Home » » Fungsi dan Peran SDA dalam Kehidupan Manusia

Fungsi dan Peran SDA dalam Kehidupan Manusia

Sumber daya alam memiliki fungsi dan peran dalam kehidupan manusia. Manusia hidup di dunia ini dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia dibedakan menjadi sumber daya alam hayati dan non hayati. Sumber daya alam hayati berupa sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuhan, sedangkan sumber daya alam non hayati berupa air, udara, bahan tambang dan sebagainya. Pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia harus diringi dengan usaha pelestariannya.

Sumber daya alam merupakan semua kekayaan alam yang berwujud benda mati atau hidup yang ada pada suatu tempat serta dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, dan cahaya matahari. Sumber daya alam tersebut dapat memberikan manfaat bagi kita apabila diolah dan dimanfaatkan secara bijak. Sebaliknya, apabila sumber daya alam dieksploitasi secara berlebihan tanpa memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan, maka akan menimbulkan kerusakan lingkungan dan bencana alam.

Sumber daya alam memiliki fungsi dan peran dalam bentuk manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Beberapa contoh fungsi dan peran sumber daya alam terhadap kehidupan dijabarkan sebagai berikut.

Fungsi dan peran Sumber Daya Alam hayati
Semua makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini merupakan sumber daya alam hayati. Sumber daya alam dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati dan Sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumber daya alam hewani.

Sumber Daya Alam Nabati
Sebagian besar sumber daya alam nabati di negara kita berfungsi sebagai tanaman budidaya pangan, sandang, bahan baku kayu olahan, dan obat-obatan. Berikut penjelasannya.

Sebagai budi daya pangan
Sumber daya lama nabati sebagai tanaman budi daya pangan dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Tanaman sebagai sumber karbohidrat seperti padi, jagung, ubi dan kentang. Tanaman sebagai sumber lemak antara lain kelapa, kacang tanah, dan kelapa sawit, sumber protein di antaranya kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan yang lainya, sedangkan sebagai sumber vitamin yaitu sayur-sayuran.
Fungsi dan Peran SDA
Sebagai budi daya sandang
Sumber daya alam hayati yang digunakan dalam kehidupan sebagai sumber bahan sandang atau bahan pakaian antara lain kapas sebagai bahan dasar katun, serat rami sebagai bahan dasar rayon, dan serat sisal sebagai bahan dasar linen. Bahan dasar kain dari tumbuhan diperoleh dari serat yang dimilikinya. Serat tersebut diperoleh dari biji, batang pohon, daun, dan buah. Berikut jenis tanaman yang digunakan bagiannya sebagai serat.
No.Nama BagianNama Tanaman
1.BijiKapas, kapuk
2.BatangFlak, jute, rosella, henep, rami, urena, sun
3.DaunAbaka, sisal, henequen, nanas
4.BuahKelapa (sabut)

Sebagai komoditi kayu olahan
Sebelum dikenal perkakas rumah tangga dari besi, alumunium dan sejenisnya, berbagai jenis kayu telah dimanfaatkan sebagai bahan baku utama untuk menopang kehidupan. Pemanfaatan kayu olahan dibuat untuk pembuatan mebel, seperti kayu jati dan kayu-kayu yang lain yang telah dibudidayakan dari hutan, seperti meranti, rasamala, rotan, dan bambu.
No.Bahan KayuHasil Produk
1.JatiPerabotan rumah tangga, mebeler, rangka bangunan
2.MerantiMebeler, rangka bangunan, kusen, pintu, dan jendela
3.MahoniRangka bangunan, perabotan rumah tangga, dan barang kerajinan
4.RotanBarang kerajinan dan alat rumah tangga, mebeler.
5.BambuMebeler, barang kerajinan, dan alat rumah tangga

