Home » » Teknik Menggambar Pemandangan Alam

Teknik Menggambar Pemandangan Alam

Pemandangan alam merupakan keindahan alam yang dapat dinikmati melalui komponen mata dalam panca indra manusia. Melukis pemandangan alam tidak sama dengan memotret pemandangan alam dengan menggunakan kamera. Kamera memotret alam secara apa adanya, tidak menambah atau mengurangi objek yang dipotret. Sebaliknya, pelukis dapat menambah atau mengurangi objek yang dilukis. Penambahan atau pengurangan tersebut bertujuan untuk menambah keindahan objek yang dilukis.

Sebelumnya menggambar pemandangan perhatikan teknik menggambar pemandangan alam berikut: Pertama-tama, siapkan semua perlengkapan menggambarmu. Kamu boleh melukis suasana alam sekitarmu dengan menggunakan pensil, pensil warna, atau krayon. Kamu dapat menggunakan bingkai pemandang untuk mendapatkan gambar yang diinginkan, yaitu selembar karton seukuran kartu pos yang bagian tengahnya berlubang segi empat. Untuk kertas gambar, kamu akan menggunakan kertas berukuran A4.

Langkah-langkah:
  • Pergi ke luar ruangan untuk mengamati suasana alam sekitar sekolah atau tempat tinggalmu. Cari tempat yang nyaman untuk duduk dan mengamati pemandangan sekitar. Nikmati segala hal yang ada di situ. Mulai dari kesejukannya, kesegaran udaranya, warna hijau daun yang membuat pandangan mata menjadi nyaman, dan semuanya yang ada di situ. 
  • Kemudian siapkan segala keperluan untuk melukis pemandangan. Mulai dari kain kanvas, tempat duduk, cat warna atau bahan lain untuk melukis, kuas dan lain sebagainya.
  • Pegang bingkai pemandangan ± 30 cm di depan mata. Pemandangan yang diamati melalui lubang bingkai tampak seperti lukisan berbingkai. Geser bingkai pemandangan hingga kamu temukan pemandangan yang paling menarik.
  • Buat sketsa kasar suasana alam paling tidak dari tiga arah sudut pandang. Sketsa pemandangan alam dalam seni lukis biasanya terdiri dari komponen-komponen seperti pepohonan, semak-semak, daratan, bukit, lembah, air ataupun sejumlah benda buatan manusia contohnya rumah, jembatan, mobil dll.
  • Setelah sketsa selesai dibuat maka buatlah lukisan pemandangan yang sebenarnya. Agar lukisan yang dihasilnya bisa punya daya tarik, maka bayangkan keindahan alam yang sebelumnya telah kita kunjungi. Bila ini berhasil, maka dijamin lukisan tersebut bisa menjadi karya yang bermutu tinggi serta disukai banyak orang.
  • Selalu tekun dan rajin berlatih agar kemampuan kita dalam melukis pemandangan juga semakin meningkat, sehingga hasil lukisan yang dibuat juga semakin tinggi kualitas dan mutunya. Bila perlu jangan sungkan untuk bertanya kepada Bapak/Ibu guru.
menggambar pemandangan

Keanekaragaman dan keindahan hewan dan tumbuhan di Indonesia merupakan objek yang menarik untuk diabadikan. Setiap hewan dan tumbuhan memiliki keunikan yang tidak pernah membosankan untuk diamati. Hewan dan tumbuhan menjadi sumber ide yang tidak pernah habis bagi penyair dan pelukis. Banyak syair dan lukisan yang isinya menceritakan tentang keindahan hewan dan tumbuhan Indonesia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....