Home » » Daur Hidup Tumbuhan dan Hewan

Daur Hidup Tumbuhan dan Hewan

Daur hidup adalah tahapan-tahapan kehidupan makhluk hidup sejak lahir hingga menjadi dewasa. Tumbuhan dan hewan memiliki daur hidup yang berbeda. Daur hidup merupakan suatu proses yang menandai perkembangan makhluk hidup sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya. Proses tersebut merupakan suatu perputaran karena akan kembali pada titik awal mulanya. Dalam daur hidup terlihat perubahan bentuk luar yang menandai fase perkembangan suatu individu.

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang mempunyai ciri sebagaimana makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri tumbuhan adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada tanaman dapat dilihat dari makin besarnya suatu tanaman yang disebabkan oleh jumlah sel yang bertambah banyak dan bertambah besar. Selain tumbuh, tanaman juga mengalami perkembangan. Perkembangan adalah peristiwa biologis menuju kedewasaan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan.

Daur Hidup Tumbuhan
Tumbuhan memiliki daur hidup yang berbeda-beda. Tumbuhan kacang hijau memiliki daur hidup yang berbeda dengan tumbuhan apel. Begitu pula tumbuhan mangga memiliki perbedaan daur hidup dengan pohon salak. Berikut ini daur hidup tumbuhan apel dan kacang hijau.

Daur Hidup Apel
Buah apel yang sering kita makan memiliki biji. Biji tersebut jika ditanam, suatu saat akan tumbuh akar dan tunas. Tunas tersebut akhirnya menjadi pohon apel kecil yang lama-kelamaan menjadi besar dan berbunga. Bunga-bunga apel ini merupakan cikal bakal buah apel yang sering kita makan. Di dalam buah apel terdapat biji yang merupakan calon tanaman baru, jika biji tersebut ditanam akan menjadi tanaman apel.
daur hidup apel
Daur Hidup Kacang Hijau
Kacang hijau sering dijadikan bahan seperti bubur kacang hijau dan juga tauge, Biji kacang hijau yang ditanam di dalam tanah akan tumbuh menjadi kecambah. Kecambah tersebut akan tumbuh menjadi tanaman kacang hiau dewasa. Kacang hijau dewasa akan berbunga. Bunga kacang hijau yang mengalami penyerbukan akan menghasilkan biji kacang hijau yang merupakan calon tumbuhan kacang hijau. Tauge merupakan bagian daur hidup kacang hijau saat masih dalam bentuk kecambah, Manusia memanfaatkan tauge sebagai bahan makanan.

Daur Hidup Hewan
Setiap  hewan mengalami tahap pertumbuhanan dan perkembangan. Daur hidup hewan dimulai saat keluar dari perut induknya hingga dewasa. Setelah dewasa hewan dapat menghasilkan keturunan kembali. Daur hidup pada hewan terdiri atas beberapa cara yang disebut dengan metamorfosis. Perubahan bentuk hewan yang berbeda antara ketika lahir dan dewasa dinamakan metamorfosis. Metamorfosis merupakan perubahan bentuk yang dialami oleh beberapa hewan. Hewan yang memiliki daur hidup dengan cara metamorfosis misalnya kupu-kupu, kecoak, belalang, kumbang dan sebagainya. Metamorfosis dibedakan menjadi dua macam, yaitu seperti berikut.

1. Metamorfosis sempurna:
Metamorfosis sempurna merupakan perubahan bentuk yang yang sangat berbeda ketika makhluk hidup lahir dengan ketika dewasa. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mengalami masa pupa/kepompong. Contohnya adalah kupu-kupu, nyamuk, kumbang dan katak. Contoh proses metamorfosis sempurna:
  • Metamorfosis pada kupu-kupu: telur, ulat (larva), kepompong, kupu-kupu
  • Metamorfosis pada katak: telur, kecebong, katak berekor, katak dewasa
  • Metamorfosis pada nyamuk: telur, larva, pupa, nyamuk

Perubahan bentuk pada katak juga mengalami metamorfosis sempurna. Setelah telur, katak menetas menjadi katak muda atau cebong. Nama lain dari cebong adalah berudu. Berudu hidup di air dan masih memiliki ekor. Menjelang dewasa, kaki berudu mulai tumbuh dan masih berekor. Setelah dewasa, kaki katak tumbuh sempurna dan ekornya pun menyusut hingga tidak memiliki ekor lagi. Pada tahap katak dewasa, katak lebih sering hidup di darat dan akan kembali ke air untuk bertelur. Begitu seterusnya siklus hidup katak dengan metamorfosis sempurna.

