Home » » Sikap Kepahlawanan Balaputradewa

Sikap Kepahlawanan Balaputradewa

Sriwijaya disebut Kerajaan Nusantara pertama karena wilayah Kerajaan Sriwijaya, yaitu hampir seluruh pulau Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Semenanjung Melayu, Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Sunda. Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan maritim karena mempunyai angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Sriwijaya dikenal sebagai pusat pendidikan dan penyebaran agama Buddha karena Sriwijaya terdapat Perguruan Tinggi agama Buddha. Sriwijaya dikenal sebagai pusat perdagangan karena Palembang sebagai jalur perdagangan nasional dan internasional sehingga banyak kapal yang singgah sehingga menambah pemasukan pajak.

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Raja Balaputradewa, bahwa Raja Balaputradewa adalah seorang raja yang berani yang hidup di masa kerajaan agama Buddha. Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Hal itu bertujuan supaya jalur pelayaran yang melalui Sriwijaya merasa aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.
wilayah sriwijaya
Wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya hampir meliputi seluruh Pulau Sumatra, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Selat Sunda. Dengan memiliki wilayah yang luas itu, Sriwijaya disebut sebagai Kerajaan Nusantara yang pertama.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
  • Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas.
  • Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas.
  • Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha.
  • Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah
Jelaskan apa yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!
Jika Kerajaan Sriwijaya tidak dipimpin oleh Raja Balaputradewa, kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan mungkin tidak akan tercapai karena tidak ada yang membangun armada laut yang kuat. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.
Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?
Hasil perjuangan Balaputradewa antara lain kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang memiliki armada laut yang kuat dan kejayaan Sriwijaya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.
Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.
Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!
Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....