Sebagai bahan obat-obatan
Tanaman sebagai sumber daya alam nabati bagi manusia selain dapat digunakan sebagai sandang, pangan, dan bahan baku juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan lebih dikenal dengan apotek hidup, seperti kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, dan temulawak termasuk bunga Rosella.
No.Nama Tumbuhan ObatManfaat
1.Kumis KucingAnti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu. Penyakit Hepatitis B.
2.JaheMengatasi gangguan pencernaan, sakit kepala, dan rematik.
3.KencurOba tmasuk angin, radang lambung, obat batuk dan diare
4.KunyitAnti peradangan, sakit perut, dan membersihkan darah.
5.TemulawakMenjaga kesehatan hati, radang sendi, menurunkan lemak darah, mengatasi penyakit maag

Bunga Rosella merupakan salah satu sumber daya alam nabati yang banyak mengandung nutrisi/ gizi dan baik bagi kesehatan manusia. Fungsi dan kandungan nutrisi Rosella baik untuk mengatasi keluhan kesehatan yang di derita oleh seseorang dan bermanfaat sebagai bahan antiseptik. Adapun manfaat bunga Rosella untuk kesehatan manusia diantaranya:
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (menstabilkan tekanan darah), kolesterol, batuk, panas dalam, ambeien, jantung, dan lainnya.
  • Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing dan ginjal. 
  • Sebagai pengganti cairan electrolyte tubuh yang hilang setelah berolah raga dan sebagai tonikum yang menyegarkan.;
  • Mengontrol berat badan, memperbaiki pencernaan dan mencerahkan kulit.

Berbagai hasil olahan dan kemasan Rosella dapat berupa sari bunga Rosella dan teh bunga Rosella. Selain berbagai jenis pemanfaatan yang telah dibahas berbagai tanaman lainnya yang juga dimanfaatkan di Indonesia antara lain sebagai berikut.
  • Jenis tanaman untuk keperluan industri. Manusia membudidayakan beberapa jenis tanaman secara luas dalam bentuk perkebunan. Contoh: teh, kopi, tebu, tembakau, lada, gambir, vanili, dan sebagainya.
  • Jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai sumber minyak atsiri, antara lain cengkih, serai, tengkawang, kayu putih, dan kenanga.
  • Berbagai jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias dapat menyemarakkan kehidupan manusia dan juga meningkatkan nilai budaya. Contoh: anggrek, mawar, melati, dan lain-lain.
  • Tanaman yang dimanfaatkan sebagai sumber protein adalah kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lainnya.

Sumber Daya Alam Hewani
Sumber daya alam hewani digunakan sebagan sumber pangan, dalam hal ini pangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk makanan sehari hari, misalnya ikan, hewan ternak dan lainya. Hewan dimanfaatkan juga sebagai benda-benda seni kerajinan tangan manusia yang bernilai seni kreatif. Misalnya hewan yang mempunyai bulu yang indah diawetkan dan digunakan untuk hiasan rumah.

Perikanan
Wilayah Indonesia sendiri 2/3 nya ialah perairan. Sumber daya perikanan merupakan sumber makanan bagi kehidupan manusia. Ikan sangat digemari oleh manusia karena mengandung gizi yang tinggi. Selain itu, sumber daya perikanan juga sering dimanfaatkan manusia untuk mencari sarana hiburan yaitu dengan memancing ikan baik itu di perairan darat ataupaun laut.

