Home » » Sikap Terpuji Seorang Pelajar

Sikap Terpuji Seorang Pelajar

Sebagai seorang pelajar kewajiban utamanya adalah belajar dengan tekun. Melaksanakan tugas dan pekerjaan adalah kewajiban setiap orang. Dalam pelaksanannya tidak lepas dari kesulitan dan hambatan. Hanya orang-orang yang berprilaku terpujilah yang mampu meraih keberhasilan dalam melaksanakan tugasnya. Kemampuan dan kemauan untuk belajar dengan giat hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki prilaku terpuji. Banyak contoh yang bisa kita tiru dari orang-orang yang memiliki sikap prilaku terpuji, yakni bagaimana seseorang meraih keberhasilannya, bagaimana orang bertahan dalam menghadapi kesulitannya.

Dengan sikap terpuji kehidupan ini dapat berjalan dengan baik, tertib, teratur, aman, damai, tentram dan sejahtera. Untuk memulainya coba lakukan dari hal-hal yang terkecil yang ada dilingkungan kamu, baik dirumah, di sekolah maupun di masyarakat, jika kamu mampu melakukannya dengan penuh kesadaran dan tidak karena terpaksa, maka kamu akan menjadi orang yang bisa bersikap berprilaku terpuji. Jika ada sikap kamu yang belum terpuji, perbaikilah saat ini juga agar dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Berikut ini beberapa sikap terpuji dan tidak terpuji yang biasanya dilakukan di sekolah.
perilaku terpuji
Sebagai seorang pelajar kita, harus menunjukkan sikap yang baik. Dengan sikap yang baik tersebut kita dapat melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang pelajar. Beberapa sikap yang baik/terpuji sebagain seorang pelajar di sekolah antara lain sebagai berikut :
No.Sikap TerpujiAlasan
1.Mengerjakan PR tepat waktuMenunjukkan sikap bertanggungjawab
2.Bersikap tertib sewaktu menerima pelajaranMenunjukkan sikap bertanggungjawab
3.Bermain bersama-sama temanMenunjukkan sikap persatuan dan kesatuan
4.Belajar dengan sungguh-sungguhMenunjukkan sikap bertanggungjawab
Dengan sikap yang baik seperti di atas diharapkan kewajiban kita dapat terpenuhi sebagai seorang pelajar. Bagaimana dengan sikap kita yang masih kurang baik ? Berikut ini beberapa sikap seorang pelajar yang kurang baik yang perlu diperbaiki.
No.Sikap yang perlu diperbaikiAlasan
1.Mencontek saat ulanganMenunjukkan sikap kurang percaya diri dan tidak bertanggungjawab
2.Saling mengejek saat bermainMenunjukan sikap tidak menjaga persatuan dan kesatuan
3.Berkelahi dengan temanMenunjukkan sikap tidak menjaga persatuan dan kesatuan
4.Tidak mengerjakan tugas sekolahMenunjukkan sikap tidak bertanggung jawab sebagai seorang pelajar

Kewajiban dan Hak Seorang Pelajar
Setiap pelajar memiliki kewajiban dan hak yang sama di sekolah. Kewajiban harus dipenuhi terlebih dahulu, baru kita dapat menuntut hak kita. Berikut beberapa kewajiban dan hak dan kewajiban pelajar pada umumnya, sehingga kita akan lebih memahami apa hak dan kewajiban kita sebagai pelajar :

