Home » » Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Sebagian besar tumbuhan memiliki bunga, bunga tersebut berwarna-warni. Bunga atau kembang merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi untuk alat perkembangbiakan. Bunga disebut bunga sempurna bila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Bunga dikatakan bunga lengkap apabila memiliki semua bagian utama bunga yaitu kelopak, mahkota, benangsari, dan putik. Dalam bunga sempurna terdapat benang sari dan putik, benang sari sebagai alat perkembangbiakan jantan dan putik sebagai alat perkembangbiakan betina.

Bagian yang paling menarik dari bunga adalah mahkota, mahkota sering disebut sebagai perhiasan bunga. Mahkota bunga memiliki warna yang beraneka ragam, pada umumnya warna mahkota bunga adalah berwarna mencolok. Ada yang berwarna, merah, kuning, hijau, pink, ungu, jarang sekali dijumpai mahkota bunga yang berwarna gelap, Ternyata warna yang mencolok tersebut berfungsi untuk menarik perhatian hewan untuk mendatangi bunga tersebut. Banyak tanaman yang bergantung pada hewan penyerbuk tertentu yang menyerbuki mereka.

Bunga Sempurna dan Bunga Tak Sempurna
Dilihat dari ada dan tidaknya alat perkembangbiakan pada bunga, bunga dapat dikelompokkan menjadi bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua alat perkembangbiakan yaitu benangsari dan putik. Bunga yang hanya memiliki satu alat perkembangbiakan saja dinamakan bunga tidak sempurna.

Tumbuhan yang memiliki bunga sempurna antara lain adalah bunga sepatu. Dalam bunga sepatu terdapat tangkai, kelopak, mahkota, benangsari, dan putik. Contoh bunga sempurna yang kain adalah bunga matahari, bunga mawar, dan masih banyak yang lainnya.

Jika dalam satu bunga hanya terdapat salah satu alat kelamin saja maka bunga tersebut disebut bunga tidak sempurna. Contoh bunga tidak sempurna adalah bunga salak. Pada pohon salak, alat jantan dan alat betina terdapat pada pohon yang terpisah. Sehingga ada istilah tanaman salak jantan dan tanaman salak betina.

Selain bunga salak bunga jagung juga termasuk bunga tidak sempurna. Bunga jantan dan bunga betina yang terpisah dalam satu tanaman jagung. Bunga jantan tersusun dalam bentuk malai, sedangkan betina dalam bentuk tongkol. Bunga jantan terletak di bagian puncak tanaman, bunga betina tersusun dalam tongkol. Penyerbukan tanaman jagung dibantu eleh angin.

Jika bunga memiliki semua bagian bunga kecuali putik, maka disebut bunga jantan. Jika bunga memiliki semua bagian bunga kecuali benang sari, maka disebut bunga betina. Beberapa contoh bunga tidak sempurna antara lain bunga vanili, bunga pepaya, kelapa sawit, dan melinjo.

Bagian Bagian Bunga
Secara umum bunga terdiri dari tangkai, kelopak, mahkota, benangsari, dan putik,  Berikut ini adalah bagian-bagian bunga sempurna.
bagian bunga
1. Tangkai
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.

2. Kelopak
Kelopak bunga merupakan bagian yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.

3. Mahkota
Mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan.

4. Benang Sari
Benang sari terdapat pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari.

5. Putik
Putik terdapat di bagian tengah-tengah bunga. Biasanya, putik dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik. Pada bagian dasar tangkai putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Apabila serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan awal dari perkembangbiakan pada tumbuhan.

Bunga membuat lingkungan sekitar kita semakin indah. lingkungan yang indah tersebut perlu dihargai dengan cara menjaga kelestariannya. Cara menghargai lingkungan dapat dilakukan dengan cara merawat tanaman, tanaman disiram setiap pagi dan sore serta diberi pupuk supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik, Tanaman yang tumbuh dengan baik membuktikan kita menghargai lingkungan ayang ada di sekitar kita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....