Home » » Teks Deskriptif Tentang Hewan

Teks Deskriptif Tentang Hewan

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci sehinggga pembaca seolah-olah mlihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis. Ciri-ciri paragraf deskriptif antara lain menggambarkan atau melukiskan sesuatu, penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera. Penggambaran tersebut membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri. Pargraf deskriptif juga menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Salah satu cara membuat paragraf deskriptif adalah dengan cara mengamati objek langsung. Dengan melihat langsung objek yang akan dideskripsikan kita dapat menulis apa saja yang dapat dilihat ke dalam bentuk tulisan. Pengamatan objek dapat dilakukan pada ukuran, warna, dan bentuk tubuh yang lainnya.

Misalnya objek yang akan kita amati adalah seekor kelinci. Apa saja yang dapat dideskripsikan dari kelinci ? Sifat apa saja yang bisa dideskripsikan dari seekor kelinci antara lain berupa:

1. Ukuran (besar-kecil)
Kelinci asli Indonesia memiliki ukuran tubuh  yang kecil. Tubuh kelinci memiliki panjang sekitar 50 cm. Walaupun bertubuh kecil ternyata kelinci memiliki kecepatan lari yang sangat cepat. Kepala kelinci ukuranya kecil dengan dua buah mata. Walaupun kepala kelinci kecil tetapi kelinci memiliki telinga yang panjang. Kelinci memiliki dua gigi atas yang besar, gigi ini berguna untuk memotong makanan yang berupa sayuran. Kelinci termasuk hewan pemakan tumbuhan.

2. Warna
Kelinci memiliki bulu berwarna putih, namun ada juga kelinci yang memiliki bulu berwarna cokelat. Bulu kelinci sangat halus. Bulu tersebut berfungsi menghangatkan tubuh kelinci. Rambut tebal adalah salah satu bentuk penyesuaian hewan kelinci terhadap lingkungannya. Saya suka rambut kelinci, rambut kelinci begitu halus dan juga tidak mudah rontok. Rambut kelinci yang sudah tua biasanya akan rontok dan digantikan oleh rambut yang baru. Saya selalu membersihkannya tiga kali seminggu.

3. Sifat-sifat fisik yang lain.
Kelinci memiliki dua buah telinga yang panjang. Telinga kelinci berfungsi sebagai indera pendengan. Pendengaran kelinci sangat tajam, sehingga ia mengetahui apabila ada hewan pemangsa di dekatnya. Telinga kelinci biasanya berdiri dan bergerak-gerak.

Kelinci memiliki dua kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depannya. Kaki panjang dan kuat tersebut membantu kelinci saat berlari. Dengan kaki yang panjang tersebut kelinci dapat melompat dengan cepat. Kaki depan kelinci lebih pendek, kaki depan ini digunakan untuk menggali lubang ketika membuat sarang.

Kelinci membuat sarangnya di dalam tanah dengan cara menggali lubang. Biasanya kelinci akan berkembangbiak di lobang tersebut. Jika induk kelinci pergi meninggalkan sarangnya lobang tersebut ditutup menggunakan tanah. Kelinci hewan yang lucu dan menarik.

Teks Deskripsi tentang Laba-laba
Laba-laba adalah hewan yang memiliki tubuh berukuran kecil. Laba-laba adalah sejenis hewan berbuku-buku dengan dua bagian tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah. Tak seperti serangga yang memiliki tiga bagian tubuh, laba-laba hanya memiliki dua. Bagian depan merupakan gabungan dari kepala dan dada. Sedangkan bagian belakang adalah bagian perut.

Tubuh laba-laba warnanya bermacam-macam, ada yang hitam, merah dan lain-lain. Laba-laba merupakan hewan pemangsa, bahkan kadang-kadang kanibal. Mangsa utamanya adalah serangga. Laba-laba mampu menyuntikan bisa melalui sepasang taringnya kepada musuh atau mangsanya.

Laba-laba memiliki sepasang mata. Mata pada laba-laba umumnya merupakan mata tunggal (mata berlensa tunggal), dan bukan mata majemuk seperti pada serangga. Kebanyakan laba-laba memiliki penglihatan yang tidak begitu baik, tidak dapat membedakan warna, atau hanya sensitif pada gelap dan terang.

Tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, akan tetapi semuanya mampu menghasilkan benang sutera , yakni helaian serat tipis namun kuat dari kelenjar yang terletak di bagian belakang tubuhnya. Serat sutera ini amat berguna untuk membantu pergerakan laba-laba, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa, membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain.
laba laba dan kumbang
Teks Deskripsi Kumbang
Kumbang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Tubuh yang terbagi tiga bagian kepala, dada, dan perut, tiga pasang kaki yang pangkalnya menyatu di dada, dan sepasang antena. Kaki kumbang yang beruas banyak biasanya berujung pada dua atau lima ruas kecil, kumbang memiliki cakar, biasanya sepasang. Sebagian besar kumbang menggunakan kaki mereka untuk berjalan. Kaki belakang beberapa kumbang, seperti kumbang kutu, membesar dan dirancang untuk melompat.

Tubuh kumbang memiliki warna yang bermacam-macam ada yang hijau, hitam, cokelat dan lain-lain. Sayap kumbang berjumlah dua pasang. sepasang sayap luar dan sepasang sayap dalam yang tipis yang digunakan untuk terbang. Kemampuan untuk terbang telah hilang pada beberapa kumbang, antara lain beberapa kumbang tanah.

Kumbang memiliki sepasang mata majemuk. Mata kumbang majemuk dan mungkin memperlihatkan kemampuan beradaptasi yang luar biasa, seperti dalam kasus kumbang gasing, mata mereka terpisah untuk memungkinkan pandangan ke atas dan ke bawah permukaan air.

Kumbang memiliki kelenjar khusus yang menghasilkan feromon yang digunakan untuk menemukan pasangannya. Jenis-jenis kumbang lainnya menghasilkan feromon yang berbeda-beda jenis.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....