Home » » Sumber Daya Alam Kepulauan Raja Ampat

Sumber Daya Alam Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Gugusan pulau ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Raja Ampat daerah yang memiliki sumber daya alam nonhayati yang terdiri atas 610 pulau, empat di antaranya merupakan pulau besar. Raja Ampat terdiri atas gugusan pulau berbagai bentuk, wilayah perbukitan, pantai dengan pasir putih, dan hutan, serta goa di dalam laut.

Raja Ampat kaya akan sumber daya alam hayati bawah laut, terdiri dari terumbu karang dan biota laut, yang terlengkap di dunia. Kekayaan ini menjadikan kepulauan Raja Ampat sebagai kawasan pulau-pulau kecil dengan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa jumlahnya. Karena itu perairan Raja Ampat disebut sebagai “Ibukota Ikan di Dunia”.

Pulau-pulau yang belum terjamah dan keindahan laut yang masih asrimenjadikan Raja Ampat salah satu objek wisata paling populer di dunia. Bagi pencinta wisata bawah air, Raja Ampat sangat dikenal, bahkan dinilai terbaik di dunia untuk kualitas terumbu karangnya. Pada pertengahan 2006, tim khusus dari majalah petualangan ilmiah terkemuka dunia, National Geographic, membuat liputan di Raja Ampat, yang menjadi laporan utama berita pada tahun 2007 di majalah tersebut. Sebagai bangsa Indonesia kita patut bangga memiliki wilayah yang terkenal akan keindahannya di dunia.
raja ampat
Sumber daya alam memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Berdasarkan asalnya, sumber daya alam dibedakan menjadi sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati.
  • Sumber Daya Alam Hayati, disebut juga SDA biotik yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, hidup, dan bisa diperbarui. Contoh: terumbu karang dan berbagai jenis ikan
  • Sumber Daya Alam Nonhayati, disebut juga SDA abiotik, yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, dan tidak bisa diperbarui. Contoh: tanah daratan di pulau, pasir di pantai, air laut, batu karang.
Manfaat dari sumber daya alam nonhayati bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan Raja Ampat
  • Tanah daratan di pulau, manfaatnya: sebagai tempat tinggal dan tempat hidup manusia, tumbuhan, dan hewan di darat.
  • Perbukitan, manfaatnya: tempat hidup beragam hewan dan tumbuhan, tempat wisata.
  • Pantai berpasir, manfaatnya: tempat hidup hewan pantai dan sebagai batas antara darat dan laut.
  • Air Laut, manfaatnya: tempat hidup biota laut dan penyeimbang alam.
Manfaat dari sumber daya alam hayati bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan Raja Ampat
  • Terumbu karang, manfaatnya: tempat tinggal dan berkembang biak ikan dan objek wisata.
  • Beragam jenis ikan, manfaatnya: dikonsumsi manusia dan objek wisata.
Lima jenis pekerjaan masyarakat yang tinggal di wilayah di kepulauan Raja Ampat dengan adanya jenis sumber daya alam tersebut yaitu nelayan, peternak terumbu karang, peternak udang, pemandu wisata, pekerja di penginapan lokasi wisata.

Hubungan antara sumber daya alam dan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut beserta kesimpulannya.
Beragam sumber daya alam memungkinkan manusia yang ada di wilayah tersebut untuk memanfaatkan dan mengolahnya, sehingga muncul jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan SDA yang ada.

Sumber Daya Alam Di Sekitarku
Sekarang, amati lingkungan di sekitar sekolah, temukan paling sedikit 8 jenis SDA hayati dan SDA nonhayati yang ada di wilayah tempat tinggalmu, tuliskan manfaat serta jenis-jenis pekerjaan yang muncul dengan adanya sumber daya alam tersebut.
Jenis Sumber Daya Alam, Pemanfaatannya, serta Jenis Pekerjaan
No.SDA HayatiManfaatJenis PekerjaanSDA NonhayatiManfaatJenis Pekerjaan
1.IkanMakananNelayanAirAir minum dan es buahPenjual Es
2.SayuranMakananPedagang sayurTanahPertanianPetani
3.KerbauTenagaPetaniPerbukitanPariwisataPemandu wisata
4.Pohon jatiBahan BangunanTukang kayuSawahPertanianPetani
5.RumputMakananPeternakBatuPerhiasanPengrajin
6.KangkungMakananPenjual rujakTanah liatMembuat gentingPengrajin
7.KelapaMakananPejual MakananUdaraPerhiasanPengrajin
8.PadiMakananPeaniPasirBahan BangunanTukang batu
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....