Ketika kupu-kupu dewasa bertelur, telurnya akan menetas menjadi larva yang berbentuk ulat, ulat menjadi kepompong dan kepompong kemudian berubah menjadi kupu-kupu dewasa.
metamorfosis
2. Metamorfosis tidak sempurna:
Metamorfosis tidak sempurna merupakan perubahan bentuk yang tidak terlalu berbeda ketika makhluk hidup lahir dengan ketika dewasa. Hewan yang bermetamorfosis tidak sempurna tidak mengalami masa pupa/kepompong sehingga perubahan bentuknya tidak terlalu berbeda. Contohnya adalah belalang, kecoak, capung, kepik, rayap.  Contoh proses metamorfosis tidak sempurna:
  • Metamorfosis pada belalang: telur, nimfa, belalang
  • Metamorfosis pada kecoa: telur, nimfa, kecoa 
Banyak hewan dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Contoh, daur hidup kucing dan daur hidup ayam.

Ayam menghasilkan anak dengan cara bertelur. Telur ayam perlu perlu dierami kira-kira 21 hari agar dapat menetas. Setelah pertumbuhan bakal anak dalam telur sempurna, telur menetas menjadi anak ayam. Semakin lama, anak ayam tumbuh semakin besar. Bulu-bulu halus berubah menjadi bulu-bulu seperti induknya. Semua bulu halus berganti menjadi bulu seperti induknya. Ayam betina menjadi induk betina. Ayam jantan menjadi ayam jago dewasa. Setelah dewasa, ayam berkembangbiak dan menghasilkan telur. Dari telur ini, daur hidup ayam yang baru akan dimulai kembali.

Kucing berkembangbiak dengan cara beranak (melahirkan). Sebelum anaknya lahir, kucing dewasa mengalami masa mengandung kira-kira 3 bulan. Setelah itu, lahirlah anak kucing yang belum dapat bergerak dengan lincah. Anak kucing ini belum dapat makan sendiri. Dia menyusu ke induknya. Setelah umurnya lebih dari sebulan, anak kucing baru dapat memakan makanan lain. Setelah lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berubah bentuk. Hanya ukuran tubuhnya saja yang berubah. Ketika kucing dewasa ia pun siap untuk menurukan kebali generasinya.

Bagaimanakah daur hidup hewan-hewan yang ada di lingkunganmu?
Daur hidup hewan yang ada di sekitar kita ada yang mengalami metamorfosis dan ada juga yang tidak mengalaminya. Daur hidup ayam dan kucing tidak mengalami metamorfosis. Sedangkan nyamuk, katak, kecoa mengalami metamorfosis. Katak dan myamuk mengalami metamorfosis sempurna sedangkan kecoak mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Pernahkah kamu mengamati anak kucing dan induknya atau ayam dengan induknya?
Anak kucing mirip sekali dengan induknya hanya ukurannya saja yang berbeda demikian juga dengan ayam, anak ayam mirip dengan induknya hanya bulu dan ukuranya yang berbeda,

Apakah anak hewan-hewan tersebut ketika lahir menyerupai induknya?
Anak ayam dan kucing mirip dengan induknya.

Apa perbedaan dan persamaan antara anak dan induknya?
Perbedaanya hanya pada ukuranya saja anak ayam dan anak kucing umuran tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan dengan induknya.

Bagaimana pula dengan tumbuhan?
Tumbuhan juga mengalami daur hidup, tumbuhan yang masih kecil mirip dengan tumbuhan yang sudah dewasa hanya berbeda dalam ukurannya saja.

Bermula dari apa pertumbuhan tumbuhan itu?
Tumbuhan berasal dari biji yang dihasilkan oleh tumbuhan yang sudah dewasa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....