Home » » Teknologi Pengolahan Kayu

Teknologi Pengolahan Kayu

Proses pengolahan kayu untuk membuat barang-barang yang dibutuhkan menggunakan teknologi sederhana dan teknologi modern. Pada jaman dahulu proses pembuatan barang yang berbahan kayu masih menggunakan teknologi sederhana. Alat-alat yang digunakan masih menggunakan tenaga manusia. Untuk menebang kayu masih menggunakan kapak, membelah kayu masih menggunakan gergaji dorong, menghaluskan kayu menggunakan alat sederhana yang disebut ketam. Dengan teknologi yang masih sederhana untuk membuat sebuah lemari dibutuhkan waktu sekitar dua minggu.

Berbeda dengan proses pengolahan kayu yang ada saat ini. Semua proses menggunakan alat yang menggunakan mesin. Teknologi yang digunakan juga sudah menggunakan teknologi modern. Proses pembuatan perabot rumah tangga dapat lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan teknologi sederhana seperti pada jaman dahulu. Dengan teknologi modern pekerjaan cepat selesai dan jumlah barang yang dibuat juga lebih banyak. Selain itu tenaga yang digunakan oleh manusia juga semakin sedikit.

Dengan teknologi yang ada pada saat ini untuk menebang kayu menggunakan chainshaw yang digerakan oleh mesin. Jika dibandingkan dengan penggunaan kapak pada jaman dahulu waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menebang kayu sangat berbeda jauh. Proses membelah kayu pada jaman sekarang sudah menggunakan mesin, padahal jaman dahulu untuk membelah kayu harus dilakukan oleh dua orang dengan cara menarik gergaji secara bersamaan.

Untuk membandingkan hasil yang diperoleh dan teknologi yang digunakan oleh seorang tukang kayu dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
tukang kayu
1. Bandingkan alat yang digunakan oleh kedua tukang kayu pada gambar. Apakah kedua tukang kayu itu menggunakan peralatan yang sama? Jelaskan!
Kedua tukang kayu menggunakan alat yang berbeda, tukang kayu tradisional menggunakan kapak untuk memotong kayu sedangkan saat ini memotong kayu menggunakan chainshaw.

2. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang teknologi yang digunakan dari kedua tukang kayu untuk memotong di kedua gambar?
Hasil kayu yang dilakukan menggunakan teknologi sederhana lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan teknologi modern

3. Bagaimana jumlah kayu yang akan dihasilkan oleh kedua tukang kayu itu jika dilihat dari penggunaan alat yang berbeda?
Hasil kayu yang dihasilkan tukang yang menggunakan teknologi sederhana lebih sedikit daripada yang menggunakan teknologi modern.

4. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang penggunaan teknologi dari kedua tukang kayu? Tuliskan dalam kolom berikut!
Penggunan teknologi berkaitan erat dengan peralatan dan hasil yang diperoleh dari sebuah pekerjaan. Pemotong kayu yang menggunakan teknologi sederhana menggunakan peralatan yang sederhana dan mengandalkan tenaga manusia sehingga hasilnyapun sesuai dengan kemampuan pekerjaannya. Sebaliknya, Pemotong kayu yang menggunakan teknologi modern lebih memanfaatkan tenaga mesin sehingga hasil yang diperoleh juga lebih banyak.

Seorang pengusaha industri rumah tangga ingin membuat sejumlah meja dan kursi . Ia sedang bimbang apakah akan menggunakan bambu, kayu, atau besi untuk meja dan kursinya. Ia ingin membuat meja dan kursi yang kuat, murah, dan tahan lama. Bantulah pengusaha tersebut untuk memilih salah satu dari ketiga bahan baku tersebut. Tuliskan alasanmu mengapa memilih bahan baku tersebut!
Jika aku ingin membantu pengusaha industri rumah tangga untuk membuat meja dan kursi, aku akan memilih besi sebagai bahan bakunya. Alasannya adalah karena pengusaha itu akan membuat meja dan kursi yang akan disimpan di halaman. Oleh Karena itu, besi dianggap sebagai bahan yang paling cocok. Walaupun pembuatannya akan lebih mahal, namun akan lebih kuat dan tahan lama jika memakai besi untuk menjadi meja dan kursi untuk di halaman.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....