Peternakan
Peternakan meupakan salah satu sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia. Sumber daya alam hayati ini dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Peternakan dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Peternakan Potong dan Kerja. Jenis peternakan ini dimanfaatkan manusia untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membajak sawah, mengangkat barang-barang, dan alat transportasi. Selain dimanfaatkan tenaganya juga diambil dagingnya. Macam-macam yang termasuk didalam jenis ini antara lain sapi, kambing, kuda, dan domba. 
  • Peternakan Perah. Kambing, dan kuda merupakan beberapa jenis hewan yang diambil produksi susunya untuk memenuhi kehidupan manusia. Susu merupakan salah satu sumber gizi bagi kehidupan manusia. 
  • Peternakan Unggas. Peternakan unggas ialah jenis hewan yang memiliki bulu dan sayap untuk diambil daging ataupun telurnya. Contohnya ayam, bebek, merpati, dan kalkun. 
  • Aneka Satwa. Aneka satwa merupakan hewan yang belum lama didomestikasi. Jenis ini digunakan sebagai penghasil bahan pangan berprotein tinggi. Contoh aneka satwa diantaranya, lebah madu, ulat sutera, cacing tanah, burung unta, dan burung walet.

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Non Hayati
Selain sumber daya alam hayati ada pula sumber daya alam non hayati yang dapat kita temui di lingkungan sekitar. Contoh sumber daya alam non hayati yaitu bahan tambang, air, panas bumi, dan udara. Mari kita pelajari lebih mendalam tentang fungsi dan peran sumber daya non hayati bagi kehidupan manusia.

1. Sumber Daya Alam Bahan Tambang
Keberadaan bahan tambang di Indonesia sangat banyak bahkan sampai diperebutkan oleh masyarakat dunia. Banyak pengelolaan blok-blok pertambangan di Indonesia yang dikelola oleh asing. Undang-Undahng Dasar 1945 pasal 33 menyatakan, “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya guna kemakmuran rakyat”.

Barang tambang di Indonesia terdapat di darat dan di laut. Pengelolaan barang tambang tersebut memerlukan modal yang banyak, tenaga ahli dan teknologi tinggi. Pertambangan merupakan suatu kegiatan yang perlu perencanaan secara baik dan matang, sebab harus selaras sehingga kelestarian lingkungan hidup dapat terjaga dengan baik. Berikut ini daftar beberapa bahan tambang dan manfaatnya.
No.Nama Bahan TambangManfaat
1.Minyak bumiSebagai bahan bakar seperti bensin dan solar, sebagai bahan lilin dan asapal
2.Batu baraSebagai bahan bakar pembakit listrik, bahan pembuatan serat karbon
3.Emas dan PerakEmas dan Perak sebagai perhiasan, dan sebagai investasi.
4.NikelBahan pembuat logam campuran, bahan pelapis anti karat
5.FosfatPengolahan dan pemrnian air minum, industri kertas dan tekstil

Penggolongan bahan galian menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 1967 tentang Ketentuan- Ketentuan Pokok Pertambangan, dibagi menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu:
  • Bahan galian golongan A, yaitu bahan galian golongan strategis. Strategis dalam hal ini adalah strategis bagi pertahanan/keamanan negara atau bagi perekonomian negara.
  • Bahan galian golongan B, yaitu bahan galian vital, adalah bahan galian yang dapat menjamin hajat hidup orang banyak.
  • Bahan galian C, yaitu bahan galian yang tidak termasuk golongan A dan B.

Bahan galian potensial bernilai ekonomi tinggi di Indonesia menurut pemanfaatannya dikelompokkan atas tiga golongan:
  • Bahan galian logam/bijih (ore); merupakan bahan galian yang bila diolah dengan teknologi tertentu akan dapat diambil dan dimanfaatkan logamnya, seperti timah, besi, tembaga, nikel, emas, perak, seng, dan sebagainya.
  • Bahan galian energi merupakan bahan galian yang dimanfaatkan untuk energi, misalnya batubara dan minyak bumi.
  • Bahan galian industri merupakan bahan galian yang dimanfaatkan untuk industri, sepertiasbes, aspal, bentonit, batu gamping, dolomit, diatomae, gipsum, halit, talk, kaolin, zeolit, tras.

