Home » » Teknologi Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Teknologi Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari suatu pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan tukang jahit. Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan, seperti dokter, polisi, guru, dan pemangkas rambut (tukang cukur). Barang-barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan sangat beragam. Banyak di antaranya yang memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia.

Setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jenis-jenis pekerjaan dapat dibedakan berdasarkan hasil dari pekerjaannya, yaitu barang dan jasa.

Pekerjaan yang menghasilkan barang.
Jenis pekerjaan ini menghasilkan barang yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti makanan, minuman, perabot rumah tangga, dan lain-lain. Perhatikan contoh dan jenis-jenis pekerjaan serta hasilnya. Petani menghasilkan padi, jagung, dan lain-lain, pengrajin menghasilkan meja, kursi, dan kerajinan lainnya, peternak menghasilkan telur, daging, dan susu.

Pekerjaan yang menghasilkan jasa.
Jenis pekerjaan ini menghasilkan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kita membutuhkan pendidikan, layanan kesehatan, layanan transportasi, dan lain-lain. Perhatikan contoh jenis pekerjaan serta jasanya berikut ini. Guru berjasa dalam pendidikan, dokter berjasa dalam kesehatan, sopir berjasa dalam layanan transportasi.

Jenis pekerjaan lain yang menghasilkan jasa ialah montir, sopir, pengacara, polisi, tentara, jaksa, hakim, pegawai negeri, perias pengantin, dan perawat.

Barang-barang yang biasa kita gunakan sehari-hari menggunakan berbagai jenis sumber daya alam. Berikut ini nama barang, pekerjaan, bahan asal barang, dan sumber daya alam yang digunakan.
PekerjaanBarang yang DihasilkanBahan Asal BendaJenis Sumber Daya Alam yang digunakan
Tukang KayuMeja, Kursi, LemariKayuTumbuhan
Pemerah SusuSusu SapiHewanHewan
Pengambil BelerangBelerangBelerangBahan tambang
Petani SawahBerasTumbuhanTanah
NelayanIkan dan UdangHewanHewan

Ternyata banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kenutuhannya. Manusia membutuhkan tanah, tumbuhan, dan hewan untuk memenuhi kebutuhannya.

Semua yang ada di alam ini merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kemajuan teknologi sangat membantu manusia mengolah sumber daya alam untuk mendatangkan manfaat yang sebanyak-banyaknya. Sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung, ada pula yang harus diolah lebih dahulu dengan menggunakan teknologi.
Teknologi Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam dan teknologi mempunyai hubungan timbal balik di mana keduanya saling membutuhkan.
  • Teknologi memberi pengaruh terhadap eksploitasi sumber daya alam sehingga dapat diolah secara maksimal tanpa merusak habitat yang ada. Misalnya, untuk mengebor sumber daya alam berupa minyak bumi dibutuhkan teknologi yang lebih canggih. Pemanfaatan teknologi yang maksimal dibutuhkan pula dalam mengelola sumber daya alam seperti kertas dan pembuatan pakaian.
  • Sumber daya alam dapat mendukung teknologi menjadi lebih baik. Misalnya, pasir besi digunakan sebagai bahan penyusun pembuat baling-baling kincir angin.

Benda-benda yang dibuat dengan teknologi menjadi sangat berbeda dengan bahan asalnya. Pembuatan benda yang memerlukan teknologi sederhana misalnya pembuatan tempe dan tahu dari bahan dasar kedelai. Pembuatan benda-benda yang memerlukan teknologi yang agak rumit, misalnya pembuatan kertas dari kayu, pembuatan kain, dan pembuatan barang-barang dari karet. Mari kita lihat proses pembuatan benda yang dipakai sehari-hari dengan menggunakan teknologi.

Teknologi ada yang sederhana dan ada yang rumit. Barang yang dibuat dengan teknologi sederhana, contohnya barang-barang kerajinan dari bahan rotan dan bambu. Adapun barang-barang yang dibuat dengan teknologi rumit, contohnya pembuatan kain dari kapas, kertas dari kayu, dan berbagai macam barang dari karet.

Ambillah beberapa barang yang ada di sekolahmu. Amati dan prediksilah cara benda itu diolah. Berilah tanda centang (√) sesuai dengan cara pengolahannya!
Nama BarangCara Pengolahan
Diolah oleh Bantuan ManusiaDiolah oleh Bantuan Mesin
Buku-
Meja-
Lemari-
Sapu lidi-
Pensil-
Globe-
Komputer-
Sapu ijuk-
Korden-
Kesimpulan : semua yang ada di alam ini merupakan sumber daya yang sangat dibutuhkan manusia. Pengolahan sumber daya alam yang hanya perlu diolah oleh manusia disebut sebagai teknologi sederhana, sedangkan pengolahan yang memerlukan teknologi yang agak rumit dan perlu menggunakan mesin dikenal dengan teknologi modern.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....