Home » » Prestasi di Tengah Keterbatasan

Prestasi di Tengah Keterbatasan

Keterbatasan seseoarng tidak dapat menghalangi orang tersebut untuk berprestasi. Namun tentunya harus didukung oleh kemauan dan usaha yang keras untuk meraih prestasi tersebut. Sejak kecil, kita pun dapat menjadi pahlawan. Paling tidak, menjadi pahlawan untuk diri sendiri dan keluarga. Kterbatasan yang ada bukanlah alasan untuk menjadi pribadi yang tidak berguna. Keterbatasan yang kita miliki seharusnya sebagai pelecut semangat untuk berprestasi lebih tinggi.

Gusnadi Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Dusun Waringin Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang tukang sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kondisi perekonomian orang tua yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi.

Yoga panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado. Hasil ini mengantarkan Yoga mewakili Indonesia di International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011. Pada kompetisi ini Yoga mendapatkan medali perak.

Kesederhanaannya tidak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.

Semua itu berawal ketika ia duduk di kelas VI SD. Saat itu, ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang. Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya, Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan berbagai bentuk keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha.
Prestasi di Tengah Keterbatasan
Dari manakah Yoga berasal?
Yoga berasal dari Dusun Waringin Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Apakah masalah yang Yoga hadapi?
Yoga berasal dari keluarga kurang mampu, kondisi perekonomian orang tua yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi.

Apa yang kamu ketahui tentang Yoga?
Yoga adalah anak yang memiliki semangat dan kerja keras dalam meraih prestasi. Keterbatasannya tidak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.

Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki Yoga?
Sikap kepahlawanan yang ditunjukan yoga adalah semangat dan kerja keras, dengan semangat dan kerja keras tersebut Yoga dapat mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

Membuat Ulasan Bacaan
Ulasan merupakan sebuah bentuk tulisan yang berupa uraian atau ulasan mengenai isi sebuah bacaan. Tujuan membuat ulasan ialah untuk memberi rangsangan kepada pembaca agar mengetahui isi bacaan tersebut. Untuk membuat sebuah ulasan bacaan tentunya kita harus membaca bacan tersebut secara keseluruhan dan menentukan pokok-pokok pikiran yang ada dalam bacaan tersebut.

Judul teks
Prestasi di Tengah Keterbatasan

Bagian yang paling menarik dari bacaan.
Bagian yang paling menarik adalah ketika ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang. Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Informasi penting
Gusnadi Wiyoga berasal dari keluarga kurang mampu namun dengan semangat dan kerja keras ia berhasil meraih prestasi yang membangakan. Yoga berhasil meraih medali perak OSN Nasional 2011 di Manado yang mengantarkan Yoga mewakili Indonesia dalam ICAS wilayah Asia Pasifik. Ia belajar mandiri tanpa bimbingan ataupun kursus,  ia tekun belajar sehingga memperoleh prestasi yang tinggi di tengah keterbatasannya.

Pendapat tentang teks
Menurut saya teks tersebut sangat bermanfaat untuk belajar meraih prestasi walaupun memiliki beberapa keterbatasan. Ternyata keterbatasan tidak menghalangi seseorang untuk berprestasi. Dengan semangat dan kerja keras prestasi dapat diraih.

Alasan perlu membaca teks tersebut.
Secara keseluruhan bacaan tersebut sangat berguna bagi kita yang memiliki keterbatasan untuk berprestasi. Dari kisah Yoga, kita bisa belajar banyak tentang sikap pantang menyerah dan berusaha untuk meraih prestasi. Ia selalu berusaha mengerjakan tugas dengan maksimal.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....