Kewajiban Seorang Pelajar
Siswa selain memiliki hak yang harus diterima, sekaligus juga mempunyai kewajiban yang harus dipenuhinya. Secara umum kewajiban siswa dapat dijabarkan sebagai berikut.
  • Kewajiban belajar. Belajar merupakan tugas utama seorang pelajar. Siswa diwajibkan belajar dengan baik dan bersungguh-sungguh di dalam maupun di luar sekolah. Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru termasuk juga kewajiban pelajar. 
  • Kewajiban menjaga nama baik sekolah Menjaga nama baik sekolah baik di luar maupun di dalam sekolah. Di dalam sekolah siswa berusaha mencapai prestasi yang baik sehingga mengharumkan nama sekolah. Di luar sekolah siswa berperilaku terpuji sesuai dengan aturan yang ada.
  • Kewajiban taat tata tertib. Tata tertib yang dibuat oleh sekolah merupakan aturan-aturan yang mengarahkan siswa bertingkah laku tertib di sekolah yang wajib ditaati oleh seluruh siswa. Dengan tata tertib diupayakan siswa memiliki kedisiplinan sehingga mampu menunjang dalam kehidupan bermasyarakatnya.
  • Kewajiban biaya sekolah. BOS atau bantuan operasional sekolah adalah biaya sekolah yang berasal dari pemerintah yang merupakan pendukung operasional kegiatan harian di sekolah agar sekolah dapat berjalan lancar. Biaya ini hanya untuk membantu meringankan biaya sekolah bukan berarti sekolah bebas ongkos atau gratis. Ada beberapa kegiatan yang biayanya ditanggung bersama oleh sekolah dan wali siswa.
  • Kewajiban kerja sama. Kerja sama antara sekolah dengan pihak wali siswa wajib dilaksanakan untuk mendukung seluruh kegiatan sekolah. Biasanya kerjasama sekolah dan wali siswa dijembatani oleh komite sekolah. Kerja sama yang terjalin dengan baik akan mampu memecahkan setiap permasalahan yang ada di sekolah.
Hak Seorang Pelajar
Setiap pelajar mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap siswa berhak atas kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan agar memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan kemampuan dan ketrampilannya. Secara umum dalam proses belajar mengajar siswa mempunyai hak-hak sebagai berikut.
  • Hak Belajar. Belajar merupakan kebutuhan pokok seorang pelajar. Siswa berhak mendapatkan proses belajar mengajar di kelas dan di luar kelas, pengajaran untuk perbaikan, pengayaan, kegiatan ekstrakurikuler, mengikuti ulangan harian, ulangan umum, dan ujian nasional.
  • Hak Pelayanan. Dengan adanya pelayanan yang diselenggarakan sekolah diharapkan memberi kemudahan bagi siswa meraih harapan memperoleh sukses. Siswa berhak mendapatkan pelayanan yang berhubungan dengan administrasi sekolah. Pelayanan melalui bimbingan konseling akan membantu keberhasilan siswa.
  • Hak Pembinaan. Bentuk pembinaan dapat dilaksanakan pada saat upacara bendera, pembinaan wali kelas, saat mengajar bahkan saat bimbingan dan layanan konseling.
  • Hak Memakai Sarana Pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan merupakan alat untuk mempermudah siswa melakukan berbagi aktivitas belajar. 
  • Hak Berbicara dan Berpendapat. Hak ini digunakan secara demokratis untuk melatih siswa mengemukakan pendapatnya. Tapi perlu diingat hak ini harus digunakan dengan cara-cara yang baik dan sopan. Kebebasan berpendapat harus memperhatikan peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah.
  • Hak Berorganisasi. Berkumpul dengan teman sebaya memang diperlukan oleh para siswa. Jika bertujuan baik maka berorganisasi sah-sah saja dilakukan. Organisasi juga dapat menjadi ajang penyalur bakat dan kreativitas siswa.
  • Hak Bantuan Biaya Sekolah. Bantuan biaya sekolah atau sering disebut beasiswa merupakan kebutuhan wajib yang diterima siswa. Pemberian bantuan ini juga harus memenuhi persyaratan tertentu yang telah diatur dalam ketentuan-ketentuan pemberian beasiswa.
Berperilaku terpuji sangat penting karena akan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Berperilaku terpuji termasuk ahlak terpuji, lebih terpuji lagi jika kita mampu lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari sesuai tugas dan kewajiban sebagai seorang pelajar. Berprilaku terpuji akan membuahkan kebahagian, kesuksesan, dan kepuasan baik dalam jangka waktu dekat maupun pada masa yang akan datang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:02 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....