relatif sedikit.Berikut ini beberapa hewan Indonesia Timur
No.GambarNama FaunaHabitat
1.
kanguru pohon
Kanguru PohonPulau Papua
2.
wallaby
WallabiPapua
3.
oposum layang
Oposum LayangPapua
4.
cenderawasih
CenderawasihPapua
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....