2. Tanah
Tanah merupakan hasil dari pelapukan batuan-batuan dan sisa-sisa bahan organik yang hancur karena proses alamiah. Tanah memiliki fungsi dan peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Tanah dimanfaatkan oleh manusia sebagai lokasi tempat tinggal dan tempat menjalankan berbagai aktivitas kehidupan manusia. Rumah, gedung, dan hotel tentunya dibangun di atas permukaan tanah.
  • Tanah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya. Berbagai macam kebutuhan pangan manusia membutuhkan tanah untuk membudidayakannya. Pertanian dan perkebunan merupakan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang sangat membutuhkan tanah.
  • Tanah memiliki fungsi lingkungan yaitu tempat untuk menyimpan cadangan air.

3. Air
Air tanah dan air permukaan adalah jenis yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari yaitu untuk minum, mandi, mencuci dan sebagainya. Selain itu, air dipermukaan bumi juga menjadi tempat tinggal berbagai macam makhluk hidup lain. Ikan juga dapat dibudidayakan manusia di tambak-tambak baik yang ada di danau atau waduk maupun di pantai.

Pertanian dan perkebunan sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan manusia juga membutuhkan air, Air juga memegang peranan penting bagi bagian kehidupan manusia yang lain yaitu sebagai sarana transportasi. Sumber air dapat dikelompokkan dalam  sumber air sungai dan air danau.

Sumber air danau
Danau merupakan massa air yang berada di suatu cekungan yang terdapat di daratan. Danau terbesar di Indonesia adalah danau Toba yang terletak di Pulau Sumatra tepatnya di Provinsi Sumatra Utara. Pemanfaatan danau di bidang ekonomi yang umum dilakukan di Indonesia yaitu:
  • Cadangan air bersih. Keberadaan air di danau dengan volume yang sangat besar maka dapat sebagai penyuplai air tanah dangkal maupun air tanah dalam. Keberadaannya akan membantu sekali ketika musim kemarau panjang.
  • Air irigasi. Irigasi merupakan faktor utama dalam hal pertanian. Kebutuhan air irigasi tidak dapat tercukupi melalui saluran lokal, maka waduk buatan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Pariwisata. Danau yang terbentuk secara alami maupun buatan apabila dikelola menjadi suatu objek tujuan wisata akan mempunyai daya tarik sendiri. Misalnya danau Toba di Sumatera Utara.
  • Perikanan. Salah satu manfaat danau adalah untuk pengembangan perikanan darat. Air yang melimpah akan mampu menampung ataupun sebagai penyuplai kebutuhan air di empang, tetapi saat ini penggunaan karamba juga untuk menunjang adanya wisata air.
  • Pembangkit Tenaga Listrik. Apabila cadangan air yang ada di danau besar dan mampu untuk dijadikan sumber tenaga hidrolistrik, maka danau/waduk menjadi potensial untuk dijadikan sumber penggerak turbin dalam pembangkit listrik tenaga air.

Sumber air sungai
Sungai adalah massa air yang secara alami mengalir melalui suatu lembah. Kebanyakan sungai mengalir di permukaan bumi ke tempat yang lebih rendah dan sebagian meresap di bawah permukaan tanah. Aliran sungai tidak tetap kadang deras dan kadang lambat, tergantung pada kemiringan sungai. Alirannya mengikuti saluran tertentu yang di kanan kirinya dibatasi tebing yang curam.  Pemanfaatan serta peran sungai dalam pengembangan ekonomi adalah:
  • Sumber air industri. Aliran sungai di Indonesia umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan air minum. Perusahaan ini memanfaatkan air sungai sebagai bahan baku untuk disuling dan diolah menjadi air minera. Hal ini mendukung perkembangan ekonomi negara mengingat pengambilan bahan baku di sungai dapat meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan.
  • Irigasi. Pemanfaatan untuk irigasi pada umumnya dilakukan oleh petani agar hasil panennya pun akan menjadi maksimal. Jika hasil panen maksimal maka pendapatan yang akan diperoleh pun akan optimal.
  • Perikanan. Usaha perikanan sering dilakukan masyarakat terutama pada sungai sungai besar dengan aliran yang tidak begitu deras. Masyarakat pada umumnya membangun keramba atau kolam ikan dekat dengan sungai.
  • Transportasi. Sungai juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi seperti di Pulau Kalimantan. Aksesibilitasnya akan lebih cepat dan murah melalui sungai dari pada melalui dataran.
  • Rekreasi. Pemanfaatan sungai yang lain adalah sebgai destinasi wisata. Pada umumnya, sungai yang dipilih sebagai destinasi wisata adalah sungai yang memiliki banyak jeram sehingga dapat dimanfaatkan sebagai wisata arung jeram.
  • Sumber bahan bangunan (pasir dan batu). Selain sebagai penyuplai air, sungai juga mampu menyuplai bahan bangunan seperti pasir dan batu, terlebih lagi pada sungai-sungai yang memiliki hulu sekitar gunung berapi seperti sungai Gendol, Sungai Code, Sungai Progo.

4. Udara
Setiap makhluk yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan udara baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Oksigen adalah udara yang sehari-hari kita hirup dan dibutuhkan oleh tubuh manusia dari berbagai jenis udara yang terdapat di atmosfer.  Udara sangat penting bagi manusia. Manfaat udara bagi kehidupan manusia antara lain sebagai berikut :
  • Sebagai pelindung terhadap radiasi sinar matahari (sebagian sinar matahari diserap udara sehingga suhu di bumi tidak begitu tinggi).
  • Sebagai sumber berbagai macam zat yang berguna bagi manusia, oksigen berguna bagi manusia untuk bernapas.
  • Sebagai pelindung bumi dari tabrakan-tabrakan dengan benda langit yang lain, karena meteorit-meteorit bergesekan dengan atmosfer sebelum sampai di bumi.
  • Untuk keperluan komunikasi. Lapisan udara bagian atas atau pada ketinggian di atas 60 km berdasarkan partikel-partikel ion merupakan pemancar gelombang radio.

Udara yang bergerak atau biasa kita sebut dengan angin juga memiliki peranan yang besar bagi kehidupan manusia. Pada zaman dahulu, kapal-kapal digerakkan oleh tenaga angin. Udara juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai sarana rekreasi dan olahraga, seperti terjun payung, gantole, terbang layang, main layang-layang, dan sebagainya.

5. Panas Bumi
Panas bumi merupakan sebuah energi yang dihasilkan dari dalam perut bumi. Sumber panas bumi umumnya dijumpai di daerah sekitar gunung api, seperti di Indonesia. Energi ini sifatnya dapat diperbarui tidak seperti minyak dan batu bara. Panas bumi memiliki fungsi dan peranaan penting dalam kehidupan manusia. Panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Keunggulan panas bumi selain merupakan energi yang dapat diperbarui, energi panas bumi juga sangat ramah lingkungan.

Potensi dan Pemanfaatan Energi Geothermal di Indonesia
No.Lima wilayah dengan potensi tertinggiNo.Lima wilayah dengan pemanfaatan paling unggul
1.Jawa Barat  (PLTP Salak, Kamojang, Wayang Lindu, dan Darajat)1.Jawa Barat 
2.Sumatera Utara (PLTP Sibayak)2.Jawa Tengah
3.Jawa Tengah (PLTP Dieng)3.Sulawesi Utara
4.Sumatera Selatan4.Sumatera Utara
5.Sulawesi Utara (PLTP Lahendong)5.Sumatera Selatan
Keanekaragaman hayati di Indonesia sangat tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai macam jenis tanaman dan hewan yang hidup di Indonesia. Keberadaan tumbuhan dan hewan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Hal ini patut kita syukuri karena tidak semua negara di dunia mempunyai keanekaragaman hayati seperti Indonesia. Selain itu, kita juga harus menjaga kelestarian ekosistem agar keanekaragaman hayati tersebut tidak punah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.